Menu
Media Informasi Keuangan

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

  • Bagikan

Kabarin.co.id – Pada dasarnya, Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi sudah tersebar luas di berbagai media. Tidak terkecuali pada website berita, informasi, atau bahkan sosial media.

Penting juga diketahui, biang keringat bisa muncul paa bayi dengan beberapa gejala seperti ruam dan dan bintik kemerahan pada kulit.

Hal tersebut dikarenakan kulit pada bayi masih sangat sensitif, sehingga tidak bisa sembarangan dalam memberi obat. Dalam hal ini, cara menghilangkan biang keringat pada bayi harus melalui petunjuk dokter, atau bisa juga dengan menggunakan bahan alami yang ada dirumah.

Sekedar tambahan referensi, berikut sedikit penjelasan terkait dengan biang keringat pada bayi.

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Poin pertama yang harus diketahui ialah penyebab dari biang keringat tersebut. Dalam hal ini, keringat berlebih bisa disebabkan oleh lubang pori yang tersumbat, sehingga keringat tidak bisa keluar dan menimbulkan biang keringat.

Secara umum, bayi dan anak kecil sangat sering mengalami biang keringat. Kondisi tersebut lantaran kelenjar keringat belum berkembang dengan sempurna.

Sedangkan dari sisi gejala, biasanya akan muncul ruam kemerahan pada bagian lipatan kulit. Seperti yangan, ketiak, belakang lutut, kemaluan, bayi menjadi rewel dan sering menggaruk bagian yang terkena ruam.

Kebanyakan, gejala yang disebabkan oleh biang keringat akan hilang dengan sendirinya. Namun untuk membuat bayi lebih nyaman, maka bisa melakukan hal sederhana berikut :

  • Kenakan Pakaian Bayi Yang Nyaman : Hal yang bisa bunda lakukan ialah dengan mengganti pakaian bayi dengan bahan yang lebih tipis. Tujuannya ialah supaya sirkulasi udara pada kulit lebih lancar.
  • Menurunkan Suhu Ruangan : Bunda bisa meningkatkan sirkulasi udara dirumah dengan bantuan AC atau kipas angin. Hal ini supaya bayi tidak merasakan gerah, jika bayi berkeringat terus-menerus, justru memicu biang keringat semakin buruk.
  • Menggunakan Losion Calamine : Coba bunda oleskan losion calamine pada bagian ruam, akan tetapi hindari area disekitar mata.
  • Jaga bagian tubuh bayi yang ada ruam tetap kering.
  • Pindah lokasi bayi pada ruangan yang sirkulasi udaranya baik.
  • Hindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat pada bayi.

Cara Mengobati Biang Keringat Pada Bayi Dengan Bahan Alami

Ada beberapa bahan yang bisa anda gunakan untuk perawatan biang keringat dirumah. Apa saja?

1. Lidah Buaya

Secara umum, lidah buaya sangat sering dipergunakan untuk perawatan kecantikan bagi orang dewasa. Fungsinya ialah untuk memberikan sensasi sejuk pada kulit.

Dalam hal ini, campuran lidah buaya dengan air mawar, dipercaya mampu mengobati biang keringat pada bayi dan anak-anak. Bahkan juga bisa digunakan untuk orang dewasa.

2. Lemon

Buah dengan rasa asam ini mempunyai khasiat yang baik dalam mengontrol minyak berlebih pada kulit. Bunda bisa memandikan si kecil dengan air hangat dicampur dengan perasan jeruk lemon.

Semoga bermanfaat!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *