Menu
Media Informasi Keuangan

Cara Mengatasi Anyang Anyangan

  • Bagikan

Kabarin.co.id – Bagaimana Cara Mengatasi Anyang Anyangan? Pertanyaan ini mungkin muncul ketika anda mengalami rasa sakit ketika hendak atau selesai buang air kecil.

Mengutip dari Alodokter.com, anyang-anyangan (istilah medis disebut Disuria), merupakan gangguan berupa munculnya nyeri atau perih ketika tengah buang air kecil atau setelahnya.

Secara umum, keluhan tersebut dirasakan oleh kalangan orang yang mempunyai masalah pada sistem saluran kemih.

Dalam hal ini, terdapat beberapa jenis penyakit yang bisa menimbulkan hejala anyang-anyangan, termasuk juga infeksi saluran kemih, infeksi kandung kemih, batu ginjal, radang prostat, kram otot kandung kemih, hingga penyakit menular seksual gonore dan klamidia.

Cara Mengatasi Anyang Anyangan

Untuk bisa menangani sendiri anyang-anyangan dirumah, ada beberapa poin yang mungkin bisa membantu. Untuk lebih lengkapnya bisa cek pada daftar berikut :

1. Hindari Menahan Buang Air Kecil

Meski sakit, anda harus tetap buang air kecil ketika muncul dorongan untuk pipis. Hal tersebut dikarenakan jika ditahan, maka bakteri akan lebih mudah berkembang biak, serta menjadikan keluhan semakin parah.

Dengan keinginan atau dorongan buang air kecil, maka bakteri yang ada pada saluran kemih akan dikeluarkan dari tubuh melalui urine.

2. Memperbanyak Minum Air Putih

Jika sedang menderita anyang-anyangan, maka dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih, setidaknya sebanyak 8 gelas sehari.

Selain untuk mencegah terjadinya dehidrasi (kekurangan cairan tubuh), konsumsi air putih yang cukup juga bisa mempersering buang air kecil

3. Kompres Hangat

Menerapkan kompres pada area perut bagian bawah, yakni dengan menggunakan handuk yang sudah direndam air hangat, bisa menjadi alternatif untuk meringankan anyang-anyangan.

Setidaknya, anda bisa melakukan kompres selama 15 menit, sebanyak 3 hingga 4 kali sehari. Penerapan bisa dilakukan hingga gejala anyang-anyangan semakin terasa membaik.

4. Memperhatikan Jenis Makanan & Minuman Yang Dikonsumsi

Jenis makanan dan minuman ternyata juga ikut berpengaruh pada saluran kemih. Jadi anda harus bijak dalam memilah jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi.

5. Kenakan Pakaian Yang Longgar Dan Nyaman

Bakteri bisa berkembang dengan baik pada area yang lembab dan hangat. Maka dari itu, usahakan untuk menghindari penggunaan jenis pakaian yang ketat, paling tidak hingga anyang-anyangan hilang.

Sebagai salah satu ganti, kenakan rok atau celana yang longgar, atau kalau bisa memilih bahan yang terbuat dari katun, sehingga mampu menyerap keringat dengan maksimal.

6. Konsultasi Ke Dokter

Jika semua upaya sudah dilakukan, mungkin saja jika anyang-anyangan yang anda alami merupakan gejala dari jenis penyakit dalam tubuh.

Sehingga mempunyai kemungkinan yang berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, tanya dan konsultasi dengan dokter. Sehingga nantinya akan memperoleh penanganan dan obat yang sesuai keluhan yang diderita.

Cukup sekian ulasan yang bisa disimpulkan, semoga bisa menjawab keingintahuan anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *