Menu
Media Informasi Keuangan

Cara Memulai Usaha Tanpa Modal

  • Bagikan

Kabarin.co.id – Ide mengenai Cara Memulai Usaha Tanpa Modal mungkin sudah mengiang-ngiang dalam pikiran. Namun tidak sedikit orang yang masih bingung ingin memulainya dari mana.

Dari sisi pemikiran, ada begitu banyak jenis usaha atau bisnis yang bisa dijalankan tanpa harus mengeluarkan modal. Akan tetapi, hal tersebut juga harus didasari dengan keinginan yang kuat untuk berkembang.

Secara dasar, bisnis tanpa modal bisa mendatangkan banyak keuntungan. Bahkan laba yang diperoleh cukup menggiurkan. Yang perlu diperkuat hanyalah kreatifitas dan ingin lebih maju demi memperbaiki perekonomian.

Dalam hal ini, ada begitu banyak peluang usaha yang bisa dicoba. Namun sangat dianjurkan untuk terkait dengan hobi atau keahlian yang dimiliki.

Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan sebelum memulai usaha. Tidak hanya usaha tanpa modal saja, namun berlaku bagi semua jiwa yang ingin mencoba peruntungan di dunia bisnis.

Poin tersebut ialah harus keluar dari zona nyaman yang intinya harus membuang rasa malas dan memperkuat niat untuk bisa berkembang. Mengutamakan keahlian atau keterampilan, sehingga usaha yang dijalankan bisa dilakoni dengan mudah tanpa kendala.

Jangan pula takut untuk gagal, karena dengan begitu anda akan lebih merasa yakin dengan diri sendiri. Dan yang terakhir ialah lebih fokus pada tujuan.

Cara Memulai Usaha Tanpa Modal

Mungkin disini kami tidak praktek secara langsung, namun hanya berfokus untuk memberikan ide bagi anda yang masih bingung.

Dengan kata lain, adanya beberapa jenis usaha ini bisa dikategorikan untuk memperluas pemikiran supaya anda lebih paham mau memilih bisnis yang mana. Jika sudah merasa penasaran, berikut beberapa daftar yang bisa menjadi referensi :

1. Menjadi Dropshipper Atau Reseller

Pada jaman yang serba online seperti sekarang, sangat disayangkan jika penggunaan sosial media hanya untuk hiburan semata. Padahal bagi orang yang jeli, justru kondisi tersebut merupakan celah bisnis yang harus dimanfaatkan.

Menjadi dropshipper merupakan salah satu peluang bisnis tanpa harus mengeluarkan modal sedikitpun. Pasalnya disini anda hanya berupaya untuk menjual produk orang lain, dengan memperoleh laba dari penjualan tersebut.

2. Menjadi Makelar

Sama halnya dengan reseller, makelar ini mempunyai makna serupa yakni menjual produk atau barang milik orang lain. Namun kondisi ini dibedakan dengan barang yang dijual.

Untuk makelar sendiri, ada beberapa alternatif yang bisa digeluti. Seperti halnya menjual properti (rumah atau tanah), barang furniture, hewan peliharaan, atau sejenisnya.

3. Membuka Jasa Pengiriman Barang

Jasa ini mungkin masih membutuhkan sedikit modal, pasalnya anda memerlukan kendaraan untuk mengantar barang yang dimaksud.

Namun bermula dari skala kecil, usaha ekspedisi bisa menjadi besar asal digeluti dengan benar. Dengan kata lain, pemikiran tidak harus berhenti dari pemenuhan makan saja, namun untuk keperluan lain sehinga semangat lebih tinggi.

Jika melihat 3 poin usaha diatas, mungkin anda sudah mempunyai ide untuk memulai usaha. Namun jika masih kurang, bisa juga dengan membuka jasa desain grafis, penulis artikel, atau bisa juga dengan berjualan pulsa.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *