Menu
Media Informasi Keuangan

Cara Membuat Sambal Matah Sederhana

  • Bagikan

Kabarin.co.id – Seiring perkembangan zaman yang serba teknologi, banyak yang mencari Cara Membuat Sambal Matah Sederhana melalui sambungan internet.

Nah pada kesempatan kali ini, disini kami akan memaparkan terkait dengan informasi resep dan tata cara membuat sambel matah. Bagaimana caranya? Simak artikel ini hingga tuntas.

Seperti yang dikutip dari berbagai sumber, terdapat beberapa cara yang bisa diterapkan supaya selera makan lebih maksimal.

Dari sekian banyak kalangan orang, setiap individu mempunyai triks yang berbeda. Baik dari pemilihan menu, jenis bahan yang dimasak, dan tidak luput dengan penyajian sambal yang menarik dan bikin ketagihan.

Apabila anda memang sudah bosan dengan sambal instan, atau berbagai produk sambal olahan. Tentu bisa mencoba resep sambal matah yang saat ini tengah digandrungi.

Cara Membuat Sambal Matah Sederhana

Ada beberapa poin kenapa sambal matah banyak disukai oleh kalangan penggemar pedas. Salah satunya ialah aroma khas yang disertai rasa bawang merah mentah dicampur dengan irisan cabai segar.

Hal tersebut tentu memberikan sensasi yang berbeda dari hidangan yang akan disantap. Dengan perpaduan berbagai bahan yang cukup mudah, anda pun bisa membuatnya sendiri dirumah.

Bahkan bisa dijadikan uji coba untuk sekedar beralih dari sambal biasa ke sambal matah.

Dari sisi pembuatan, mungkin terdapat variasi yang bisa berbeda pada setiap individu. Namun dari sekian banyak, anda bisa meniru salah satu resep.

Dan menurut yang kami kutip dari cookpad.com, berikut resep sederhan yang sepatutnya anda coba sendiri dirumah.

Sebelum beranjak pada proses pembuatan, mulanya anda harus menyiapkan terlebih dahulu beberapa bahan yang diperlukan. Apa saja?

  • 15 tangkai buah cabai rawit merah (tingkat kepedasan bisa disesuaikan dengan selera).
  • 8 siung bawang merah ukuran sedang.
  • 2 batang serai (diambil bagian dalamnya saja yang masih putih).
  • 1 sendok makan perasan air jeruk nipis
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Daun jeruk purut secukupnya (dipotong kecil memanjang/bisa pakai gunting)

Bagaimana cara membuat sambal matah? Ketika semua bahan diatas sudah disiapkan, maka anda bisa menuju pada tahap berikutnya, yakni pembuatan.

  1. Untuk langkah pertama, cuci bersih semua bahan (termasuk cabao, bawang yang sudah dikupas, serai, dan daun jeruk purut)
  2. Sedangkan yang kedua, Iris halus semua bahan yang sudah dicuci, usahakan potongan terlihat rapi.
  3. Langkah ketiga ialah dengan menaruh dalam wadah kecil (secukupnya) seperti mangkuk, kemudian tambahkan garam, gula, dan perasan air jeruk nipis. Aduk hingga kesemuanya tercampur rata sembari sedikit ditekan-tekan.
  4. Langkah keempat ialah dengan memanaskan minyak. Kemudian, siarmkan minyak panas tadi pada mangkuk yang berisi campuran cabai tadi. Aduk hingga merata, dan sambal siap untuk disajikan.

Bagaimana? Sederhana saja bukan? Minat untuk coba?

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *