Menu
Media Informasi Keuangan

Cara Membuat Atau Menyusun Teks Pidato

  • Bagikan

Membuat teks pidato yang baik dan benar kalau orang awam bisa dibilang gampang gampang sulit. Agar memudahkan Anda dalam menyusun teks pidato diperlukannya langkah langkah yang kongkrit. Berikut ini cara menyusun atau membuat pidato yang baik dan benar lengkap dengan penjelasannya.

Cara Membuat / Menyusun Pidato

Sudah kami rangkum 5 langkah yang bisa Anda tempuh untuk membuat atau menyusun teks pidato. Berikut ini cara membuat atau menyusun teks pidato yang dengan baik dan benar dengan 5 langkah berikut.

  1. Menentukan Topik Pembicaraan

Langkah pertama yang bisa Anda tempuh yaitu dengan menentukan topik pembicaraan, hal ini menjadi penting karena agar pembicara menguasai topik yang dibicarakan. Anda juga dapat menambahkan materi pendukung sesuai dengan topik seperti menambahkan ilustrasi, mencantumkan bukti alasan yang kuat.

Topik pembicaraan dalam berpidato selayaknya spesifik sehingga tema yang dibicarakan tidak melebar. Hal tersebut dapat memberikan efek pembicara dalam berpidato bisa lebih detail dan pembahasan yang disampaikan bisa mendalam.

  1. Menetapkan Tujuan

Seperti yang dibahas pada materi pidato tentang tujuan pidato, dapat dibagi menjadi 3 macam, yaitu memberikan informasi, mempengaruhi atau menghibur. Dalam menetapkan tujuan berpidato selayaknya Anda mengukur kemampuan diri, dan dapat memberikan arti bagi audiance.

  1. Menyusun Kerangka Pidato

Kerangka pidato seperti yang kita ketahui bersama bahwa terbagi menjadi 3 bagian, yaitu pembuka, isi dan penutup. Dalam bagian ini Anda dapatĀ  melihat materi mengenai kumpulan contoh pidato sebagai refrensi Anda dalam menyusun kerangka pidato.

  1. Menyusun Teks Pidato

Tahapan atau langka ke empat membuat atau menyusun naskah pidato dengan berdasarkan refrensi topik yang sudah Anda kumpulkan pada langkah pertama. Buatlah pembahasan yang mendalam, runtut dan sistematis dalam menyusun teks pidato. Fungsinya pembahasan yang mendalam ini agar materi yang Anda sampaikan berbobot, selain itu perlunya runtut dan sistematis agar mempermudah Anda dalam menyusun dan materi pidato Anda bisa tersampaikan dengan baik.

  1. Menyunting Teks Pidato

Langkah terakhir yaitu dengan menyunting teks pidato yang sudah Anda susun tersebut, dengan maksud mengkoreksi ulang. Jika ada kata yang kurang pas, kasar, kurang komunikatif dan sebagainya bisa di edit pada tahapan ini. Selain itu juga, pada tahapan ini Anda bisa meminta bantuan orang lain sebagai pihak yang mendengar untuk mongkoreksi atau memeriksa kembali teks pidato Anda. Tujuan dari tahapan ini yaitu mengkoreksi apabila diperlukan perbaikan maka disunting ulang agar menghasilkan sebuah teks pidato yang sempurna baik dan benar.

Penutup

Itulah tadi 5 langkah atau tahapan cara membuat atau menyusun teks pidato yang baik dan benar. Anda juga perlu mencari refrensi cara menyampaikan pidato karena terdapat karakter yang bisa Anda buat acuan agar ketika Anda berpidato bisa sempurna. Hal lain juga yang perlu Anda perhatikan jika berpidato yaitu berpakaian yang pas disesuaikan dengan kondisi saat berpidato.

Info Mengenai

  • Bagikan