Menu
Media Informasi Keuangan

Cara Membuat Hand Sanitizer Dari Daun Sirih

  • Bagikan

Kabarin.co.id – Bagaimana Cara Membuat Hand Sanitizer Dari Daun Sirih? Untuk memberikan jawaban yang pasti, mungkin anda bisa mencari beberapa referensi sebagai tambahan informasi yang kami buat.

Akan tetapi, disini kami sudah merangkumnya secara lengkap, sehingga anda bisa langsung praktek dan membuatnya sendiri dirumah.

Seperti yang kita ketahui, menggunakan hand sanitizer merupakan salah satu tindakan yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan virus.

Pasalnya, hand sanitizer sudah terbukti secara klinis mampu mengurangi bakteri, kuman, dan juga virus yang menempel pada tangan manusia.

Akan tetapi, kebutuhan akan benda yang satu ini semakin meningkat, khususnya ditengah pandemi virus corona (covid-19) yang semakin mengkhawatirkan.

Kenyataannya, hand sanitizer juga bisa dibuat dari beberapa bahan yang ada di lingkungan sekitar. Berikut salah satu cara yang direkomendasikan oleh dr. Retno Sari, MSC., Apt, Ketua Departemen Farmasetika Fakultas Farmasi UNAIR.

Cara Membuat Hand Sanitizer Dari Daun Sirih

Pada tahun 2006, ditemukan pembuatan hand sanitizer dengan menggunakan bahan alami, seperti halnya daun sirih. Diteliti pertama kali oleh Departemen Farmasetika Fakultas Farmasi UNAIR.

Secara umum, hand sanitizer mengandung senyawa etanol yang lebih dari 70 persen. Membuatnya pun sebenarnya sangat mudah, akan tetapi masyarakat akan sedikit kesulitan untuk memperoleh bahan kimia lantaran beberapa syarat khusus yang harus diperhatikan.

Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat hand sanitizer ialah :

  • Daun sirih 50 gr
  • Air panas 200 ml
  • Air bersih 200 ml
  • Jeruk nipis 8 ml

Sedangkan alat yang dibutuhkan sangatlah sederhana. Tentunya tidak menghilangkan kesan ekonomis dalam pembuatan.

  • Kompor
  • 2 buah panci
  • Gelas ukur
  • Botol spray
  • Pisau
  • Saringan

Cara membuat hand sanitizer berbahan alami pun tidak membutuhkan waktu lama. Bahkan terkesan sangat mudah dan sederhana.

  1. Cuci daun sirih yang sudah disiampak, kemudian keringkan dengan cara dianginkan.
  2. Pastikan daun sirih sudah kering, kemudian potong menjadi ukuran kecil.
  3. Taruh potongan daun sirih pada panci yang sudah di isi 200 ml air panas.
  4. Selanjutnya ambil panci yang lebih besar, dan isi dengan air dingin.
  5. Masukkan panci berisi rendaman daun sirih pad panci yang lebih besar.
  6. Rebus daun siri seperti di tim (dikukus) menggunakan api kecil.
  7. Panaskan hingga 90 derajat celcius dan diamkan selama 30 menit.
  8. Setelah dinyatakan dingin, saring rendaman daun sirih kedalam gelas ukur, tuangkan air sirih hingga mencapai 15 persen, tambah juga 8 ml air jeruk nipis.
  9. Tambahkan air secukupnya, aduk, dan masukkan pada botol spray.
  10. Hand sanitizer alami pun siap digunakan.

Jika ada sisa bahan yang masih bisa dipakai, maka akan lebih baik jika simpan dalam lemari pendingin. Siapa tahu dibutuhkan kembali dikemudian hari.

Penting pula di ingat, hand sanitizer ini hanya dipergunakan secara pribadi dirumah, yang intinya tidak diperjual belikan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *