Menu
Media Informasi Keuangan

Cara Membuat Formulir Pendaftaran Online

  • Bagikan

Kabarin.co.id – Untuk Cara Membuat Formulir Pendaftaran Online ini pada dasarnya memanfaatkan Google Form yang sebelumnya juga pernah kami bahas.

Seperti yang kita ketahui, Google Forms merupakan salah satu platform online yang bisa dipergunakan untuk membantu dalam mengambil data survei ataupun kuesioner secara cepat.

Dengan memanfaatkan Google Forms, maka pengguna bisa mempergunakan sebagai alat untuk melakukan pendataan ataupun registrasi secara online, tentu dengan melibatkan banyak orang sebagai metode pendaftaran.

Cara Membuat Formulir Pendaftaran Online

Pertanyaannya, bagaimana langkah-langkah dalam membuat formulir pendaftaran secara online menggunakan Google Forms? Untuk lebih singkatnya, bisa disimak pada daftar berikut :

1. Atur Format Dokumen Baru

Pada tahap ini, anda bisa melakukan pembuatan formulir dengan memanfaatkan gawai atau komputer untuk membuka peramban (browser). Baru selanjutnya mengunjungi form.google.com.

Pada laman ini, format dokumen baru akan langsung terbuka secara otomatis. Selanjutnya tinggal bagaimana kita mengaturnya.

2. Edit Format Dokumen Baru

Ketika sudah selesai membuat format pendaftaran, isi dengan model pertanyaan, menambahkan keterangan, gambar atau juga bisa ditambah dengan video.

Untuk bisa mengatur format pendaftaran yang sesuai kebutuhan, maka anda bisa memaksimalkan fitur hingga 75 sesi.

Selain membuat format serta memperbaiki isi pendaftaran, pengguna juga bisa membuat pertanyaan dan kunci jawabannya dengan cara membuka Google Forms, Klik+ pada bagian kanan atas.

Kemudian, klik pengaturan dan klik “Quizes” untuk membuat daftar pertanyaan yang diperlukan. Sedangkan untuk mengumpulkan alamat email, bisa memilih “General”, kemudian “Collect Email Address”, dan klik simpan.

Buatlah kunci jawaban sesuai dengan tipe pertanyaan, seperti halnya isian singkat, pilihan ganda, mencentang dalam kotak, dropdown, kotak pilihan ganda, dan lain-lain sebagainya.

Jangan lupa untuk mengubah format formulir pendaftaran sesuai dengan kebutuhan dalam mengumpulkan data. Sebagai contoh, pada bagian identitas diri seperti nama, alamat email, alamat rumah, dan sebagainya mempunyai format sendiri untuk paragraf atau isian singkat.

Jika erdapat file yang harus diunggah, seperti halnya foto atau dokumen, maka bisa ditentukan dengan jenis dokumen yang boleh diunggah pada bagian File Upload.

3. Kirim URL Formulir Pendaftaran

Pada poin ketiga ini, anda bisa mengatus siapa saja yang bisa mengakses link tersebut. Baik secara umum ataupun orag tertentu saja, termasuk untuk mengedit jawaban.

Apabila sudah, maka sebarkan tautan formulir pendaftaran yang sudah dibuat tadi melalui media sosial, email, aplikasi perpesanan, ataupun media lainnya.

Sekedar untuk tambahan informasi, Google Forms memang mempunyai begitu banyak manfaat, khususnya bagi mereka yang tengah melakukan riset dan mengunakan kuesioner atau survey online sebagai salah satu metide pengumpulan data.

Semisal ialah seorang mahasiswa tingkat akhir yang tengah mengerjakan skripsi atau perusahaan yang ingin mengetahui tingkat kepuasan konsumen.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *