Categories: Emas

Cara Investasi Emas Yang Lagi Tren Di Saat Ini

Sebagian besar penduduk yang masih memiliki pola pikir klasik condong menyebabkan emas selaku opsi investasi yang utama. Namun, tak sedikit pula yang galau bagaimana mengawali investasi emas yang baik.

Apakah investasi emas dimulai dengan cara berbelanja emas ANTAM sendiri kemudian menyimpannya di brankas? Atau beli aksesori emas sebanyak-banyaknya dan disimpan di rumah?

Lalu cara mana yang terbaik, kondusif dan menguntungkan untuk mulai investasi emas?

Anda tak perlu bingung, lantaran secara prinsip investasi emas memang berawal dari berbelanja emas, menyimpannya, dan memasarkan kembali dikala harga emas naik, sehingga Anda mendapat keuntungan.

 Mau Berinvestasi Emas? Lakukan Ini untuk Tahu Mana Emas Asli atau Palsu

Apa Saja Cara Investasi Emas yang Banyak Dilakukan Saat Ini?

Bagi Anda yang kesusahan mengawali investasi emas, simak empat opsi cara investasi emas yang sanggup Anda lakukan. Mulai dari yang konvensional hingga yang terbaru berbasis teknologi digital.

1. Investasi Paling Klasik: Beli Emas Koin atau Batangan

Tempat Pinjam Uang

Ilustrasi logam mulia

Cara pertama dan yang paling antik dalam berinvestasi emas adalah berbelanja emas koin dan batangan. Sejak zaman dulu orang-orang kaya sudah banyak menguruk emas dalam bentuk fisik selaku harta kekayaan yang hendak mereka wariskan ke anak cucu mereka di masa depan.

Tempat Pinjam Uang

Seiring kemajuan zaman, minat investasi emas dengan membelinya menjadi surut lantaran datangnya banyak sekali instrumen investasi lainnya semisal investasi pasar modal.

Di negara-negara tertentu, emas masih dipandang selaku simbol kekayaan sehingga seruan emas fisik dalam bentuk koin dan batangan tetap besar. India dan Cina, misalnya, tenar selaku negara dengan sumber seruan emas paling besar di dunia.

Walau cara tersebut terkesan klasik ataupun konvensional, ternyata berbelanja emas di toko emas atau eksklusif ke gerai PT ANTAM masih menjadi favorit sebagian besar penduduk pecinta investasi ini.

Selain lantaran harga emas yang terjangkau, likuidnya juga anggun alias mudah dijual dikala dibutuhkan. Inilah sebabnya banyak di antara mereka menegaskan cara ini. Dalam kurun waktu beberapa lama, misalnya 3-5 tahun, mereka memasarkan emas tersebut dan lazimnya harganya sudah naik.

Dengan cara seumpama ini, penanam modal sanggup mendapat keuntungan dari investasi emas fisik ini. Di luar itu, ada pula sebagian penanam modal yang mempergunakan emas untuk kebutuhan tabungan jangka panjang, seumpama untuk berangkat haji atau menyekolahkan anak di luar negeri.

Tempat Pinjam Uang

Kelemahan dari jenis investasi ini merupakan Anda perlu memiliki wilayah penyimpanan dan asuransi untuk mengamankan aset emas yang dimiliki. Tentu ada ongkos yang tidak murah. Sebab menyimpan di safe deposit box atau brankas tetap mesti mengeluarkan ongkos sewa.

Tempat Pinjam Uang

 Bingung Mau Investasi Emas UBS atau Antam? Ketahui Perbedaan Keduanya

2. Buka Tabungan Emas di Pegadaian

Tempat Pinjam Uang

Ilustrasi Pegadaian Emas di Pegadaian

Tabungan emas  merupakan penyesuaian dari cara klasik investasi emas. Dengan tabungan emas ini Anda sanggup berbelanja emas logam mulia dengan cara mencicil. Tak perlu khawatir, menabung emas di PT Pegadaian (Persero) kondusif lantaran perusahaan sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Anda sanggup berbelanja emas dengan cara menabung yaitu menjalankan transfer ke rekening Tabungan Emas Pegadaian. Harga emas sanggup dibeli mulai sebesar 0,1 gram.

Selanjutnya, apabila duit di tabungan emas Anda sudah terkumpul, misalnya duit di Tabungan Emas sudah setara dengan harga 5 gram emas maka Anda sanggup menukarnya dengan emas bentuk fisik (logam mulia Antam).

Tabungan emas Pegadaian diatur secara profesional dan transparan. Anda sanggup menjalankan buyback mulai dari 1 gram dan sanggup menjalankan pembelian atau nabung emas mulai dari 0,01 gram. 

Tempat Pinjam Uang

 Cara Buka Rekening Tabungan Emas di Pegadaian (Online dan Offline)

3. Menerima Return dengan Cara Trading Emas

Tempat Pinjam Uang Ilustrasi Trading Emas

Cara ketiga jikalau ingin menekuni ke investasi emas merupakan dengan menjalankan trading emas. Meskipun sebagian kelompok tidak berasumsi bahwa aktivitas ini tidak disebut selaku bentuk investasi lantaran tidak bersifat jangka panjang dan juga tidak sungguh-sungguh memegang emas, trading emas sanggup menjadi jalan untuk mendapat keuntungan dari emas, tanpa memegangnya.

Kelebihannya, penanam modal tidak perlu galau mesti menyimpan emas di mana. Kemudian sanggup menjangkau keuntungan dikala harga naik atau turun serta sanggup menjalankan investasi dengan modal yang minim. Dengan mempergunakan kepraktisan dari broker forex, seorang penanam modal sanggup menjalankan trading emas secara real time dari seluruh dunia.

Kelemahannya merupakan trading emas mencakup investasi berisiko. Butuh wawasan dan waktu yang total menjalankan monitoring transaksi ini. Di segi lain potensi rugi juga mesti dimengerti investor.

Seorang trader sanggup mendapat keuntungan dari pergerakan emas yang naik atau turun. Sama halnya dengan tetap sanggup berpeluang mengalami kerugian dari pergerakan naik turunnya harga emas. Bahkan, sanggup jadi volatilitas yang terjadi cuma dalam sementara waktu saja.

Tempat Pinjam Uang

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Tempat Pinjam Uang

4. Mendapatkan Nilai Emas dari Saham Perusahaan Emas

Tempat Pinjam Uang Ilustrasi Saham Perusahaan Emas

Langkah keempat untuk mendapat untung dari investasi emas merupakan dengan berbelanja saham perusahaan yang operasionalnya berhubungan dengan penambangan. Tapi, investasi jenis ini juga punya risiko besar meskipun untungnya juga sanggup besar.

Membeli saham perusahaan emas merupakan alternatif diversifikasi yang menawan bagi semua orang. Keuntungan investasi saham emiten emas ini merupakan penanam modal sanggup mendapat keuntungan apabila harga saham naik. Tentunya, peningkatan harga saham dipengaruhi banyak aspek seumpama kinerja perusahaan dalam menciptakan laba.

Kekurangan dari jenis investasi ini merupakan berbelanja saham perusahaan emas sanggup saja berisiko nilai sahamnya turun. Ini sanggup diakibatkan beberapa hal, seumpama pergeseran harga emas atau sanggup juga lantaran kesalahan manajerial perusahaan.

Berikut pola saham-saham emiten emas yang sanggup dibeli untuk investasi. 

– Saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM)
– Saham PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB) 
– Saham PT Wilton Makmur Indonesia Tbk (SQMI) 
– Saham PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA) 
– Saham PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) 
– Saham PT United Tractors Tbk (UNTR)

Tempat Pinjam Uang

 Cara Nabung Saham ‘Yuk Nabung Saham’ Bursa Efek Indonesia

Pahami Segala Risikonya untuk Mendapatkan Imbal Balik Maksimal

Emas sanggup menjadi lumbung mendapat lebih banyak keuntungan melalui empat opsi investasi seumpama uraian di atas. Namun, di balik besarnya potensi dari investasi emas, perlu diwaspadai bahwa penipuan sanggup saja terjadi.

Sampai hari ini sudah sering terjadi penipuan terkait dengan investasi emas. Karena itu, Anda perlu waspada dan mencermati pendapat dari siapa pun. Apalagi jikalau sistemnya atau perusahaannya tidak jelas. Jika bisa, telitilah sendiri apakah perusahaan yang menawarkan investasi emas tersebut memang benar atau sanggup dipercaya.

Dan tentunya, yang perlu dikenang merupakan tidak ada investasi yang tidak berpeluang mengalami kerugian. Jika ada yang menyampaikan ada investasi emas yang hendak memamerkan return tetap setiap bulan sekian persen, di situlah Anda perlu waspada. Memahami cara kerja investasi emas dengan segala kesannya menciptakan Anda sanggup lebih optimal untuk mendapat imbal balik yang terbaik.

 Lebih Untung Investasi Emas atau Reksa Dana? Ini Penjelasannya

Tempat Pinjam Uang

Tags: Emas
rizved al

Recent Posts

3 trik aman baca Chat WA Tanpa Diketahui Oleh Pengirimnya

Sampai saat ini, aplikasi WhatsApp masih menjadi raja layanan berkirim pesan secara online. Hal ini tentu saja karena berbagai fitur…

4 minggu ago

Kepala BKPM Bahlil: Gak Ada Tukang Palak di Investasi RI! – TPMNews

Jakarta, tpmnews - RI terus aktif menggaet investor di sektor industri hilir pertambangan, khususnya untuk mengembangkan industri baterai kendaraan listrik…

4 minggu ago

Jreng! Australia Kini Punya Senjata Nuklir, RI Kasih Respons – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI buka suara mengenai pembentukan AUKUS. Ini adalah aliansi pertahanan baru antara Amerika…

4 minggu ago

Siap-siap! KKP Atur Penangkapan Terukur Mulai 1 Januari 2022 – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Pemerintah akan mengeluarkan aturan baru mengenai kuota penangkapan ikan. Nantinya ikan yang ditangkap akan diatur jumlahnya hingga…

4 minggu ago

Murah di Inggris, Brompton Ini Tembus Rp 40 Juta di RI – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Harga sepeda Brompton saat ini dibanderol mulai dari Rp 30 jutaan. Harga ini turun dari tahun lalu…

4 minggu ago

Strategi BKMS Kelola 5 Kluster Bisnis di KEK Gresik JIIPE – TPMNews

Jakarta, tpmnews- Direktur Utama PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), Bambang Setiono menyambut positif penetapan Kawasan Integrated Industrial Port Estate…

4 minggu ago