Categories: Perilaku Kerja

Cara Cepat Menghadapi Rekan Kerja Yang Sulit Diajak Kolaborasi

Jika Anda seorang karyawan staf, Anda umumnya memiliki pekerjaan atau peran yang mendesak. Pekerjaan tersebut mungkin semakin memusingkan bila melibatkan rekan kerja yang merepotkan diajak kerja sama.

Mohon jangan mengeluh. Perlu Anda pahami, rekan kerja yang menyibukkan diajak kerja sama ialah hal lumrah di kawasan kerja.

Penyebabnya antara lain si rekan kerja tersebut takut tersaingi, memiliki banyak pekerjaan, malas, atau merasa lebih senior daripada Anda.

Apa yang perlu Anda jalankan untuk menghadapi rekan kerja yang merepotkan diajak bekerja tersebut?

Berikut langkah demi langkah yang mampu Anda kerjakan.

1. Utarakan pentingnya pekerjaan Anda

Hal pertama merupakan mengutarakan pentingnya pekerjaan Anda. Kaitkan kepentingan tersebut dengan produktivitas, keamanan kerja, dan reputasi divisi Anda berdua.

Sampaikan juga tenggat waktu pekerjaan tersebut semoga si rekan kerja mengetahui urgensinya.

Saat mengutarakan pentingnya pekerjaan Anda, pilih bahasa yang bersahabat. Jangan pula menjinjing -bawa otoritas atasan atau wewenang Anda alasannya adalah kemungkinan besar si rekan kerja akan menganggap Anda yang bukan-bukan.

2. Sampaikan undangan kolaborasi Anda

Setelah mengutarakan pentingnya pekerjaan Anda, sampaikan permintaan kolaborasi Anda. Tidak problem jikalau Anda menyampaikan bahwa ia yaitu satu-satunya orang yang tepat menolong Anda alasannya adalah pengalaman dan keterampilannya.

Sebagai pola, jikalau Anda bekerja di laboratorium kimia dan projek Anda perlu analisis dengan spektrometer serapan atom yang operatornya si rekan kerja tersebut, sampaikanlah bahwa beliau yang mahir mengoperasikan peralatan tersebut.

Poinnya, ajak dia dengan bahasa yang sopan dan beri dia alasan mengapa ia penting dalam pekerjaan tersebut. Tawarkan juga kalau Anda siap menolong si rekan kerja tersebut jikalau dibutuhkan.

3. Tanya waktu yang tepat

Setelah menawarkan permohonan kolaborasi, tanya kapan si rekan kerja tersebut mempunyai waktu untuk membantu pekerjaan Anda.

Bersabarlah jikalau waktu yang ia berikan di luar asumsi Anda, misalnya dua jam sebelum pulang. Sampaikan ucapan terima kasih Anda akan waktu tersebut.

4. Buat akad dengan ia secara persuasif

Setelah mengetahui kapan dia bisa melakukan pekerjaan sama dengan Anda, buat komitmen dengan ia secara persuasif (membujuk secara halus).

Sampaikan terhadap dia bahwa Anda sudah mencatat waktu yang beliau alokasikan. Informasikan pula bahwa Anda akan membuat pengingat (contohnya via email) sehingga Anda berdua tidak lupa.

Jangan sakit hati atau emosi jika si rekan kerja tersebut menolak pengingat tersebut. Santai saja dan percaya dirilah alasannya adalah hal tersebut sesuatu yang masuk akal.

Yang penting, Anda sudah membuat komitmen secara persuasif.

5. Rajin berkomunikasi dengan dia

Langkah terakhir yakni bersungguh-sungguh berkomunikasi dengan ia. Tentu, komunikasi ini tidak melulu disampaikan lewat telepon atau email.

Anda semestinya berkomunikasi secara eksklusif, umpamanya mengunjungi ruang kerja dia atau ngobrol kalem ketika waktu istirahat.

Saat berkomunikasi tersebut, bertanyalah secara sopan wacana apakah si rekan kerja tersebut mempunyai kendala dalam menolong Anda di pekerjaan tersebut.

Sebagai teladan, jikalau ia kesulitan dengan dana, tawarkan dana yang And miliki di pekerjaan tersebut.

Penutup

Rekan kerja yang merepotkan diajak kerja sama yakni hal lumrah. Cara terbaiknya yaitu dengan melaksanakan pendekatan persuasif, bukan dengan pendekatan kekuasaan atau menakut-nakuti.

Oleh lantaran itu, cobalah mempraktikan kelima langkah sederhana di atas agar pekerjaan Anda final dengan baik dan tepat waktu.

rizved al

Recent Posts

3 trik aman baca Chat WA Tanpa Diketahui Oleh Pengirimnya

Sampai saat ini, aplikasi WhatsApp masih menjadi raja layanan berkirim pesan secara online. Hal ini tentu saja karena berbagai fitur…

4 minggu ago

Kepala BKPM Bahlil: Gak Ada Tukang Palak di Investasi RI! – TPMNews

Jakarta, tpmnews - RI terus aktif menggaet investor di sektor industri hilir pertambangan, khususnya untuk mengembangkan industri baterai kendaraan listrik…

4 minggu ago

Jreng! Australia Kini Punya Senjata Nuklir, RI Kasih Respons – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI buka suara mengenai pembentukan AUKUS. Ini adalah aliansi pertahanan baru antara Amerika…

4 minggu ago

Siap-siap! KKP Atur Penangkapan Terukur Mulai 1 Januari 2022 – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Pemerintah akan mengeluarkan aturan baru mengenai kuota penangkapan ikan. Nantinya ikan yang ditangkap akan diatur jumlahnya hingga…

4 minggu ago

Murah di Inggris, Brompton Ini Tembus Rp 40 Juta di RI – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Harga sepeda Brompton saat ini dibanderol mulai dari Rp 30 jutaan. Harga ini turun dari tahun lalu…

4 minggu ago

Strategi BKMS Kelola 5 Kluster Bisnis di KEK Gresik JIIPE – TPMNews

Jakarta, tpmnews- Direktur Utama PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), Bambang Setiono menyambut positif penetapan Kawasan Integrated Industrial Port Estate…

4 minggu ago