Categories: Perilaku Kerja

Cara Cepat Menghadapi Rekan Kerja Penjilat

Tempat kerja merupakan lingkungan yang cukup kompleks alasannya adalah karyawan mempunyai sikap yang bertentangan-beda. Ada karyawan yang menjunjung adab dalam menggapai target kariernya, tetapi ada juga yang sebaliknya.

Mereka menghalalkan segala cara demi meraih sasaran karier, mirip menjilat atasan. Anda punya rekan kerja seperti ini?

Memiliki rekan kerja penjilat memang tidak mengenakkan. Pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda diserobot ia dan Anda pun dijelek-jelekan di hadapan atasan.

Anda mungkin kesal, emosi, atau stres dibuatnya. Jika tidak dikontrol dengan baik, kekesalan, emosi, atau stres tersebut bisa menciptakan Anda mengalami demotivasi kerja. Jika sudah begini, kinerja Anda akan turun drastis.

Langkah terbaiknya yaitu menghadapi rekan kerja penjilat. Untuk tujuan tersebut, Anda bisa melaksanakan perbuatan berikut.

1. Ajak ia berbicara

Langkah pertama yaitu mengajak dia mengatakan. Panggil ia ke ruangan Anda atau Anda yang menghampiri ia di ruang kerjanya.

Tanyakan argumentasi dia menyerobot pekerjaan dan menjelek-jelekkan Anda.

Saat dia menjawab, dengarkan dengan baik. Kalau perlu catat. Tahan emosi Anda alasannya tidak akan menuntaskan persoalan.

Jika tidak, Anda bisa laga dengan ia sehingga Anda berdua bisa dikenai hukuman perusahaan.

2. Katakan padanya bahwa itu tidak etis

Setelah ia menyampaikan alasannya yakni, kini giliran Anda memberikan ganjalan Anda. Katakan terhadap ia bahwa yang ia kerjakan itu tidak etis dan sungguh mengusik pekerjaan dan tanggung jawab Anda.

Sampaikan pula bahwa Anda sudah berteman usang dengan ia sehingga akan lebih baik kalau dia memberikan sesuatu yang tidak disukainya terhadap Anda, bukan terhadap atasan.

Dengan kata lain, Anda terbuka dikritik jikalau pekerjaan Anda selama ini tidak baik di mata rekan kerja tersebut.

3. Diskusikan dengan atasan

Jika kedua cara di atas masih belum menunjukkan titik temu, bahas dengan atasan eksklusif Anda.

Sampaikan terhadap bos Anda tersebut bahwa Anda tidak nyaman dengan sikap si rekan kerja penjilat.

Infomasikan pula bahwa perbuatan rekan kerja tersebut mampu mengusik keserasian tim.

Catat apa yang direkomendasikan atasan Anda. Jika usulan tersebut masuk akal dan merampungkan masalah, terima atau lakukan. Jika sebaliknya, lakukan langkah keempat di bawah ini.

4. Buat komitmen bareng

Sampaikan terhadap atasan Anda bahwa Anda merasa belum mendapatkan penyelesaian. Mintalah kepada ia bahwa Anda ingin berdiskusi secara bertiga (Anda, atasan, dan rekan kerja penjilat) supaya problem cepat tamat.

Saat waktunya datang, cari penyelesaian dan buat komitmen bareng semoga dilema serupa tidak terjadi di kemudian hari.

Jika dijalankan secara objektif, langkah keempat ini bisa menangani persoalan Anda dan rekan kerja penjilat. Namun, bila sebaliknya (misal alasannya kesukuan), Anda bisa melaksanakan langkah kelima di bawah ini.

5. Minta derma personalia

Sampaikan terhadap atasan Anda bahwa diskusi bertiga tersebut belum menuntaskan problem, dan Anda berencana meminta proteksi personalia.

Jangan takut menyodorkan hal tersebut demi kebaikan Anda karena Anda ingin menyelesaikan kasus, bukan lantaran sakit hati atau alasan negatif lain.

Setelah mendapatkan izin dari bos Anda, datanglah ke bab personalia. Mintalah waktu khusus supaya Anda mampu berdiskusi dengan staf personalia yang membidangi konflik antarkaryawan.

Pada saatnya tiba, sampaikan duduk masalah Anda dan tindakan yang telah dilaksanakan untuk menyelesaikannya. Beri tahu juga bahwa Anda ingin masalah ini cepat simpulan alasannya mengusik kinerja Anda.

Staf personalia akan merencanakan sejumlah jurus untuk menolong dilema Anda. Tunggulah tindakan mereka dan sesekali menanyakan keberlanjutannya.

Langkah kelima ini akan merampungkan duduk kasus Anda karena stafpersonalia lazimnya tidak abnormal lagi dengan persoalan penjilatan.

Penutup

Rekan kerja penjilat yakni hal umumdalam dunia kerja. Jangan takut atau berkecil hati, hadapi ia dengan melaksanakan tindakan di atas alasannya yakni Anda berhak untuk melakukan pekerjaan secara tenteram. Cobalah dan supaya berhasil!

rizved al

Recent Posts

3 trik aman baca Chat WA Tanpa Diketahui Oleh Pengirimnya

Sampai saat ini, aplikasi WhatsApp masih menjadi raja layanan berkirim pesan secara online. Hal ini tentu saja karena berbagai fitur…

4 minggu ago

Kepala BKPM Bahlil: Gak Ada Tukang Palak di Investasi RI! – TPMNews

Jakarta, tpmnews - RI terus aktif menggaet investor di sektor industri hilir pertambangan, khususnya untuk mengembangkan industri baterai kendaraan listrik…

4 minggu ago

Jreng! Australia Kini Punya Senjata Nuklir, RI Kasih Respons – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI buka suara mengenai pembentukan AUKUS. Ini adalah aliansi pertahanan baru antara Amerika…

4 minggu ago

Siap-siap! KKP Atur Penangkapan Terukur Mulai 1 Januari 2022 – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Pemerintah akan mengeluarkan aturan baru mengenai kuota penangkapan ikan. Nantinya ikan yang ditangkap akan diatur jumlahnya hingga…

4 minggu ago

Murah di Inggris, Brompton Ini Tembus Rp 40 Juta di RI – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Harga sepeda Brompton saat ini dibanderol mulai dari Rp 30 jutaan. Harga ini turun dari tahun lalu…

4 minggu ago

Strategi BKMS Kelola 5 Kluster Bisnis di KEK Gresik JIIPE – TPMNews

Jakarta, tpmnews- Direktur Utama PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), Bambang Setiono menyambut positif penetapan Kawasan Integrated Industrial Port Estate…

4 minggu ago