Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Sistem dan Cara Operasi Bilangan Bulat

1 min read

Bilangan Bulat

Terdapat banyak konsep sistem bilangan dalam kehidupan manusia. Bilangan asli, bilangan cacah, bilangan imajiner, bilangan biner dan masih banyak lagi. Nah, kali ini kami akan membahan dan mengupas tuntas tentang sistem dan operasi hitung nya lengkap agar Anda bisa menjawab berbagai soal tentang bilangan bulat.

Bilangan Bulat

Salah satu sistem bilangan yang mengandung banyak sistem bilangan lain adalah sistem bilangan bulat. Bilangan ini mengandung berbagai sistem bilangan lain seperti bilangan asli, cacah, prima, komposit, nol, satu, negatif, ganjil dan masih banyak yang lain.

Sistem Bilangan Bulat

Bilangan bulat merupakan sistem bilangan yang terdiri dari 2 komponen besar yaitu sistem bilangan negatif dan sistem bilangan cacah. Dalam dunia matematika, sistem bilangan ini di simbolkan sebagai Z atau Zahlen yang artinya adalah bilangan. Namun, beberapa peneliti menyatakan bahwa bilangan ini adalah gabungan bilangan asli, bilangan nol, dan negatif.

Dalam sistem bilangan ini, angka nol menjadi angka tengah antara ruas angka negatif dan positif. Sama seperti sistem bilangan lainnya, pada garis bilangan, angka negatif di sebelah kiri nilainya selalu lebih kecil di bandingkan nilai di sebelah kanan meskipun dalam sistem bilangan negatif, urutan angkanya keterbalikan. Contoh sederhana, nilai -50 lebih kecil daripada -48.

Operasi Hitungan Bilangan Bulat

Dalam operasi bilangan bulat, terdapat beberapa sifat yang perlu diingat yaitu operasi perhitungan bilangan negatif dengan negatif, operasi bilangan positif dengan negatif, operasi bilangan positif dengan positif. Untuk operasi bilangan positif dan positif, cara perhitungannya sama seperti biasanya, angka di sebelah kanan garis bilangan selalu lebih besar dari angka sebelumnya.

Pada operasi bilangan negatif dengan negatif, terdapat beberapa pengecualian. Jika Anda menambahkan dua angka negatif, semisal -5 + -7, maka hasilnya adalah -12. Dikarenakan penjumlahannya sama namun tanda negatif tetap diikutkan. Untuk operasi pengurangan cukup berbeda seperti -5 – (-7) maka hasilnya adalah 2 dikarenakan angka 7 menjadi positif.

Untuk operasi perkalian dan pembagian juga memiliki ketentuan khusus. Jika Anda mencoba mengalikan angka negatif dengan angka negatif, maka hasilnya akan positif seperti -3 x -4 maka hasilnya adalah 12. Begitupun dengan pembagian, jika Anda membagi dua angka negatif, maka hasilnya positif seperti -10 dibagi -2 maka hasilnya adalah 5.

Penutup

Begitu banyak ketentuan-ketentuan khusus pada operasi sistem bilangannya terutama pada operasi bilangan negatif dengan negatif dan bilangan negatif dengan positif. Untuk mempermudah pemahaman, Anda harus berlatih menggunakan dua operasi ini secara teratur untuk membiasakan diri.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Bangun Datar

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read

Limit Tak Hingga

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read