Bilangan Biner

1 min read

Bilangan Biner

Jenis dan macam bilangan didalam teori matematika sangat banyak seperti bulat, asli, primer dll. Artikel kali ini akan membahas tuntas tentang penjelasan dan pengertian lengkap tentang Biner. Berikut ini penjelasan bilangan biner dan perbedaannya dengan desimal dilengkapi dengan alat konversinya.

Bilangan Biner

Bilangan biner atau yang biasa dikenal dengan sebutan Binary system merupakan sebuah sistem bilangan yang memiliki dua basis yaitu 0 dan 1. Sistem bilangan ini menjadi kunci pokok dalam pembelajaran rangkaian elektronika yang berbasis sistem digital. Dalam sistem ini, Anda akan mengenal angka dengan sebutan bit.

Berbeda dengan bilangan desimal yang mengandung angka 0 hingga 9 serta perpaduan dari keduanya, dalam sistem biner, Anda hanya akan melihat baris angka yang terdiri dari 0 dan 1 seperti 10110110, dan lain-lain. Meskipun cukup aneh, ternyata biner dapat kita konversi menjadi angka desimal begitu pun sebaliknya.

Kalkulator

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda akan jarang melihat sistem biner secara langsung. Namun, beberapa alat elektronik yang Anda kenal ternyata menggunakan sistem biner sebagai bahasa pemrogramannya. Salah satu yang sering Anda temui adalah kalkulator. Mungkin Anda akan bertanya mengapa hal tersebut dapat terjadi.

Sebagian besar kalkulator memiliki fungsi tambah, kurang, kali, dan bagi. Anda akan menemukan angka sederhana dari 0 hingga 9. Ketika Anda hendak menghitung menggunakan kalkulator, secara sigap kalkulator akan mengubah angka tersebut menjadi bit. Setelah proses hitung selesai, kalkulator akan mengubah bit menjadi desimal dan menunjukkan hasilnya di layar kalkulator Anda.

Komputer

Alat elektronik lain yang menggunakan sistem biner adalah komputer. Mungkin Anda akan heran bagaimana bisa sebuah sistem komputer menggunakan sistem bilangan ini. Sebuah komputer dirancang pada awalnya tidak mengenal gambar, warna, ataupun suara. Komputer hanya mengenal data. Data ini yang akan di ubah menjadi angka biner.

Semua perubahan yang terjadi pada komputer seperti perubahan warna, perhitungan angka, suara, dan lain-lain, komputer harus mengubah data tersebut menjadi angka biner. Selanjutnya, komputer akan melakukan proses perhitungan bilangan biner. Proses ini disebut manipulasi data. Setelah manipulasi data selesai, komputer akan mengubahnya kembali menjadi data yang bisa dilihat di layar.

Penutup

Memang bilangan biner tidak bisa Anda lihat secara langsung seperti bilangan desimal. Namun, bilangan biner menjadi bahasa utama semua alat elektronik yang ada saat ini. Jika Anda ingin memahami alat elektronik, maka pelajarilah bilangan biner terlebih dahulu.

Avatar

Persamaan Garis Lurus

Avatar admin
1 min read

Pola Bilangan 

Avatar admin
1 min read

Rumus Trapesium

Avatar admin
1 min read