Bilangan Asli dan Cara Menghitungnya

1 min read

Bilangan Asli

Setiap hari Anda akan bertemu dengan angka. Hampir semua hal di dunia selalu berkaitan dengan angka mulai dari bangun tidur hingga kembali tidur. Namun, pernahkah Anda sadari bahwa ternyata angka-angka tersebut memiliki beragam jenis ? Salah satunya adalah bilangan asli. Mungkin Anda heran dengan sebutannya, namun dalam ilmu matematika, bilangan ini sangat penting.

Bilangan Asli

Pengertian dari bilangan asli dalam matematika adalah suatu bilangan yang dimulai dari angka 1, 2, 3 hingga tidak terbatas. Sedangkan himpunan bilangan asli terbagi menjadi dua yaitu positif dan negatif dimana positif dimulai dari angka 1, 2, hingga tidak terbatas. Sedangkan yang bernilai negatif dimulai dari angka -1, -2, -3 hingga tidak terbatas.

Perbedaan Bilangan

Pernahkah Anda mendengar bilangan bulat atau bilangan cacah ? Apakah Anda pernah bertanya apa yang membedakan keduanya dengan bilangan Asli ? Perbedaan antara ketiga bilangan tersebut adalah awal bilangan. Pada bilangan bulat dan cacah, awal bilangan dimulai dengan angka nol, sedangkan pada bilangan asli, dimulai dari 1.

Terdapat beberapa contoh untuk bilangan ini seperti himpunan bilangan kurang dari 5, himpunan bilangan antara 7 hingga 10, himpunan bilangan antara 2 hingga 6 dan masih banyak himpunan lainnya. Pada himpunan bilangan kurang dari 5, maka bilangan di mulai dari angka 1 hingga 4, sedangkan pada himpunan antara 7 hingga 10 berarti 8 dan 9. Begitu juga dengan angka 1 hingga 4.

Cara Menghitung dengan Metode Urutan Bilangan

Bilangan ini sering digunakan dalam berbagai penjumlahan matematika dan sehari-hari. Salah satu contoh soal yang bisa Anda kerjakan adalah berapa jumlah 2 pena ditambah 5 buku. Untuk menghitung penjumlahan ini, Anda dapat menghitung 2+5 sehingga didapatkan hasilnya adalah 7. Sebagian besar penjumlahan seperti ini, Anda cukup mengambil angkanya saja kemudian melakukan perhitungan.

Cara lain untuk menghitung adalah mengurutkan beberapa angka di depannya. Jika Anda mengambil contoh pada soal di atas yaitu 2 pena di tambah 5 buku. Anda dapat mengurutkan 5 angka setelah 2 atau mengurutkan 2 angka setelah 5. Urutan bilangan terakhir adalah hasil dari perhitungan. Kedua cara tersebut akan menghasilkan nilai 7. Sehingga, Anda bisa menggunakan kedua cara tersebut.

Penutup

Apakah Anda sudah mulai memahami bilangan asli? Bilangan ini sering digunakan dalam berbagai proses perhitungan dikarenakan tidak mengandung angka nol di awal sehingga memudahkan untuk melalukan urutan bilangan atau proses perhitungan yang rumit.

Avatar

Persamaan Garis Lurus

Avatar admin
1 min read

Pola Bilangan 

Avatar admin
1 min read

Rumus Trapesium

Avatar admin
1 min read