Categories: Biaya Kendaraan

Biaya Servis Kendaraan Beroda Empat Dan Jenis-Jenisnya Di Bengkel Resmi

Biaya servis kendaraan beroda empat niscaya menjadi pertanyaan para pemilik kendaraan yang mau melakukannya. Pasalnya, servis kendaraan beroda empat terjadwal penting dilakukan supaya tampilan kendaraan beroda empat kesayangan tetap terjaga. 

Buat pemilik kendaraan beroda empat baru, servis terjadwal di saat jarak tempuh meraih 1.000 km tidak akan dikenakan biaya, sebab masih dalam masa garansi. Biaya servis kendaraan beroda empat berbeda-beda setiap merek dan diler, lazimnya berkisar antara Rp180 ribu hingga Rp600 ribu tergantung servis yang dilakukan. 

Selain mempertahankan keadaan kendaraan tetap prima, memiliki kendaraan beroda empat pastinya mesti dilengkapi proteksi asuransi supaya terhindar dari ongkos servis kendaraan beroda empat yang besar jika mengalami lecet, keadaan kendaraan rusak, terkena banjir, atau kecelakaan.

Mari kita pahami ongkos servis kendaraan beroda empat dan servis terjadwal apa saja yang mesti dilakukan pemilik kendaraan. 

Bacaan

Biaya servis mobil

Biaya jasa servis yang mau dikenakan oleh setiap merek dan diler pastinya akan sungguh berbeda. Selain itu, versi kendaraan juga akan kokoh terhadap ongkos servis.

Jika kendaraan beroda empat sudah meraih 10.000 kilometer, perhitungan ongkos servisnya yakni Rp400.000 hingga Rp600.000. Sementara itu, servis jika kendaraan beroda empat sudah meraih 40.000 kilometer, perhitungan ongkosnya mulai dari Rp1 juta hingga Rp1,2 juta. 

Untuk servis kendaraan beroda empat di saat meraih 80.000 kilometer perhitungan ongkos servisnya Rp2,6 juta hingga Rp3 juta.

Biaya di atas yakni perhitungan untuk bervariasi merek mobil. Nah, untuk jelasnya, kita bandingkan beberapa merek kendaraan beroda empat mulai dari Toyota, Honda, Daihatsu, Suzuki hingga Nissan.

Biaya servis kendaraan beroda empat Avanza

Pada interval service terjadwal 0-30.000 km, tercatat cuma ada 6 item pengerjaan, maka di saat rentang perawatan 40.000 km ke atas, bertumbuh menjadi 10 item. Beragam penambahan itu berisikan air cleaner, minyak rem, gasket gardan dan oli gardan khusus untuk Avanza bertransmisi otomatis. 

Sementara untuk perawatan terjadwal yang paling banyak pengerjaannya di saat berada di 40.000 km, dengan ongkos tertingginya berada di 60.000 km. Pasalnya, ongkos jasa yang sudah dibebankan ke pemilik Avanza.

Dalam interval perawatan terjadwal ini juga didapatkan sedikit perbedaan pekerjaan antara Low MPV Toyota bertransmisi otomatis dan manual, tetapi tidak berulang pada 50.000 km dan 60.000 km. 

Sebab, Avanza manual tidak mendapat oli gardan, tetapi menerima perawatan tambahan berupa oli transmisi manual, oli gardan dan gasket transmisi.

tempatpinjamuang-Rata-rata ongkos servis Toyota Avanza untuk 5.6 Tahun tahun sebesar Rp11 Juta. Servis pertama sehabis 6 bulan/1000 km yakni gratis. 

tempatpinjamuang-Kamu sanggup mendapat servis kedua sehabis meraih 10000 km atau sehabis 12 bulan seharga Rp678.000. Servis ketiga seharga Rp678.000 pada 20000 km atau sehabis 18 bulan dan seterusnya.

Biaya servis kendaraan beroda empat Honda

tempatpinjamuang-Untuk ongkos servis kendaraan beroda empat Honda:

  • Bila kendaraan beroda empat sudah meraih jarak tempuh 10.000 km, ongkos perawatan terjadwal di bengkel resmi Honda kira-kira meraih Rp400.000 hingga Rp600.000.
  • Bila kendaraan beroda empat sudah meraih jarak tempuh 40.000 km, ongkos perawatan terjadwal di bengkel resmi Honda kira-kira meraih Rp1.000.000 hingga Rp1.200.000.
  • Bila kendaraan beroda empat sudah meraih jarak tempuh 80.000 km, ongkos perawatan terjadwal di bengkel resmi Honda kira-kira meraih Rp2.600.000 hingga Rp3.000.000.

Biaya servis kendaraan beroda empat Daihatsu

Pembagian ongkos perawatan terjadwal kendaraan beroda empat Daihatsu berbeda-beda antara jenis dan kondisinya. Untuk Daihatsu Xenia, misalnya, dipisahkan menjadi tiga sub klasifikasi yakni Jasa, Part dan Bahan. 

Daihatsu memberi dispensasi beban pengeluaran perawatan yang dilakukan pelanggan dengan jasa servis cuma-cuma hingga 50.000 km, sama menyerupai yang dilakukan Toyota terhadap Avanza.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memang meniagakan Xenia dengan dua mesin yang berlainan yakni 1.0L dan 1.3L. Karena itu, ada perbedaan ongkos dari keduanya. Yaitu, tergantung jenisnya apakah manual atau otomatis.

tempatpinjamuang-Rata-rata ongkos servis kendaraan beroda empat Daihatsu di angka paling rendah dari Daihatsu Sigra dengan 70.000 km Rp330 ribu hingga angka tertingginya Grand New Xenia dengan pemakaian meraih 80.00 km dibanderol Rp883.000.

Biaya servis kendaraan beroda empat Suzuki

tempatpinjamuang-Untuk ongkos servis kendaraan beroda empat Suzuki, Ertiga misalnya, poin servis rutinnya menjadi 8 poin yang ialah imbas samping dari penggantian engine coolant, minyak rem dan juga filter udara. 

tempatpinjamuang-Pengerjaan servis paling sibuk dilakukan pada 40.000 km, sehingga tidak aneh jika ongkos total servisnya menjadi yang paling tinggi di antara inteval yang lain yakni Rp1.108.400. 

tempatpinjamuang-Perbedaan yang disebutkan tadi tidak berulang di 50.000 km dan 60.000 km. Karena itu, ongkos perawatan selanjutnya menjadi lebih ekonomis. Perihal ongkos jasa servis gratis yang digelar PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), distributor pemegang merek kendaraan beroda empat Suzuki di Tanah Air, rampung pada perawatan 50.000 km dan pelanggan mulai dibebankan ongkos tersebut mulai dari servis 60.000 km. 

Biaya servis kendaraan beroda empat Nissan

Biaya servis kendaraan beroda empat Nissan, salah satunya Xtrail, bervariasi sesuai dengan merek kendaraannya. Misalnya, untuk Mobil All New X-Trail 2.5 CVT hingga All New X-Trail 2.0 M/T harga servisnya dimulai dari Rp488.400 hingga Rp4.030.620.

tempatpinjamuang-*seluruh ongkos servis kendaraan beroda empat cuma berlaku di Jabodetabek dan sudah tergolong dengan pajak PPN sebesar 10%.

Beragam servis kendaraan beroda empat berkala

Servis kendaraan beroda empat terjadwal tak cuma dilakukan di saat kendaraan meraih 10.000 km, ada rangkaian perawatan kendaraan yang lain yang mesti dilakukan pemilik.

Servis kendaraan beroda empat terjadwal 5.000 km

Setelah kendaraan beroda empat meraih jarak tempuh 1.000 km, lazimnya pemilik kendaraan beroda empat akan kembali melaksanakan servis terjadwal di 5.000 km. Pada di saat kendaraan beroda empat meraih jarak 5.000 km ada beberapa komponen yang mesti diganti. Masa 5.000 km atau kurang lebih selama 3-4 bulan, kendaraan beroda empat juga mesti mendapat perawatan berkala. Biasanya komponen yang dicek nyaris sama menyerupai 1.000 km. Bedanya di 5.000 km ini oli pada mesin kendaraan beroda empat akan diusulkan untuk diganti.

Selain itu, kepingan kampas rem, metode steering, hingga cairan yang ada pada kendaraan beroda empat juga akan mendapat pengecekan. Pada di saat mengubah oli mesin, lazimnya dibarengi dengan penggantian filter oli. Biasakan mengubah filter oli supaya sirkulasi tetap terjaga. Lagipula harga filter oli juga tidak mahal. Lalu, berapa ongkos servis terjadwal di 5.000 km? Hampir sama menyerupai servis 1.000 km. Pihak bengkel belum mematok harga untuk ongkos jasa. Karena masih dalam masa gratis ongkos jasa hingga 1 tahun.

Servis kendaraan beroda empat terjadwal 10.000 km

Ada beberapa hal yang mau dilakukan di saat kendaraan beroda empat gres meraih jarak 1.000 km. Pihak bengkel resmi lazimnya akan melaksanakan pembersihan, pengecekan pada komponen yang ada di mesin pada di saat melaksanakan servis di 1.000 km pertama. 

Ada beberapa komponen yang wajib dicek, menyerupai oli-oli pada mesin. Dimulai dari oli mesin, oli transmisi, minyak rem, oli power steering, air radiator, dan kopling.

Semua cairan tersebut cuma dicek, apakah ada kepingan yang kurang atau rembes. Jika terdapat kebocoran, maka akan menjadi perhatian utama, mengingat ini yakni suatu kendaraan beroda empat gres yang sebaiknya minim penggantian. 

Hal lain yang mau dilakukan yakni memeriksa aki, metode kemudi, tekanan angin, pencucian filter udara, pengecekan idle mesin dan pengecekan baut pada roda. Semua hal tersebut ialah hal yang wajib dilakukan dalam melaksanakan servis terjadwal di 1.000 km pertama.

Servis kendaraan beroda empat terjadwal 15.000 km

Setelah kendaraan beroda empat meraih 10.000 km, maka servis terjadwal selanjutnya yang mau dilakukan yakni di interval 15.000 km. Item-item yang dilakukan pengecekan sama menyerupai di saat servis terjadwal 5000 km. 

Yaitu, penggantian oli mesin kendaraan dan pengecekan baut kolong, fluida dan minyak-minyak, air radiator, suspensi (sama menyerupai servis 1000 km). Selain itu laksanakan juga pada servis kelipatan 15000 km, 25000 km, 45000 km dan seterusnya.

Servis kendaraan beroda empat terjadwal 20.000 km

Pemilik kendaraan beroda empat juga wajib melaksanakan servis terjadwal di saat penggunaan meraih usia 1 tahun. Umumnya, servis terjadwal ini sudah meraih jarak tempuh 20.000 km.

Karena itu, servis lazimnya cukup besar dan memerlukan waktu sedikit lebih usang sebab komponen yang mau dicek dan dibersihkan juga makin banyak. 

Servis terjadwal 20.000 km dilakukan mulai dari pencucian saringan udara, pengecekan rem pada semua roda, pengecekan dan penyetelan klep, pencucian throttle body, kalibrasi idle, penggantian filter AC, penggantian busi hingga balancing dan spooring serta rotasi ban menyilang. 

Biasanya masa ini yakni masa terakhir di saat gratis ongkos jasa yang diberikan oleh pabrikan otomotif. Setelah kendaraan beroda empat lebih dari 1 tahun, para pemilik lazimnya akan mengeluarkan duit ongkos jasa pada di saat melaksanakan servis.

Biasanya, sehabis melalui usia pakai 1 tahun para pemilik kendaraan beroda empat turut melakukan tune up

Tune up di saat servis mobil

Tune up merupakan kegiatan merawat kendaraan beroda empat yang direncanakan secara rutin. Biasanya ini dilakukan satu tahun sekali untuk memastikan, dan mempertahankan tampilan mobil. Tune up secara lazim meliputi penggantian beberapa komponen pada mobil. Komponen pada kendaraan beroda empat ini memang sering kali masih dalam keadaan yang baik, tetapi ada bagusnya jika diganti sesuai dengan waktu penggunaannya.

Misalnya, filter udara mesti diganti setidaknya satu tahun sekali. Tune up juga sanggup disertai dengan mengubah beberapa komponen penting pada mesin. Seperti mengubah kabel busi, busi, filter materi bakar, dan penyetelan sensor oksigen pada mobil. Melakukan tune up ini sanggup dilakukan di bengkel resmi maupun di bengkel umum. 

Ada juga beberapa hal yang sanggup dilakukan di saat melakukan tune up pada mesin mobil. Seperti membersihkan injektor, membersihkan karburator, memakai cairan pembersih pada metode materi bakar, atau memasukkan cairan pembersih pada tangki materi bakar.

Tips supaya ongkos servis kendaraan beroda empat lebih murah

Melakukan servis kendaraan beroda empat secara terjadwal pasti akan menghasilkan tampilan kendaraanmu senantiasa optimal, berkendara senantiasa kondusif dan nyaman, terhindar dari mogok di jalan, dan akan meminimalkan biaya.

Lantas, bagaimana caranya supaya ongkos servis kendaraan beroda empat lebih murah? Yuk, pahami di sini:

Pakai sparepart asli

Meski bersungguh-sungguh melaksanakan servis terjadwal kendaraan beroda empat dan mengendarai kendaraan dengan cara yang wajar, bukan gak mungkin bengkel meminta kau mengubah sparepart. Kalau keadaan ini yang dihadapi, sanggup jadi sebab kau tidak memperhatikan mutu sparepart yang dibeli.

Buat menyingkir dari hal itu, usahakan untuk senantiasa berbelanja sparepart orisinil di diler atau distributor resmi sehingga kendaraan beroda empat kau tidak perlu bolak balik ke bengkel yang menghabiskan ongkos cukup besar.

BBM sesuai keperluan mesin

Gak cuma memakai sparepart resmi, penggunaan BBM juga memengaruhi ongkos servis terjadwal mobil. 

Banyak pemilik kendaraan yang memaksa mengisi tangki kendaraannya dengan bensin beroktan rendah, padahal pabrikan kendaraan tersebut sudah mengusulkan penggunaan materi bakar dengan oktan tinggi.

Rawat ban kendaraan

Sebagai sparepart di suatu kendaraan beroda empat yang memiliki tugas vital, ban ialah item yang mesti berkala diservis. 

Kondisi ban yang jelek tidak cuma sanggup mengancam keamanan di saat berkendara, tetapi juga sanggup memengaruhi keadaan keuanganmu. 

Pahami jadwal servis terjadwal mobil

Daya tahan mesin kendaraan beroda empat sanggup bertahan usang jika melaksanakan servis berkala. Tidak cuma rutin, servis juga mesti dilakukan sesuai jadwal. Banyak argumentasi kenapa servis kendaraan beroda empat mesti dilakukan sesuai jadwal.

Bagaimana jika kendaraan beroda empat jarang dipakai sehingga jarak tempuh tidak bertambah?

Servis kendaraan beroda empat secara terjadwal tetap mesti dilakukan, setiap 6 bulan sekali. Karena di saat kendaraan beroda empat diam, terjadi proses oksidasi dari uap air yang berada di sekeliling mobil. Lambat laun, air akan bercampur dengan oli mesin dan menghancurkan senyawa kimia oli.

Termasuk pula bercampur dengan cairan kendaraan beroda empat yang lain menyerupai minyak rem, minyak kopling, dan oli transmisi. Komponen mesin yang tidak bergerak juga menjadi rentan dihinggapi oleh karat dari proses oksidasi karena tidak pernah mendapat pelumasan dari oli. 

Bagaimana jika kendaraan beroda empat sering dipakai sehingga jarak tempuh cepat bertambah?

Berbeda dengan sketsa sebelumnya, jika kendaraan beroda empat kau pekerja keras alias senantiasa dipakai jarak jauh dan jarak tempuhnya sudah menyanggupi syarat meski waktunya belum. Segera laksanakan servis terjadwal kendaraan beroda empat sesegera mungkin.

Jangan lupa di saat melaksanakan servis terjadwal kendaraan beroda empat komponen mekanis lain menyerupai suspensi, ban, rem, dan kemudi di cek untuk menyaksikan adanya potensi kerusakan jawaban pemakaian. Termasuk penggantian filter dan setting komputer mesin supaya sanggup kembali fit.

Manfaat servis kendaraan beroda empat berkala

Ada bervariasi faedah yang mau diperoleh pengguna kendaraan di saat berkala menjalani servis mobil, yaitu:

  • Mobil tetap prima
  • Berkendara makin tenteram dan aman
  • Hemat
  • Umur kendaraan jadi lebih lama
  • Mempertahankan nilai jual kendaraan.

1. Mobil tetap prima

Servis yang berkala sesuai hukum menghasilkan kinerja kendaraan beroda empat tetap cemerlang dan sanggup melaju dengan prima. Karena servis dilakukan secara menyeluruh, maka kita sanggup tahu komponen kendaraan beroda empat mana saja yang perlu perbaikan. Pasalnya, komponen kendaraan beroda empat memiliki penurunan mutu seiring dengan jarak pemakaian. 

Misalnya, kampas rem yang menipis, busi aus, atau saringan udara yang kotor. Semua itu sanggup terdeteksi lewat servis secara berkala.

Saat servis mobil, bengkel akan melaksanakan pembersihan, perbaikan, atau penggantian komponen jika diperlukan. Dengan begitu, kendaraan beroda empat sanggup tetap melaju dengan baik dan memberi jaminan rasa kondusif dan tenteram terhadap pengendara. 

2. Berkendara makin tenteram dan aman

Servis kendaraan beroda empat secara terjadwal memberi potensi bagi kita dan pihak bengkel mengenali komponen mana saja yang sudah perlu diganti atau diperbaiki. Misalnya, kampas rem yang menipis pasti akan diganti dengan komponen yang baru. 

Ini pastinya akan menghasilkan kita selaku pemilik dan pengendara kendaraan beroda empat merasa kondusif dan nyaman. Bila sebelumnya kita merasa was-was dengan tampilan mobil, maka servis menghasilkan hati kita plong. Melaju di jalanan menjadi lebih nyaman.

3. Hemat

Jangan lupa kalau servis kendaraan secara terjadwal mengurangi risiko kantong kita jebol di masa yang mau datang. Servis kendaraan beroda empat secara terjadwal memberi potensi bagi kita mengubah komponen yang rusak. 

Bila pihak bengkel menerima satu saja komponen yang sudah lawas dan perlu diganti, maka mereka akan meminta kontrak pemilik kendaraan beroda empat untuk melaksanakan penggantian. Penggantian di di saat servis terjadwal ini memang mengeluarkan biaya.

Tapi ingat, masih lebih baik merogoh dompet untuk ongkos servis terjadwal dibandingkan dengan merogoh kocek untuk penggantian komponen yang tiba-tiba rusak sehabis usang tak diservis. Biasanya, komponen yang rusak jawaban usang tidak diservis akan menuntut perbaikan dengan ongkos yang tidak sedikit. Artinya, duit yang dikeluarkan akan lebih banyak. 

Karena itu, lebih baik servis secara berkala. Meski tetap mengeluarkan uang, yang paling penting tampilan kendaraan tetap terjaga.

4. Umur kendaraan jadi lebih lama

Mobil yang diberi jatah servis terjadwal memiliki usia yang relatif lebih lama. Dengan setiap servis yang dilakukan, kita jadi tahu komponen mana saja yang perlu diganti. 

Penggantian dan perbaikan komponen secara terjadwal menghasilkan tampilan kendaraan beroda empat lebih baik. Masa pakai kendaraan beroda empat pun jadi lebih panjang.

5. Mempertahankan nilai jual kendaraan

Performa kendaraan beroda empat yang bagus dan tersadar serta jaminan ketentraman dan keamanan yang tetap ada, menghasilkan nilai jual kendaraan beroda empat lebih stabil. 

Mobil yang diservis secara terjadwal tentu lebih diseleksi para pemburu kendaraan beroda empat bekas dibandingkan dengan kendaraan beroda empat yang jarang atau tak pernah diservis. Tentu, kendaraan beroda empat bekas yang masih sanggup melaju kencang dan tampilan baik punya nilai tawar yang tinggi. 

Selain itu, berkala menjalani servis kendaraan beroda empat juga memang dianjurkan. Pasalnya, menurut Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 10 tahun 2012 ihwal Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Yaitu, batas maksimum zat atau materi pencemar yang boleh dikeluarkan pribadi dari pipa gas buang kendaraan bermotor. Di mana kendaraan bermotor tipe gres memakai mesin dan/atau transmisi tipe gres yang mesti sesuai dengan mutu emisi gas buang dari menteri lingkungan hidup.

Karena itu, penting untuk kita berkala servis mobil. Agar gas buang kendaraan bermotor senantiasa aman. 

Pentingnya asuransi mobil

Melakukan servis kendaraan beroda empat secara terjadwal memang penting dilakukan supaya tampilan kendaraanmu tetap prima. Selain itu, jangan lupa untuk memproteksi dirimu dari risiko pengeluaran secara tiba-tiba yang efeknya sanggup menyedot tabunganmu.

Beban pengeluaran secara tiba-tiba yang dimaksud yakni risiko ongkos berobat di rumah sakit yang mahal jawaban serangan penyakit atau risiko kerugian finansial jawaban kecelakaan di saat melakukan pekerjaan yang memicu ketidaksanggupan untuk melakukan pekerjaan lagi sebab mengalami petaka cacat tetap. 

Untuk mengantisipasi hal-hal tersebut, kau sanggup mempergunakan asuransi jiwa. Berkat faedah dari asuransi jiwa, kau dan keluargamu sanggup terlindungi dari beban finansial jawaban tidak ada pemasukan lagi.

Kamu juga sanggup memproteksi kendaraanmu dari mahalnya ongkos perbaikan fisik kendaraanmu jawaban benturan baik yang terjadi di saat berlalu lintas maupun kejadian-kejadian yang sifatnya kelalaian pribadi.

Kamu sanggup mempergunakan fungsi asuransi kendaraan pribadi. Jangan khawatir, pinjaman ini tidak terbatas pada mobilmu saja, melainkan ada perlindungan untuk motormu juga. Yuk, cari tahu selengkapnya di tempatpinjamuang!

Pertanyaan seputar ongkos servis mobil

Berapa ongkos servis mobil?Erstimasi ongkos servis jika kendaraan beroda empat sudah meraih 10.000 kilometer Rp400.000 hingga Rp600.000. Servis jika kendaraan beroda empat sudah meraih 40.000 kilometer perhitungan ongkos servisnya Rp1 juta hingga Rp1,2 juta. Servis kendaraan beroda empat di saat meraih 80.000 kilometer perhitungan ongkos servisnya Rp2,6 juta hingga Rp3 juta.Berapa kali servis mobil?Umumnya pemilik kendaraan beroda empat diusulkan melaksanakan servis terjadwal tiap 10.000 km atau enam bulan. Namun, dalam penggunaan sehari-hari di Ibu Kota, secara jarak akan memerlukan waktu yang cukup usang untuk meraih 10.000 km.Apa perbedaan servis dan tune up mobil?Keduanya memiliki perbedaan, antara lain apabila servis biasa maka kendaraan akan dilakukan pengecekan kondisinya. Sementara jika melaksanakan tune up berniat untuk menghasilkan keadaan komponen-komponen pada kendaraan dalam keadaan yang prima atau baru.Berapa ongkos tune up mobil?Biasanya untuk sekali melaksanakan tune up di bengkel umum, kira-kira mesti mempersiapkan ongkos Rp350.000 hingga Rp500.000. Itu belum tergolong ongkos penggantian sparepart atau komponen yang memang dianggap sudah tidak layak pakai yang sanggup menjadi penyebab kendaraan beroda empat mogok.Tags : ,

rizved al

Recent Posts

3 trik aman baca Chat WA Tanpa Diketahui Oleh Pengirimnya

Sampai saat ini, aplikasi WhatsApp masih menjadi raja layanan berkirim pesan secara online. Hal ini tentu saja karena berbagai fitur…

4 minggu ago

Kepala BKPM Bahlil: Gak Ada Tukang Palak di Investasi RI! – TPMNews

Jakarta, tpmnews - RI terus aktif menggaet investor di sektor industri hilir pertambangan, khususnya untuk mengembangkan industri baterai kendaraan listrik…

4 minggu ago

Jreng! Australia Kini Punya Senjata Nuklir, RI Kasih Respons – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI buka suara mengenai pembentukan AUKUS. Ini adalah aliansi pertahanan baru antara Amerika…

4 minggu ago

Siap-siap! KKP Atur Penangkapan Terukur Mulai 1 Januari 2022 – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Pemerintah akan mengeluarkan aturan baru mengenai kuota penangkapan ikan. Nantinya ikan yang ditangkap akan diatur jumlahnya hingga…

4 minggu ago

Murah di Inggris, Brompton Ini Tembus Rp 40 Juta di RI – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Harga sepeda Brompton saat ini dibanderol mulai dari Rp 30 jutaan. Harga ini turun dari tahun lalu…

4 minggu ago

Strategi BKMS Kelola 5 Kluster Bisnis di KEK Gresik JIIPE – TPMNews

Jakarta, tpmnews- Direktur Utama PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), Bambang Setiono menyambut positif penetapan Kawasan Integrated Industrial Port Estate…

4 minggu ago