Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Bentuk Penyimpangan Sosial

3 min read

penyimpangan sosial

Hay sahabat Jev Edukasi Online, kali ini kita akan membahas mengenai materi sosiologi tentang bentuk penyimpangan sosial. Kita dalam kehidupan tentunya ingin merasakan tatanan sosial yang harmonis dan selaras. Namun realitanya kita sangat sering menjumpai banyak penyimbangan seperti pelanggaran lalu lintas hingga tindak kejahatan lainnya.

Terdapat berbagai bentuk penyimpangan sosial yang terdapat pada kehidupan kita sehari hari. Kali ini akan kami sajikan dari pengertian, bentuk, sifat hingga contoh dari penyimpangan sosial.

Penyimpangan Sosial

Kita dalam kehidupan bermasyarakat tentunya ingin merasakan sebuah tatanan sosial yang harmonis, selaras dan sesuai dengan ketentuan. Hal tersebut saat ini mungkin hanya menjadi angan angan belaka karena hampir setiap hari pasti ada sebuah perilaku menyimpang ditengan kehidupan bermasyarakat.

Pengertian Perilaku Penyimpangan

Perilaku penyimpangan atau deviasi sosial adalah semua bentuk perilaku sosial yang menyimpang atau tidak sesuai dengan ketentuan atau norma sosial yang berlaku.

Dalam kehidupan sehari hari perilaku penyimpangan ini banyak kita temui baik dalam bermasyarakat maupun didalam keluarga. Dilakukan secara sadar maupun tidak oleh individu ataupun kelompok kalau tidak sesuai dengan ketentuan atau norma yang berlaku bisa dibilang sebagai perilaku penyimpangan.

Bentuk Penyimpangan Sosial

Terbagi menjadi dua jenis bentuk penyimpangan sosial yaitu yang berdasarkan kadar atau intensitasnya dan berdasarkan pelaku penyimpangannya. Berikut ini penjelasan mengenai bentuk penyimpangan sosial beserta dengan contoh.

Berdasarkan Kadar atau Intensitas Penyimpangan

Perilaku penyimpangan sosial yang berdasarkan dengan kadar atau intensitasnya terbagi menjadi dua yaitu primer dan sekunder. Berikut ini penjelasan kedua bentuk perilaku penyimpangan yang berdasarkan kadar atau intensitasnya beserta dengan contoh.

Penyimpangan Primer

Bentuk penyimpangan primer bisa dibilang sebagai perilaku penyimpangan yang berkategori ringan. Pada umumnya pelaku tidak menyadari bahwa dirinya sedang melakukan perilaku penyimpangan. Perilaku penyimpangan primer biasanya tidak akan merugikan orang lain dan intensitasnya atau kadarnya tidak dilakukan secara terus menerus atau hanya insidental saja.

Contoh bentuk perilaku penyimpangan primer ini seperti telad terlambat sekolah namun hanya sekali saja, mabuk saat pesta, balapan liar, mencoret tembok tetangga dan lain sebagainya. Biasanya penyimpangan bentuk ini sifatnya hanya sementara, sehingga masyarakat masih dapat menerima penyimpangan primer ini.

Penyimpangan Sekunder

Bentuk penyimpangan sekunder ini merupakan perilaku penyimpangan yang berkategori berat. Perilaku penyimpangan sekunder ini dilakukan secara terus menerus atau berulang-ulang walapun pelakunya sudah dikenai hukuman atau sanksi.

Contoh bentuk penyimpangan sekunder pada kehidupan kita sehari hari seperti, telat berangkat sekolah yang dilakukan secara terus menerus sehingga sang guru tidak bisa mentoleransinya, perampokan, pencurian dan lain sebagainya. Biasanya bentuk penyimpangan sekunder ini tidak dapat ditoleransi oleh masyarakat karena sifatnya merugikan orang lain.

Berdasarkan Pelaku Penyimpangan

Perilaku penyimpangan sosial yang berdasarkan pelaku penyimpangannya terbagi menjadi 3 bentuk yaitu individu, kelompok dan campuran. Berikut ini pengertian, penjelasan dan contoh dari bentuk penyimpangan sosial berdasarkan pelakunya.

Penyimpangan Individu

Pengertian penyimpangan individu atau individual deviation adalah perilaku penyimpangan yang dilakukan oleh individu atau perorangan tanpa bantuan orang lain. Melihat dari kadar penyimpangan individu ini pelaku terkadang mendapatkan saksi sosial sehingga mendapat sebutan seperti pembandel, pembangkang, pelanggar, dan penjahat.

Penyimpangan individu sangat banyak kita temui dalam kehidupan sehari hari, berikut contohnya:

  1. Oknum pejabat yang melakukan korupsi
  2. Seorang anak yang durhaka terhadap kedua orang tuanya
  3. Oknum polisi yang melakukan pemerasan kepada pengendara bermotor sehingga prosesnya tidak sesuai prosedur
  4. Seorang suami atau istri yang sudah menikah selingkuh dengan orang lain
  5. Dokter yang memeras atau menarif biaya administrasi pada seseorang padahal itu sudah digratiskan oleh pemerintah pusat

Penyimpangan Kelompok

Pengertian penyimpangan kelompok atau group deviation adalah perilaku penyimpangan beberapa orang atau kelompok yang dilakukan secara bersama-sama. Perilaku penyimpangan kelompok biasanya lebih berbahaya dan sulit dikendalikan dari pada individu karena dilakukan oleh banyak orang. Selain itu kelompok yang melakukan penyimpangan ini biasanya memiliki aturan sendiri sehingga anggota dalam kelompok tersebut tidak merasa melakukan tindakan yang menyimpang.

Contoh penyimpangan kelompok yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari seperti berikut.

  1. Pesta narkoba yang dilakukan oleh geng atau kelompok tertentu
  2. Tawuran antar sekolah atau kelompok tertentu
  3. Pencurian yang dilakukan orang banyak
  4. Terorisme
  5. Pembunuhan berencana yang melibatkan banyak orang

Penyimpangan Campuran

Pengertian penyimpangan campuran atau mixture of both deviation adalah suatu perilaku penyimpangan yang diawali oleh individu namun seiring berjalannya waktu dia bisa mempengaruhi orang banyak, sehingga orang banyak tersebut ikut melakukan penyimpangan seperti dirinya.

Contoh penyimpangan campuran yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari hari kita, seperti berikut.

  1. Sindikat Narkoba
  2. Profokasi demontrasi yang berkembang menjadi amukan massa
  3. Sindikat peredaran uang palsu

Sifat Penyimpangan Sosial

Mungkin Anda pernah heran, ada seseorang yang melakukan penyimpangan sosial namun impeknya sangat positif untuk diri sendiri ataupun orang lain. Berarti penyimpangan sosial apakah selalu bersifat negatif? Semisal ada yang berdampak positif itu apa saja sih? Berdasarkan sifatnya, penyimpangan sosial dibagi menjadi apa saja sih?

Penyimpangan sosial dilihat dari sifatnya terbagi menjadi dua macam yaitu yang bersifat positif dan negatif. Berikut ini penjelasan dan contoh dari sifat dalam penyimpangan sosial.

Penyimpangan Yang Bersifat Positif

Arti dari penyimpangan yang bersifat positif adalah salah satu bentuk penyimpangan yang tidak sesuai dengan ketentuan atau aturan yang berlaku dalam masyarakat, namun perilaku tersebut berdampak positif pada dirinya atau masyarakat. Pada umumnya penyimpangan yang bersifat positif ini memberikan unsur yang inovatif dan kreatif sehingga walaupun terlihat asing dan berbeda tetap bisa diterima masyarakat.

Contoh penyimpangan sosial yang berdampak positif yang sering kita jumpai, seperti seorang perempuan yang berkarir di dunia politik, militer, pembalap karena dalam masyarakat pedesaan biasaya perempuan yang berkarir layaknya laki-laki itu asing atau dianggap tabu.

Penyimpangan Yang Bersifat Negatif

Pengertian penyimpangan yang bersifat negatif ialah suatu bentuk penyimpangan yang dapat merugikan pelaku atau masyarakat karena berdampak negatif. Penyimpangan yang bersifat negatif memiliki bobot tersendiri seperti ringan, sedang dan berat.

Contoh penyimpangan yang bersifat negatif seperti seseorang yang membolos sekolah, pencurian, korupsi, dan lain sebagainya yang dapat merugikan dirinya atau orang lain.

Penutup

Sekarang Anda sudah memahamikan materi sosiologi yang membahas mengenai penyimpangan sosial. Materi diatas sudah lengkap membahas mengenai pengertian, bentuk hingga sifat dari penyimpangan sosial beserta contohnya. Anda juga dapat mempelajari dampak penyimpangan sosial dan upaya untuk mencegahnya juga agar bisa menyikapi hal ini.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Kebutuhan Manusia

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read

Pendapatan Nasional

Suci Zidni Suci Zidni
3 min read