Categories: Kredit Motor

Beli Motor Bekas Atau Baru? Sesuaikan Dengan Kebutuhanmu

Beli motor bekas atau gres ya? Kalau beli motor bekas, tentunya lebih hemat biaya dan dengan perawatan yang sempurna akan menghasilkan mutu atau tampilannya sama elok dengan yang baru.

Nah namun kalau beli motor yang baru, kita gak perlu khawatir dengan kualitasnya lagi, terlebih kalau bisa sanggup keluaran modern yang teknologinya lebih canggih.

Bacaan

Memang lebih baik beli motor baru, tapi…

tempatpinjamuang-Sepeda motor memang sudah menjadi keperluan pokok bagi dominan masyarakat. Itulah mengapa kita mesti cermat menegaskan mudah-mudahan pengeluaran untuk keperluan lain gak terganggu.

Benar juga jikalau dikatakan berbelanja sepeda motor gres secara kredit lebih menguntungkan pada banyak sisi, namun jangan mentang-mentang kocek tebal lantas asal menegaskan sepeda motor.

Jangan lupa, kau nanti jadi punya utang cicilan jangka panjang.

tempatpinjamuang-Nah di lain sisi kalau beli motor bekas bisa jadi lebih murah, namun kau mesti lebih telaten dalam menjalankan perawatan. Perawatan memiliki arti biaya, umpamanya ongkos servis kecil atau besar, ongkos perawatan body motor, dan lain-lain.

Mau beli motor bekas atau baru? Pertimbangkan hal ini dulu

tempatpinjamuang-Untuk membantumu memikirkan lebih baik beli motor bekas atau baru, kita amati beberapa poin berikut.

Pertimbangan beli motor bekas

Membeli barang yang kualitasnya bekas alias seken alias tangan kedua gak senantiasa dikaitkan dengan bujet rendah, keterpaksaan, atau gak punya pilihan lain.

Di lain sisi, seseorang yang lebih memprioritaskan beli barang bekas bisa diartikan selaku sosok yang suka berhemat, cermat dalam merencanakan keuangan, dan berorientasi terhadap kebutuhan.

Sama halnya dengan jikalau kau berbelanja motor bekas. Yang paling penting yakni kau bisa mendapat faedah yang dibutuhkan.

Meski begitu, kau perlu paham dengan kejelian menegaskan motor bekas juga mudah-mudahan tidak salah dalam menjatuhkan pilihanmu nanti.

Soal itu, ada beberapa hal yang kau perlu ketahui dikala menegaskan motor bekas yang ideal berikut.

1. Harga

tempatpinjamuang-Harga motor bekas memang lebih dekat dan bisa diadaptasi dengan bujet. Nah berapa besarannya tentu tergantung terhadap tahun keluaran dan penampilan luar.

tempatpinjamuang-Nah soal yang ini, kau bisa mengandalkan selera pribadi. Pilih warna yang kau lebih sukai, lihat body luar yang masih mulus, cek kelistrikan, dan keadaan fisiknya secara umum.

Kalau perlu, kau bisa minta test ride untuk mengenali ketentraman menungganginya sekaligus mencari tahu jikalau ada kelemahan lainnya.

Pembelian motor bekas pun bisa dijalankan secara kredit agar tidak terlampau menambah beban keuanganmu. Disarankan untuk mengajukan kredit motor bekas melalui leasing yang terpercaya agar terhindar dari penipuan.

2. Melek mesin

tempatpinjamuang-Kalau kau sudah cocok dengan sisi penampilan dan kenyamanannya, pengecekan mesin tentu menjadi hal berikutnya yang wajib dicari tahu. Selain mesin, kita juga mesti mengulik soal riwayat mesin.

tempatpinjamuang-Jika dealer atau individu jujur, itu laba kita. Nah, masalahnya kalau pihak pedagang menutup-nutupi riwayat mesin? Bisa berabe efeknya buat kau nanti.

tempatpinjamuang-Jika memang kau gak terlalu paham soal permesinan, kau bisa mengajak teman, tetangga atau, kerabat untuk memberi rekomendasi dan penilaian.

3. Kelengkapan surat

tempatpinjamuang-Pastikan bahwa surat-suratnya lengkap dan asli. Jangan hingga deh kita beli motor yang surat-suratnya gak lengkap terlebih palsu.

Ada penjual yang jujur soal ini dengan bilang surat-suratnya gak lengkap dan mereka akan menampilkan harga jual yang lebih hemat biaya selaku kompensasi.

Hal-hal yang menyerupai ini lebih baik dikesampingkan aja deh soalnya bakal menuai problem di masa mendatang.

tempatpinjamuang-Kamu juga mesti mencari tahu soal tanggal bayar pajaknya. Apakah pajak kendaraan sudah dibayar lunas atau malah menunggak bertahun-tahun.

tempatpinjamuang-Semisal soal pajak ini tidak jadi problem buat kau sebab kau sudah telanjur suka dengan motornya, kau mesti tahu bahwa nanti kau perlu keluar duit lebih banyak untuk menanggung denda pajak.

Selain itu, jangan lupa ada biayauntuk balik nama dan mutasi juga ya mudah-mudahan STNK-nya nanti tertulis atas nama kau sendiri.

4. Butuh servis

tempatpinjamuang-Jika bujetmu tidak mengecewakan besar, kau bisa mendapat motor bekas dengan keadaan prima. Tapi jikalau bujet cuma cukup untuk mengakses sepeda motor keluaran lama, kau mesti memikirkan biaya untuk servis mudah-mudahan motor kembali menyerupai baru.

tempatpinjamuang-Cek spare part mana saja yang sekiranya perlu diganti dan survei harga spare part tersebut di pasaran. Dengan cara tersebut kau bisa menjalankan kalkulasi ongkos yang diperlukan.

Jangan pernah sepelekan soal konsistensi untuk servis motor sebab efeknya bisa fatal nanti kalau hingga gak dijalankan secara berkala.

Pertimbangan beli motor baru

Nah ini ia buat kau yang lebih senang beli motor gres dibandingkan dengan sakit kepala ngutak-ngatik motor bekas, berikut tips-tips yang dapat menolong pertimbanganmu.

1. Dana

tempatpinjamuang-Harga sepeda motor gres berada di kisaran puluhan hingga ratusan juta. Lihat dahulu keadaan keuangan, jangan hingga keadaan keuangan amburadul sehabis memboyong motor baru.

2. Model sepeda motor

tempatpinjamuang-Kadang satu pabrikan bisa mengeluarkan beraneka ragam versi di dikala bersamaan. Jangan cuma tergiur performa luar, namun amati juga fitur, teknologi dan ketahanan mesin.

tempatpinjamuang-Semakin mutakhir dan besar cc-nya, tentu harga kian mahal. Kita mesti cermat menegaskan sesuai keperluan dan tentunya keadaan keuangan.

3. Bandingkan harga

tempatpinjamuang-Membandingkan harga dari satu pabrikan dengan pabrikan lain tentu wajib. Jangan cuma tergiur dengan harga ramah biaya yang ditawarkan, namun survei juga soal performa mesin.

4. Harga jual kembali

tempatpinjamuang-Beberapa pabrikan sudah tenar memiliki produk dengan harga jual kembali yang tinggi.

tempatpinjamuang-Pastikan kau cermat menegaskan dengan memerhatikan pasar motor bekas baik online maupun offline. Hal ini berniat mudah-mudahan harga jual motormu gak terlalu jatuh.

Susun penyusunan rencana keuangan, cari tahu bujet beli motor bekas atau beli baru

Setelah menelusuri pertimbangan di atas, entah kau condong untuk beli motor bekas yang lebih hemat biaya atau beli motor baru, tentunya kini kau mesti menyusun budget dahulu agar pada nantinya tidak menambah beban pengeluaran bulanan.

Bandingkan antara berapa pendapatan bersihmu dan crosscheck juga dengan harga beli motor bekas atau cicilan bulanan motor gres kamu.

tempatpinjamuang-Hidup dengan honor pas-pasan namun berniat mencicil Moge alias motor gede namanya gak rasional, kecuali kau gres saja ketiban rejeki nomplok.

Coba deh hitung berapa take home pay (THP) yang kau peroleh dengan kalkulator honor bersih tempatpinjamuang berikut.

tempatpinjamuang-Coba simak kiat berikut ini untuk mencari tahu motor mana yang cocok dengan anggaranmu.

Membuat sketsa kredit sendiri

tempatpinjamuang-Pihak dealer umumnya sudah menawarkan selebaran berisi detail cicilan dan DP. Tapi, untuk mengukur kesanggupan finansial sendiri, alangkah baiknya kau menghasilkan sketsa kredit sendiri. Berikut ini hal-hal yang mesti diperhatikan.

  • Besaran honor bulanan
  • Besaran cicilan motor
  • Tenor
  • Total pembayaran dikala kredit lunas

tempatpinjamuang-Ambil pola Alejandro. Dengan gajinya yang sebesar Rp7 juta dan simpanan Rp8 juta, ia pengin berbelanja sepeda motor Yamaha Vixion. Namun ia merasa masih galau, antara berbelanja motor gres atau bekas.

tempatpinjamuang-Harga Vixion 2021 gres yang dipersiapkan dealer yakni Rp27 juta, sementara Vixion bekas keluaran 2013 ada di kisaran Rp17 juta. Alejandro sudah menjalankan survei beberapa pilihan simulasi kredit motor gres dari suatu leasing.

Sebagai info dasar, pihak leasing menampilkan cicilan sepeda motor Vixion gres selaku berikut.

  • Uang paras terendah = Rp7 juta.
  • Tenor mulai dari 12 bulan, 24 bulan, dan 36 bulan.

Skema kredit motor baru

Andai Alejandro menegaskan untuk mengajukan kredit motor baru. Sebelum mengawali perhitungan, ia mesti menghimpun data-data finansialnya dahulu menyerupai berikut.

  • Gaji = Rp7.000.000
  • Pengeluaran berkala Alejandro per bulan = Rp3.000.000
  • Sisa = Rp4.000.000 (gaji dikurangi pengeluaran rutin)

Sesuai penawaran dari dealer, harga beli tunai Vixion 2021 gres yakni Rp27 juta. Alejandro tentukan untuk menegaskan tenor 36 bulan alias 36 kali bayar cicilan.

Mengenai minimal pembayaran duit paras atau Down Payment (DP) yakni Rp7 juta yang mana diambil dari duit tabungannya.

Selanjutnya, kisaran cicilan per bulan selama 3 tahun (36 bulan) yakni Rp669.000. Angka ini ditemukan dari harga tunai dikurangi duit paras kemudian dibagi 36.

Dengan begitu didapatkanlah kisaran total ongkos yang dikeluarkan sehabis pelunasan untuk tenor 36 bulan, yaitu:

(Rp669.000 x 36 bulan) + Rp7.000.000 = Rp31.084.000

Skema kredit motor bekas

tempatpinjamuang-Sementara jikalau Alejandro menegaskan untuk berbelanja motor Vixion bekas, pembelian tunai dihargai Rp17 juta.

tempatpinjamuang-Jika ingin mencicil, pihak leasing menampilkan DP Rp4 juta dengan cicilan Rp500 ribu per bulan selama 36 bulan. Jadi penyusunan rencana keuangan yang perlu disiapkan selaku berikut.

  • Pembayaran uang muka: Rp4.000.000
  • Cicilan bulanan selama 36 kali: Rp550.000

Maka kisaran total bayar yang hendak dikeluarkan selama 3 tahun yakni Rp23.800.000.

Kesimpulannnya untuk kredit motor gres selama 36 bulan terdapat selisih Rp7.084.000 dari harga beli tunai. Sementara, untuk kredit motor bekas selisihnya sebesar Rp6.800.000 dibandingkan pembelian tunai.

tempatpinjamuang-Meski sekilas sepeda motor bekas lebih murah, tetapi Dodi mesti memikirkan lagi.

tempatpinjamuang-Motor bekas yang diincar sudah berumur 5 tahun. Maka alhasil yakni terdapat ongkos perbaikan yang lebih besar dan itu memiliki arti pengeluaran lagi dong!

tempatpinjamuang-Kalau motor bekas yang dibeli gres berumur satu hingga tiga tahun, mungkin jatuhnya memang lebih murah.

tempatpinjamuang-Beda halnya jikalau bedanya hingga 5 tahun dengan sepeda motor baru, maka selisih lebih hemat biaya Rp200 ribu itu bergotong-royong terbilang mahal.

tempatpinjamuang-Belum lagi ada bonus garansi yang hendak kau peroleh kalau berbelanja motor baru. Setidaknya tidak mengecewakan gratis ongkos servis dan ganti oli untuk berulang kali periode servis bersiklus awal.

Jadi jikalau keadaan keuanganmu memang memungkinkan untuk berbelanja motor baru, kenapa tidak? Tapi bukan memiliki arti membeli motor bekas tidak ada kegunaannya juga ya.

Jangan lupa lindungi motormu dengan asuransi

Asuransi motor yakni produk pinjaman finansial yang hendak memberimu jaminan atas ongkos perbaikan mesin, ongkos perbaikan kerusakan fisik akhir benturan atau kecelakaan, atau bahkan kehilangan akhir dicuri.

Umumnya, pembelian motor gres secara kredit lewat dealer atau leasing resmi sudah memberi nasabah dengan pinjaman asuransi motor. Salah satu bentuknya yakni servis dan ganti oli gratis.

Namun jikalau kau berbelanja motor gres secara tunai atau berbelanja motor bekas, tidak akan diberikan asuransi motor secara cuma-cuma, alias kau mesti beli sendiri.

Supaya lebih kondusif lagi, lindungi juga dirimu sendiri dari biaya perawatan di rumah sakit andai kau mengalami kecelakaan di jalan raya. Jangan lupa tagihan perawatan di rumah sakit itu tidak murah.

Nah jangan sepelekan faedah asuransi motor ya. Coba cari tahu selengkapnya apa saja faedah selengkapnya dan bagaimana cara mendapatkan asuransi motor di tempatpinjamuang.

Mungkin kau masih punya halangan atau pertanyaan seputar penyusunan rencana keuangan pribadi atau rumah tangga, jangan ragu untuk berkonsultasi di Tanya tempatpinjamuang.

FAQ seputar kiat lebih baik beli motor bekas atau baru

Apa laba kredit motor baru?

Keuntungan yang ditemukan dengan berbelanja motor gres secara kredit di dealer resmi yakni kelengkapan asuransi motor.

Contoh kegunaannya yakni gratis ongkos servis dan ganti oli. Sebagian dealer atau leasing juga mengobrol asuransi TLO berupa faedah ganti rugi jikalau motor mengalami kerusakan yang sungguh parah atau penggantian unit gres jikalau motor hilang dicuri.

Apa laba beli motor bekas?

Dari sudut pandang pengeluaran, berbelanja motor bekas terang lebih murah. Selain itu laba dibandingkan berbelanja motor gres selaku berikut.

  • Lebih leluasa menegaskan pilihan produk motor yang cocok dengan kebutuhan. Dibandingkan berbelanja motor baru, ada beberapa fitur tertentu yang kita mungkin tidak perlukan dan menghasilkan harganya lebih mahal.
  • Gak perlu khawatir harga jual jatuh jikalau nanti mesti dijual lagi. Beda jikalau berbelanja motor baru, kemudian ingin menjualnya. Harga jualnya niscaya terpaut jauh, terlebih jikalau ditambah kondisinya yang sudah tidak mulus, pernah mengalami benturan, atau bahkan jikalau modelnya tidak laris di pasaran.
  • Jika ingin diangsur, cicilan bulanannya terhitung ringan. Selesai bertransaksi, motor pun bisa eksklusif dikendarai.

Apakah asuransi motor bisa melindungi motor bekas?

Asuransi motor bisa melindungi motor gres dan bekas. Jika tidak diberikan oleh dealer atau leasing, pinjaman asuransi motor bisa ditemukan dengan membelinya sendiri.

Cari tahu ulasan selengkapnya tentang asuransi motor di tempatpinjamuang.

Tags : , ,

Tags: kredit motor
rizved al

Recent Posts

3 trik aman baca Chat WA Tanpa Diketahui Oleh Pengirimnya

Sampai saat ini, aplikasi WhatsApp masih menjadi raja layanan berkirim pesan secara online. Hal ini tentu saja karena berbagai fitur…

4 minggu ago

Kepala BKPM Bahlil: Gak Ada Tukang Palak di Investasi RI! – TPMNews

Jakarta, tpmnews - RI terus aktif menggaet investor di sektor industri hilir pertambangan, khususnya untuk mengembangkan industri baterai kendaraan listrik…

4 minggu ago

Jreng! Australia Kini Punya Senjata Nuklir, RI Kasih Respons – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI buka suara mengenai pembentukan AUKUS. Ini adalah aliansi pertahanan baru antara Amerika…

4 minggu ago

Siap-siap! KKP Atur Penangkapan Terukur Mulai 1 Januari 2022 – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Pemerintah akan mengeluarkan aturan baru mengenai kuota penangkapan ikan. Nantinya ikan yang ditangkap akan diatur jumlahnya hingga…

4 minggu ago

Murah di Inggris, Brompton Ini Tembus Rp 40 Juta di RI – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Harga sepeda Brompton saat ini dibanderol mulai dari Rp 30 jutaan. Harga ini turun dari tahun lalu…

4 minggu ago

Strategi BKMS Kelola 5 Kluster Bisnis di KEK Gresik JIIPE – TPMNews

Jakarta, tpmnews- Direktur Utama PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), Bambang Setiono menyambut positif penetapan Kawasan Integrated Industrial Port Estate…

4 minggu ago