Menu
Media Informasi Keuangan

Banyak Peluang Ke Bulan, NASA : Kami Butuh Mitra Internasional

  • Bagikan

Kabarin.co.id, Jakarta – Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), membuka banyak peluang bagi negara lain yang ingin bekerja sama untuk mengembangkan misi ke bulan.

Jim Bridenstine selaku administrator NASA, menyebut bahwa ada banyak pelaung bagi negara di luar Amerika serta Eropa untuk bisa ikut serta melakukan partisipasi pada misi menuju bulan.

“Saya rasa ada banyak peluang untuk ke Bulan, dan kami membutuhkan mitra internasional untuk bisa sampai ke Bulan,” papar Bridenstine menurut yang dikutip dari AFP.

Ia menyebut bahwa NASA tidak menutup adanya kemungkinan untuk mencapai kesepakatan supaya beberapa negara bisa ikut berkontribusi pada misi ke bulan.

“Kontribusi semua negara terkait bagaimana mereka menjadi bagian dari arsitektur, maka tentu saya melihat tidak ada alasan agar kita bisa menggandeng semua mitra internasional untuk bisa bersama kami ke Bulan,” jelasnya.

Sedangkan dari sisi kepala Badan Antariksa Eropa (ESA), Jan Worner menyebut bahwa pihaknya juga terbuka pada peluang untuk menerapkan kerja sama dengan NASA.

“Kami juga dalam pembicaraan dengan NASA, sehingga nanti akan ada astronaut Eropa di permukaan Bulan,” papar Worner.

Ia menilai, pada awal meluncur di 2024, kemungkinan besar mini akan membawa kru murni warga Amerika. Ia membuka kemungkinan warga Eropa menyusul menginjakkan kaki di Bulan pada 2027.

Jepang menjadi salah satu negara yang tertarik pada misi antariksa. Pasalnya rencana tersebut bisa memberikan keuntungan pada sejarah antariksa Jepang.

“Ini pertanyaan yang sangat sederhana bagi saya karena Badan Eksplorasi Luar Angkasa Jepang (JAXA) ingin mengirim astronaut Jepang ke permukaan bulan,” jelas presiden JACA, Hiroshi Yamakawa.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *