Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Bangun Ruang

1 min read

Bangun Ruang

Bangun ruang adalah bangunan yang memiliki rusuk, sisi, dan titik sudut yang terhubung sehingga membentuk bangunan tiga dimensi. Sisi adalah bidang yang menjadi pembatas dari bangunan tiga dimensi terhadap ruang lain di sekelilingnya. Rusuk yakni sebuah garis yang muncul dari pertemuan dua buah sisi pada bangunan tiga dimensi. Sementara titik sudut terbentuk dari pertemuan tiga buah rusuk atau lebih.

Berbagai Macam Jenis Bangun Ruang

Balok

Balok yaitu bangunan berbentuk tiga dimensi yang memiliki enam buah sisi dengan bentuk persegi panjang yang mana semua sisi persegi panjang pada balok ini saling tegak lurus. Bangunan berbentuk balok bisa dikatakan merupakan bangunan yang sering kita temui di kehidupan sehari-hari. Contoh bangunan dengan bentuk balok seperti lemari es, sabun mandi batangan, lemari pakaian, smartphone hingga televisi.
Rumus untuk volume bangunan balok yakni V = p x l x t. P adalah besaran panjang balok, L merupakan lebarnya dan T merupakan ukuran tinggi balok. Sementara untuk rumus luas permukaan balok adalah dengan menjumlahkan seluruh luas dari keenam sisinya, yakni Lp = 2 ( pl + pt + tl).

Kubus

Kubus merupakan bangunan tiga dimensi yang memiliki enam buah sisi dengan bentuk persegi. Karena dibentuk dari enam buah persegi, maka kubus memiliki ukuran sisi yang sama panjang dan juga sebangun. Bangunan kubus juga banyak ditemukan di kehidupan sehari-hari pada bangunan yang memiliki sisi sama panjang. Rumus dari volume kubus yakni V = s x s x s atau s3. S merupakan simbol untuk sisi kubus.

Limas Segi Empat

Limas merupakan bangunan tiga dimensi yang memiliki alas berbentuk segi empat dengan sisi yang tegak memiliki bentuk segitiga. Jumlah sisi pada limas segi empat yakni 5 buah sisi dengan satu sisi segiempat dan empat sisi segitiga. Jumlah rusuk pada limas segi empat yakni 8 buah rusuk dengan titik sudut sebanyak 5 buah. Rumus volume limas dengan alas berbentuk segi empat yakni V = 1/3 x luas alas x t.

Penutup

Masih ada berbagai jenis bangun ruang lainnya yang sering kita temukan di kehidupan sehari-hari seperti tabung, bola, dan juga kerucut.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Limit Tak Hingga

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read

Turunan Trigonometri

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read

Deret Geometri

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read