Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Bangun Datar

1 min read

bangun datar

Bangun datar di dalam pelajaran matematika disebut juga sebagai bangun geometri. Kali ini Jev Edukasi Online akan membahas materi lengkap tentang pengertian, contoh, rumus, jenis dan contoh soalnya. Berikut ini Pengertian dari bangun datar didalam mapel matematika.

Bangun Datar

jenis bangun datar

Sebelum belajar tentang jenis dan macam bangun datar, perlu Anda ketahui juga yaitu pengertian dan penjelasannya.

Pengertian Bangun Datar

Bangun datar adalah suatu bidang 2 dimensi yang tersusun dari titik dan garis yang saling terhubung satu sama lain. Selain itu juga pengertian bangun datar merupakan suatu bangun datar yang memiliki keliling dan luas saja.

Untuk menghasilkan sebuah bangun datar dibutuhkannya minimal 3 titik atau lebih yang tidak segaris. Ketika ketiga titik atau lebih tersebut yang tidak segaris saling berhubungan maka membentuk sebuah bangun datar.

Jenis, Rumus dan Contoh Bangun Datar

Setelah Anda memahami pengertian bangun datar, ternyata ada banyak jenisnya loh. Nah, berikut ini kami sajikan jenis bangun datar beserta rumus dan contohnya lengkap untuk Anda.

Segitiga

Pengertian dari segitiga adalah sebuah bangun datar yang terdiri dari tiga titik yang tidak segaris dan saling terhubung. Ciri dari segitiga adalah dia memiliki 3 buah sudut, 3 buah titik dan 3 buah sisi.

Selain itu segitiga juga memiliki sifat jika jumlah 2 jumlah sisi lebih panjang dari pada sisi ketiga. Sifat selanjutnya yaitu sisi terpanjang pada segitiga terletak pada sudut terbesarnya.

Perlu Anda ketahui juga jika ketiga sudut dalam segitiga jika ditambah hasilnya adalah 180 derajat. Selain itu juga besar sudut luar segitiga akan sama dengan kedua sudut dalam yang bukan pelurusnya jika ditambahkan.

Rumus Segitiga

Berikut ini rumus kelililing dan luas pada segitiga lengkap dengan keterangan dan cara menghitungnya.

 

Jenis Segitiga

Dalam jenis segitiga kita bagi menjadi 2 golongan yang berdasarkan besar sudutnya dan panjang sisinya. Contoh segitiga yang berdasarkan besar sudutnya yaitu segitiga lancip, tumpul dan siku-siku. Dan jenis segitiga yang berdasarkan panjang sisinya adalah segitiga sama kaki, sama sisi, dan sembarang.

Persegi

Jika segitiga terbentuk dari 3 titik maka persegi adalah sebuah bangun datar yang terbentuk dari 4 buah titik yang memiliki sisi sama panjang. Ciri utama dari persegi selain memiliki 4 buah titik dan sisi yang sama panjang juga memiliki 4 titik sudut yang sama yaitu 90 Derajat.

Terlepas dari ciri tersebut, persegi memiliki sifat yaitu mempunyai 4 simetri putar dan lipat. Sifat lain dari persegi juga memiliki 2 diagonal yang sama panjang dan sama besar.

Rumus Persegi

Berikut ini akan kami sajikan rumus yang ada dalam persegi yaitu mencari luas dan kelilingnya.

Persegi Panjang

Seperti namanya persegi panjang ini hampir sama dengan persegi namun yang membedakan yaitu bentuknya yang memanjang atau melebar. Selain itu juga persegi panjang juga dapat diartikan sebagai jajar genjang yang memiliki sudut siku siku.

Sifat dari persegi panjang yaitu mempunyai 2 simetri lipat, 2 simetri putar dan 2 diagonal yang sama panjang. Selain itu juga sifat dari persegi panjang yaitu sisi-sisi nya saling tegal lurus.

Rumus Persegi Panjang

Berikut ini rumus dari persegi panjang dari cara mencari luas hingga kelilingnya lengkap.

Penutup

Itulah tadi materi matematika tentang bangun datar lengkap dengan penjelasan masing masing jenisnya. Tiap jenis bangun datar juga dilengkapi dengan rumusnya segingga Anda bisa menjawab contoh latihan soal Anda. Anda juga bisa mempelajari materi tentang Bangun Ruang agar semakin menambah pengetahuan Anda.

Suci Zidni
Suci Zidni Seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas di Surabaya, berfokus pada bidang fisika dan matematika. Semoga Jevtonline dapat membantu seluruh siswa di Indonesia.

Limit Tak Hingga

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read

Turunan Trigonometri

Suci Zidni Suci Zidni
1 min read