Categories: Warisan

Aturan Wasiat Dan Warisan Dari Aturan Islam Dan Aturan Perdata

tempatpinjamuang-Wasiat merupakan pesan terakhir dari orang yang mau meninggal dunia, baik disampaikan secara ekspresi maupun secara tulisan. 

tempatpinjamuang-Pesan terakhir ini lazimnya tertulis di surat wasiat yang mana isinya berhubungan dengan pembagian harta warisan serta pesan-pesan terakhir yang ditujukan terhadap piawai waris atau orang-orang yang dikenal.

tempatpinjamuang-Wasiat tidak senantiasa terkait dengan harta kekayaan yang ditinggalkan. Ada juga wasiat yang berupa pusaka atau benda-benda peninggalan orang bau tanah yang diberikan secara turun-temurun. Wasiat yang diberikan biasanya berhubungan dengan pesan-pesan yang mesti dijalankan sebelum atau setelah pewaris meninggal dunia.

tempatpinjamuang-Dalam persepsi Hukum Islam, terdapat aturan-aturan yang berbeda-beda wacana wasiat, tergantung terhadap madzhab yang dianut. Sedangkan di mata aturan perdata, ada aturan khusus yang menertibkan wasiat, utamanya kaitannya dengan pembagian harta warisan. Aturan tersebut tercantum dalam KUH Perdata.

Produk asuransi jiwa yang menampilkan uang pertanggungan jiwa sanggup dijadikan warisan bagi keluarga yang ditinggalkan. Ini sanggup jadi salah satu opsi buat kamu!

Wasiat Menurut Hukum Islam

tempatpinjamuang-Menurut kacamata Islam, menampilkan sesuatu terhadap seseorang setelah meninggal dunia diperbolehkan, namun tidak diwajibkan. 

tempatpinjamuang-Akan tetapi, terdapat perbedaan rekomendasi wacana proteksi wasiat berupa harta terhadap bukan piawai waris. Sebagian ulama beropini bahwa wasiat berupa harta boleh diberikan terhadap orang lain atas seizin piawai waris. Sementara sebagian ulama lain tidak memperbolehkannya.

tempatpinjamuang-Dalam Islam, wasiat yang wajib dilaksanakan oleh piawai waris merupakan wasiat yang ditujukan menyanggupi hak-hak orang lain selama pewaris masih hidup, contohnya merupakan wasiat untuk melunasi utang. Wasiat seumpama ini akan diutamakan terlebih dulu sebelum merampungkan pembagian warisan.

tempatpinjamuang-Tidak semua wasiat sanggup dilaksanakan oleh piawai waris. Dalam Islam pun dikontrol bahwa wasiat tidak sanggup dilaksanakan jikalau berisi pesan untuk para piawai maksiat terlebih jikalau isinya berupa pesan untuk merugikan orang lain atau piawai waris. Aturan ini juga dikontrol dalam aturan perdata bahwa dihentikan menampilkan harta wasiat terhadap kawan zina pewaris.

tempatpinjamuang-Jika ada pesan pembagian harta dari surat wasiat yang sah, maka para ulama sepakat bahwa nilainya dihentikan melampaui dari sepertiga hartanya. Hal tersebut berniat melindungi para piawai waris yang ditinggalkan. 

Wasiat Menurut Hukum Perdata

tempatpinjamuang-Wasiat tidak mesti dijalankan jikalau surat dianggap wasiat tidak sah di mata aturan atau tak punya kekuatan aturan yang jelas. Sebaliknya, jikalau surat wasiat memiliki kekuatan aturan yang sah, maka wasiat tersebut mesti dijalankan dan ditaati oleh piawai waris yang ditinggalkan.

tempatpinjamuang-Namun demikian, bukan bermakna surat wasiat sanggup mengindahkan hak para piawai waris. Akan tetapi, wasiat tersebut tetap sanggup didahulukan sesuai dengan kehendak pewaris. 

tempatpinjamuang-Hak-hak yang menjadi bab piawai waris pun tidak sanggup digeser dengan surat wasiat yang sah menurut aturan perdata. Karena hal tersebut sudah dikontrol dalam Pasal 913 KUHPerdata dengan terang wacana bab mutlak para piawai waris yang tidak sanggup digeser oleh wasiat sekalipun. 

tempatpinjamuang-Terkait soal wasiat pembagian harta pun sudah dikontrol dalam Undang-undang perdata. Secara garis besar, isi wasiat dihentikan menampilkan harta di luar piawai waris dengan takaran melampaui bab piawai waris yang sah menurut Undang-undang.

tempatpinjamuang-Ahli waris yang sah dalam aturan perdata merupakan orang yang memiliki relasi darah dengan pewaris atau pasangan sah pewaris dikala masih hidup. Jika pewaris tak punya pasangan atau anak, maka ditarik garis keturunan ke atas, seumpama orang tua, kakek dan nenek pewaris.

tempatpinjamuang-Itulah beberapa hal yang sanggup pahami wacana wasiat. Pada prinsipnya terdapat persepsi yang sejalan antara Agama Islam dan Hukum Perdata di Indonesia wacana wasiat. Wasiat diperbolehkan selama tidak mengesampingkan hak-hak piawai waris.

Tertarik dengan postingan tentang budget dan lainnya? Temukan balasan para piawai di Tanya tempatpinjamuang.

Tags : ,

Tags: Warisan
rizved al

Recent Posts

3 trik aman baca Chat WA Tanpa Diketahui Oleh Pengirimnya

Sampai saat ini, aplikasi WhatsApp masih menjadi raja layanan berkirim pesan secara online. Hal ini tentu saja karena berbagai fitur…

4 minggu ago

Kepala BKPM Bahlil: Gak Ada Tukang Palak di Investasi RI! – TPMNews

Jakarta, tpmnews - RI terus aktif menggaet investor di sektor industri hilir pertambangan, khususnya untuk mengembangkan industri baterai kendaraan listrik…

4 minggu ago

Jreng! Australia Kini Punya Senjata Nuklir, RI Kasih Respons – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI buka suara mengenai pembentukan AUKUS. Ini adalah aliansi pertahanan baru antara Amerika…

4 minggu ago

Siap-siap! KKP Atur Penangkapan Terukur Mulai 1 Januari 2022 – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Pemerintah akan mengeluarkan aturan baru mengenai kuota penangkapan ikan. Nantinya ikan yang ditangkap akan diatur jumlahnya hingga…

4 minggu ago

Murah di Inggris, Brompton Ini Tembus Rp 40 Juta di RI – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Harga sepeda Brompton saat ini dibanderol mulai dari Rp 30 jutaan. Harga ini turun dari tahun lalu…

4 minggu ago

Strategi BKMS Kelola 5 Kluster Bisnis di KEK Gresik JIIPE – TPMNews

Jakarta, tpmnews- Direktur Utama PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), Bambang Setiono menyambut positif penetapan Kawasan Integrated Industrial Port Estate…

4 minggu ago