Categories: Warisan

Apa Yang Musti Diperhitungkan Dalam Perdagangan Rumah Warisan

Sengketa soal warisan sering menjadi tema sinetron di Indonesia. Percaya atau tidak, sengketa ini juga sering terjadi di kehidupan nyata. Sengketa ini di antaranya timbul dikala terjadi perdagangan rumah warisan.

 

Cekcok ini lazimnya terjadi karena pihak pedagang maupun pembeli sama-sama kurang mengetahui ihwal aturan perdagangan rumah warisan. Tapi tak tertutup kemungkinan penjualnya sengaja berbuat bandel demi memperoleh laba secara sepihak.

 

Agar tidak terpeleset di saat hendak perdagangan rumah warisan, semestinya kita selaku pembeli maupun pedagang mengetahui dahulu aturan transaksi tersebut. Simak kiat perdagangan rumah warisan di bawah ini:

 

1. Surat keterangan waris

Sebelum suatu rumah atau tanah warisan sanggup dijual-belikan, mesti ada Surat Keterangan Waris yang disaksikan pihak berwenang. Surat yang dipegang pihak pedagang ini berisi keterangan siapa pun andal waris seseorang yang sudah meninggal. [Baca: Perhatikan Kelengkapan Surat Saat Membeli Rumah Biar Tak Menyesal]

 

Menurut SK Depdagri Direktorat Pendaftaran Tanah No. DPT/12/63/12/69 juncto Pasal 111 ayat 1C butir 4 Peraturan Menteri Negara Agraria/Kepala Badan Pertanahan Nasional No. 3 Tahun 1997, pihak yang berwenang menjadi saksi pengerjaan Surat Keterangan Waris adalah:

  • Notaris, untuk penduduk Eropa dan warga negara Indonesia keturunan Tionghoa;
  • Lurah yang melihat serta membenarkan (mengesahkan) dan dikuatkan oleh camat setempat, untuk penduduk pribumi;
  • Balai Harta Peninggalan (BHP), untuk warga negara Indonesia keturunan Timur Asing (India atau Arab).
Surat keterangan waris diharapkan untuk memutuskan pedagang yaitu andal waris resmi rumah itu

 

2. Kumpulkan semua andal waris

Jika andal waris rumah tersebut lebih dari satu orang, seluruhnya mesti berkumpul untuk menandatangani Akta Jual Beli di kantor Pejabat Pembuat Akta Tanah. Hal ini untuk menyingkir dari hal-hal yang tidak dikehendaki kelak kalau transaksi perdagangan sudah selesai.

 

Misalnya saja salah satu andal waris tiba-tiba menuntut hak atas rumah tersebut. Padahal andal waris lain sudah memasarkan terhadap orang lain.

 

Kalau ada andal waris yang berhalangan hadir dikala penandatanganan Akta Jual Beli, ia sanggup diwakilkan dengan syarat ada surat kuasa darinya. Pemberian kuasa ini mesti dijalankan di hadapan notaris. Mungkin juga salah satu andal waris diberi kuasa oleh andal waris lain untuk menandatangani Akta Jual Beli.

 

Semua ahli waris sebisa mungkin dihadirkan biar tak terjadi sengketa di kemudian hari

 

3. Surat keterangan kematian

Sebelum berbelanja rumah warisan, kita mesti menanyakan surat keterangan ajal pewaris rumah tersebut. Hal ini untuk memutuskan bahwa yang memiliki rumah tersebut benar sudah meninggal.

 

Surat keterangan ajal yang resmi memperoleh tanda tangan dan cap dari kantor dinas kependudukan dan catatan sipil setempat.

 

4. Hindari perantara

Dalam transaksi perdagangan rumah warisan, tidak diusulkan penggunaan perantara. Semua proses mesti dijalankan sendiri oleh pihak pembeli dan penjual, kecuali ada surat kuasa.

 

Selain itu, untuk berjaga-jaga kalau kelak terjadi masalah, dokumentasikan setiap proses transaksi dengan foto atau video.

 

Surat keterangan ajal juga mesti ada selaku konfirmasi bahwa pemilik rumah itu benar sudah meninggal

 

5. Pengingkaran janji

Perjanjian perdagangan rumah selain lewat dokumen resmi kadang diselipi dengan kontrak secara lisan. Perjanjian seperti ini tetap sah di mata hukum, dan pelanggarnya sanggup diperkarakan.

 

Pasal 1320 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata mengendalikan bahwa suatu perjanjian sah apabila:

  • Sepakat mereka yang mengikatkan dirinya;
  • Kecakapan untuk menghasilkan suatu perikatan;
  • Suatu hal tertentu;
  • Suatu alasannya yaitu yang halal.

 

Di situ tidak ada keterangan bahwa perjanjian yang sah yaitu yang dijalankan secara tertulis. Karena itu, kalau ada yang mengingkari kontrak dalam transaksi perdagangan rumah, ia sanggup dilaporkan menjalankan penggelapan menurut Pasal 372 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

 

Jika dalam proses pengadilan ia terbukti menjalankan pelanggaran pidana, kita sanggup menuntutnya lagi dengan Pasal 1365 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Penuntutan ini berkhasiat untuk meminta ganti rugi atas hak kita yang sudah dilanggar oleh pihak tersebut.

 

Pelanggaran kontrak pembelian rumah warisan sanggup dipidanakan menurut KUHPerdata


Proses perdagangan rumah warisan sedikit lebih rumit dibandingkan dengan transaksi rumah non-warisan. Karena itu, kita tidak sanggup coba-coba di saat terlibat dalam transaksi ini. [Baca: Prosedur Beli Rumah Bekas dari Orang]

 

Dengan bersikap cermat kita sanggup lebih menjamin masa depan keuangan kita. [Baca: Beli Rumah Murah di Jakarta Masih Bisa Kok, Begini Caranya…]

 

 

 

Image credit:

  • http://image.slidesharecdn.com/suratketeranganwaris-130831063308-phpapp02/95/surat-keterangan-waris-1-638.jpg?cb=1377948807
  • https://lokerindramayu.files.wordpress.com/2012/05/surat-keterangan-ahli-waris.jpg
  • http://rancaekek.com/wp-content/uploads/05.-Surat-Keterangan-Kematian-644×1024.png
  • http://asriman.com/wp-content/uploads/2013/12/persetujuan-menjual-rumah-dan-tanah.jpg

Tags : ,

Tags: Warisan
rizved al

Recent Posts

3 trik aman baca Chat WA Tanpa Diketahui Oleh Pengirimnya

Sampai saat ini, aplikasi WhatsApp masih menjadi raja layanan berkirim pesan secara online. Hal ini tentu saja karena berbagai fitur…

4 minggu ago

Kepala BKPM Bahlil: Gak Ada Tukang Palak di Investasi RI! – TPMNews

Jakarta, tpmnews - RI terus aktif menggaet investor di sektor industri hilir pertambangan, khususnya untuk mengembangkan industri baterai kendaraan listrik…

4 minggu ago

Jreng! Australia Kini Punya Senjata Nuklir, RI Kasih Respons – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI buka suara mengenai pembentukan AUKUS. Ini adalah aliansi pertahanan baru antara Amerika…

4 minggu ago

Siap-siap! KKP Atur Penangkapan Terukur Mulai 1 Januari 2022 – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Pemerintah akan mengeluarkan aturan baru mengenai kuota penangkapan ikan. Nantinya ikan yang ditangkap akan diatur jumlahnya hingga…

4 minggu ago

Murah di Inggris, Brompton Ini Tembus Rp 40 Juta di RI – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Harga sepeda Brompton saat ini dibanderol mulai dari Rp 30 jutaan. Harga ini turun dari tahun lalu…

4 minggu ago

Strategi BKMS Kelola 5 Kluster Bisnis di KEK Gresik JIIPE – TPMNews

Jakarta, tpmnews- Direktur Utama PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), Bambang Setiono menyambut positif penetapan Kawasan Integrated Industrial Port Estate…

4 minggu ago