Categories: Perilaku Kerja

9 Hal Yang Seharusnya Anda Lakukan Dikala Mengundurkan Diri

Anda telah bulat tekad mengundurkan diri dari pekerjaan kini alasannya pindah ke perusahaan lain atau alasan tertentu. Kebulatan tekad ini sudah Anda wujudkan dalam membuat dan mengirimkan surat penguduran diri Anda terhadap atasan atau pihak personalia.

Sekarang apa yang mesti Anda kerjakan?

Jika Anda belum tahu alasannya mungkin ini ialah pengunduran diri kali pertama Anda, tidak duduk perkara.

Berikut 9 hal yang sebaiknya Anda kerjakan sehingga pengunduran diri itu memperlihatkan kesan baik bagi sisi profesional dan personal Anda.

1. Mengembalikan kemudahan perusahaan

Jika Anda seorang staf atau senior staf, Anda lazimnya menerima saranaperusahaan yang mungkin berbentuklaptop, kendaraan, rumah, atau telepon genggam. Fasilitas tersebut mesti dikembalikan sewaktu Anda mengundurkan diri.

Untuk mengembalikannya, Anda bisa berkoordinasi dengan pihak personalia atau pihak terkait.

Sebagai contoh, Anda berkoordinasi dengan departemen teknologi info untuk mengembalikan laptop atau telepon genggam.

Untuk mengembalikan rumah perusahaan, Anda berkoordinasi dengan departemen fasilitas umum. Sementara itu, Anda berkoordinasi dengan departemen vehicle untuk mengembalikan mobil perusahaan.

Dengan siapa pun Anda berkoordinasi, tentukan Anda mendapatkan bukti pengembalian fasilitas dengan pihak-pihak tersebut.

Mengapa? Karena bukti pengembalian tersebut merupakan alat yang sah bahwa Anda sudah mengembalikan akomodasi perusahaan. Jadi, jangan sepelekan bukti pengembalian fasilitas perusahaan.

2. Membayar duit santunan

Pada perusahaan tertentu, perusahaan memberikan pertolongan lunak bagi karyawannya. Jika Anda meminjam duit perusahaan, bayar utang tersebut sebelum Anda keluar.

Umumnya Anda berkoordinasi dengan departemen akunting untuk membayar perlindungan tersebut.

Sebagai teladan, saya meminjam duit perusahaan untuk membangun rumah sebesar Rp 220 juta. Saat saya mengundurkan diri pada Oktober 2011 kemudian, saya mengeluarkan duit sisa pertolongan sebesar Rp 98 juta.

Saya mentransfer duit tersebut ke nomor rekening yang diberikan pihak akunting lewat sebuah bank pemerintah.

Bukti transfer tersebut saya serahkan terhadap pihak akunting. Kemudian, pihak akunting memverifikasi pembayaran saya, dan mengeluarkan bukti bahwa saya telah melunasi duit bantuan dari perusahaan.

3. Meminta surat rekomendasi

Hal lain yang semestinya Anda kerjakan yakni meminta surat proposal bahwa Anda pernah melaksanakan pekerjaan di perusahaan tersebut.

Biasanya, atasan pribadi Anda atau manajer personalia yang mau menampilkan surat anjuran tersebut.

Meskipun sepele, jangan remehkan surat pertimbangan tersebut. Hal ini sebab surat ajuan berguna bagi Anda untuk mendapatkan pekerjaan di kemudian hari.

4. Mengirim email perpisahan pada kolega

Pada ketika melaksanakan pekerjaan di perusahaan tersebut, Anda tentu mempunyai teman sepekerjaan (kolega). Buat pesan perpisahan terhadap mereka melalui email atau perangkat lain.

Sampaikan rasa terima kasih Anda dan informasikan juga nomor telepon atau email Anda seandainya mereka ingin menghubungi Anda di kemudian hari.

Jika Anda mengantarkan email perpisahan, ada beberapa keuntungan yang Anda peroleh, yaitu:

  • Menjaga silaturahmi dengan para kolega
  • Mempertahankan pertemanan
  • Memberikan kesan Anda tidak melupakan sobat

5. Mengikuti jadwal perpisahan

Jika Anda sudah melakukan pekerjaan usang di perusahaan tersebut, pihak perusahaan akan mengadakan acara perpisahan (farewell).

Ikuti program perpisahan tersebut sehingga Anda bisa menyampaikan ucapan terima kasih dan mendapatkan ucapan selamat melakukan pekerjaan di perusahaan lain dari atasan dan sahabat-sobat Anda.

Umumnya, jadwal perpisahan ini dijalankan di tempat kalem, misalnya kafetaria atau rumah makan.

Oleh alasannya itu, ajak isteri dan belum dewasa Anda sehingga Anda sekeluarga bisa beramah tamah dengan teman dekat-sobat lama Anda.

6. Membantu dalam kurun transisi

Hal lain yang dihentikan Anda lupakan dikala mengundurkan diri ialah membantu masa transisi kepergian Anda dari perusahaan tersebut.

Sebagai pola, Anda menyerahkan dokumen penting atau melatih karyawan yang ditunjuk atasan untuk mampu menjalankan peran dan tanggung jawab posisi Anda.

Bantuan Anda dalam masa transisi ini setidaknya tidak akan mengganggu kinerja unit kerja yang Anda tinggalkan sebelum perusahaan mendapatkan pengganti Anda.

Selain itu, Anda juga berkomitmen menjaga relasi baik dengan perusahaan dalam hal kinerja Anda.

7. Mengemas barang-barang penting Anda

Pindah perusahaan bisa jadi merepotkan terkait barang-barang yang harus Anda bawa, terlebih jikalau Anda sudah berkeluarga.

Supaya tidak repot, kemas barang-barang penting saja, sedangkan jual atau berikan barang-barang yang tidak penting kepada kawan dekat yang memerlukan.

Sebagai pola, sobat saya yang mengundurkan diri menjual barang-barang yang tidak dibawanya mirip kulkas, televisi, rice cooker, dan sebagainya.

Barang-barang tersebut ia jual dengan harga miring sehingga laku keras dibeli sahabat-sahabat aku.

8. Mengurus kepindahan sekolah anak Anda

Jika Anda mempunyai anak yang sedang bersekolah di lokasi perusahaan, urus kepindahan anak Anda secepatnya.

Anda mampu melakukannya sendiri atau meminta isteri Anda untuk mengurusnya seandainya Anda sibuk di kantor.

Umumnya yang diurus yakni surat kepindahan dan dokumen penting terkait pendidikan anak Anda.

Selain itu, jikalau memungkinkan, kerjakan juga perpisahan anak Anda dengan sobat-temannya sehingga terkesan anak Anda tidak melewatkan sobat-kawan dekat sekolahnya.

9. Mendelegasikan atau menjual perjuangan sampingan Anda

Jika Anda mempunyai usaha sampingan (lihat 17 inspirasi bisnis sampingan untuk karyawan), delegasikan atau percayakan usaha tersebut pada orang yang Anda percayai.

Ia bisa saja karyawan usaha Anda yang telah lama melaksanakan pekerjaan , jujur, dan sanggup menerima amanah.

Jika pendelagsian perjuangan tersebut membuat Anda repot, ada alternatif yakni menjualnya terhadap rekan kerja atau pengusaha di seputar daerah tinggal Anda.

Sebagai pola, jikalau laba bersih usaha tersebut Rp 5 juta sebulan, Anda bisa menjualnya dengan harga Rp 100 juta (20 kali laba higienis bulanan). Meskipun demikian, buatlah harga jual yang sekiranya tidak merugikan Anda.

Penutup

Mengundurkan diri dari perusahaan harus dilaksanakan secara mulus agar kesan Anda baik dan kinerja perusahaan tidak terganggu.

Cobalah beberapa hal di atas dikala Anda mengundurkan diri. Jangan ragu untuk melakukan hal-hal lain yang sekiranya akan memperbesar baik pengunduran diri Anda.

rizved al

Recent Posts

3 trik aman baca Chat WA Tanpa Diketahui Oleh Pengirimnya

Sampai saat ini, aplikasi WhatsApp masih menjadi raja layanan berkirim pesan secara online. Hal ini tentu saja karena berbagai fitur…

4 minggu ago

Kepala BKPM Bahlil: Gak Ada Tukang Palak di Investasi RI! – TPMNews

Jakarta, tpmnews - RI terus aktif menggaet investor di sektor industri hilir pertambangan, khususnya untuk mengembangkan industri baterai kendaraan listrik…

4 minggu ago

Jreng! Australia Kini Punya Senjata Nuklir, RI Kasih Respons – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI buka suara mengenai pembentukan AUKUS. Ini adalah aliansi pertahanan baru antara Amerika…

4 minggu ago

Siap-siap! KKP Atur Penangkapan Terukur Mulai 1 Januari 2022 – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Pemerintah akan mengeluarkan aturan baru mengenai kuota penangkapan ikan. Nantinya ikan yang ditangkap akan diatur jumlahnya hingga…

4 minggu ago

Murah di Inggris, Brompton Ini Tembus Rp 40 Juta di RI – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Harga sepeda Brompton saat ini dibanderol mulai dari Rp 30 jutaan. Harga ini turun dari tahun lalu…

4 minggu ago

Strategi BKMS Kelola 5 Kluster Bisnis di KEK Gresik JIIPE – TPMNews

Jakarta, tpmnews- Direktur Utama PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), Bambang Setiono menyambut positif penetapan Kawasan Integrated Industrial Port Estate…

4 minggu ago