Categories: Produktivitas

9 Bahaya Duduk Terlalu Lama Di Kawasan Kerja

Terkadang duduk terlalu lama tidak mampu dikesampingkan, apalagi kalau berurusan dengan problem pekerjaan dan segala hal yang mesti dituntaskan di kantor. Misalnya saja, Anda mesti menciptakan laporan atau rapat berjam-jam dengan klien Anda.

Namun, tahukah Anda bahwa duduk terlalu lama ternyata bisa mengakibatkan sejumlah bahaya yang menurunkan tingkat kesehatan dan kebugaran Anda?

Berikut 9 ancaman duduk terlalu lama di kawasan kerja yang perlu Anda pahami dan waspadai.

1. Bahaya Terhadap Jantung dan Pankreas

Saat Anda duduk terlalu usang, pedoman dalam pembuluh darah melambat, sehingga makin sedikit lemak tubuh yang terbakar. Jika hal ini terjadi, maka asam lemak mampu dengan gampang menyumbat jantung.

Sebuah observasi yang sudah diterbitkan pada Journal of The American College of Cardiology memaparkan hasil observasi dengan objek wanita yang duduk rata-rata hingga 10 jam per hari mampu memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih tinggi ketimbang yang cuma duduk 5 jam atau kurang.

Di lain sisi, kemampuan tubuh untuk menyikapi insulin dipengaruhi oleh lamanya Anda duduk di saat melaksanakan pekerjaan . Semakin usang Anda duduk, akan menyebabkan pankreas memproduksi insulin dalam jumlah berlebih, yang kemudian mampu menimbulkan penyakit diabetes.

Sebuah pengamatan yang dipublikasikan pada Diabetologia menerangkan bahwa orang yang duduk lebih lama mempunyai risiko terkena diabetes dan penyakit jantung dua kali lebih besar dibandingkan yang tidak membiarkan dirinya duduk terlalu lama.

Duduk lebih dari 8 jam juga diasosiasikan dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2 sebanyak 90%.

2. Peningkatan Risiko Kanker

Bahaya duduk terlalu lama ternyata juga mampu menyebarkan risiko seseorang terkena kanker kolon, kanker payudara, dan kanker endometrium (dinding rahim).

Mekanisme peningkatan risiko kanker jenis tersebut belum dikenali secara pasti, namun disangka akhir berlebihnya buatan insulin yang mengiklankan kemajuan sel sehingga ada sejumlah sel yang berkembang tidak terkendali dan menjadi tumor.

Saat tubuh bergerak aktif, antioksidan mampu melakukan pekerjaan dengan baik untuk menghilangkan risiko kanker alasannya adanya peran radikal bebas. Kebalikannya, dikala duduk terlalu lama disangka antioksidan tidak bekerja optimal sehingga radikal bebas lebih banyak terkandung dalam badan.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine, duduk terlalu usang dapat menimbulkan risiko kanker paru-paru berkembangsebanyak 54%, kanker kolon sebanyak 30% dan kanker dinding rahim sebanyak 66%.

Alasan yang lain yang memunculkan hal ini bisa dikaitkan dengan penambahan berat tubuh karena kurang bergerak, disfungsi metabolik, disfungsi leptin, dan perubahan hormon yang mampu menjadikan kanker.

3. Memperlambat Pencernaan Makanan

Jika Anda termasuk orang yang eksklusif kembali duduk di belakang meja kerja sesudah makan siang, maka semestinya Anda berhati-hati. Duduk terlalu lama terlebih dikerjakan sehabis makan, memunculkan isi perut tertekan, sehingga memperlambat proses pencernaan masakan.

Pencernaan yang lambat kemudian mampu membuat perut kram, kembung, konstipasi, serta ketidakseimbangan mikroba baik yang menolong pencernaan masakan.

4. Postur Tubuh Memburuk

Saat duduk terlalu lama di kantor, leher dan bahu menegang, dikarenakan Anda terlalu lama menahan leher di posisi menghadap ke komputer atau menjalankan hal yang lain.

Hal ini mampu menjadikan tulang belakang juga ikut menegang dengan ketidakseimbangan permanen yang kemudian pada karenanya menyebabkan leher, pundak, dan punggung pegal-pegal.

Bahaya duduk terlalu lama juga menyebabkan tekanan pada tulang belakang lebih besar dibandingkan dengan dikala berdiri. Sekitar 40% orang  yang mengalami duduk perkara pada punggung dan sering mengeluh sakit punggung merupakan mereka yang duduk sungguh usang menghadap komputer di kawasan kerja sehari-harinya.

Otot-otot di kepingan punggung sebaiknya tidak statis, bergerak untuk berekspansi dan berkontraksi yang menyebabkannya dapat menyerap darah serta nutrisi. Duduk terlalu lama menjadikan hilangnya kelonggaran otot.

Menurut data dari American Chiropatic Association (ACA), sebanyak 31 juta orang Amerika mengalami sakit punggung yang kebanyakan alasannya alasan duduk terlalu lama di saat melakukan pekerjaan .

5. Terjadi Degenerasi Otot

Berdiri, berlangsung, dan menggerakkan ubuh mampu mengencangkan otot, utamanya otot perut. Kebalikannya, saat duduk maka otot-otot mengendur dan mampu menyebabkan pelemahan otot.

Bagian pinggang juga mampu mengalami ganjalan ketika duduk terlalu lama, dikarenakan otot-otot di bagian pinggang menjadi kaku dan bergerak sungguh terbatas serta jarang berelaksasi. Keluhan pada bab pinggang juga bisa menurunkan mobilitas otot pinggang yang menjadikan seseorang terjatuh secara datang-datang sewaktu berjalan.

6. Kaki yang Kurang Sehat

Bahaya duduk terlalu usang juga diderita oleh organ tubuh kaki. Saat duduk terlalu usang, sirkulasi anutan darah di kaki sungguh buruk, yang bisa menjadikan pembengkakan pergelangan kaki, varises, serta penggumpalan darah yang dikenal dengan DVT (deep vein thrombosis).

Jika kaki banyak digerakkan sesederhana banyak berjalan, atau berolahraga dengan berlari, tulang pada kaki menjadi lebih padat, sehingga menjadikannya lebih kuat. Kebalikannya, dikala kaki lama tidak digerakkan mampu menyebabkan tulang merapuh bahkan meningkatkan risiko osteoporosis.

Duduk terlalu lama juga mampu menimbulkan kaki mati rasa, atau dalam dunia medis dikenal dengan istilah neuropati, yaitu gangguan syaraf pada kaki sehingga fungsinya menyusut.

7. Kadar Kolesterol Meningkat

Sebuah penelitian di Australia meneliti seberapa besar imbas lamanya duduk terhadap peningkatan kolesterol. Hasilnya, studi tersebut menawarkan bahwa untuk setiap konversi 2 jam posisi duduk menjadi berdiri, partisipan penelitian mempunyai kadar trigliserida (lemak) total menyusut sampai 11%.

Mengganti waktu duduk dengan berlangsung bahkan mempunyai hasil yang lebih signifikan. Setiap dua jam partisipan berjalan dibandingkan dengan duduk diam, kadar trigliserida menyusut hingga mencapai 14%.

Hal ini berpengaruh pada indeks massa tubuh yang lebih baik dan juga lingkar tubuh yang berkurang. Terbukti bahwa bahaya duduk terlalu usang mampu pula menjadikan peningkatan kolesterol.

8. Menyebabkan Obesitas

Oleh lantaran kadar trigliserida di dalam tubuh tidak banyak terkonversi menjadi energi dan malahan menyebarkan kadar kolesterol, duduk terlalu lama dapat memiliki pengaruh obesitas atau kelebihan berat tubuh.

Dalam beberapa observasi disebutkan bahwa orang yang mengalami obesitas memang duduk lebih lama sekitar 2,5 jam dibandingkan orang yang berat badannya normal.

9. Menurunnya Kemampuan Otak

Seseorang yang terlalu usang duduk di belakang meja kerja, menuntaskan aneka macam macam dilema di kantor, mengatur agenda, serta melakukan acara yang sangat memerlukan pemikiran kritis bisa mengalami penurunan kesanggupan otak.

Otak menjadi terlalu lelah serta ‘berkabut’ alasannya duduk terlalu lama di kawasan kerja. Hal ini dikarenakan tidak adanya asupan darah dan oksigen segar ke dalam otak, yang cuma mampu ditemukan seseorang sewaktu menggerakkan otot.

Bergerak juga bisa mengeluarkan hormon yang menghalangi stres, dan juga mengembangkan mood. Saat badan terlalu lama berdiam di satu tempat tanpa pergerakan, otak justru akan bekerja melambat.

Itulah 9 ancaman duduk terlalu lama yang tentu saja tidak ingin Anda alami. Jika memang Anda tidak dapat menyingkir dari duduk terlalu lama sewaktu melakukan pekerjaan , cobalah untuk menjadwalkan pergerakan tubuh setiap setengah jam sekali mirip pergi ke toilet, berjalan di sekitar kantor dan berinteraksi dengan rekan kerja, atau melaksanakan beberapa latihan otot yang dapat dijalankan sambil duduk.

rizved al

Recent Posts

3 trik aman baca Chat WA Tanpa Diketahui Oleh Pengirimnya

Sampai saat ini, aplikasi WhatsApp masih menjadi raja layanan berkirim pesan secara online. Hal ini tentu saja karena berbagai fitur…

4 minggu ago

Kepala BKPM Bahlil: Gak Ada Tukang Palak di Investasi RI! – TPMNews

Jakarta, tpmnews - RI terus aktif menggaet investor di sektor industri hilir pertambangan, khususnya untuk mengembangkan industri baterai kendaraan listrik…

4 minggu ago

Jreng! Australia Kini Punya Senjata Nuklir, RI Kasih Respons – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI buka suara mengenai pembentukan AUKUS. Ini adalah aliansi pertahanan baru antara Amerika…

4 minggu ago

Siap-siap! KKP Atur Penangkapan Terukur Mulai 1 Januari 2022 – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Pemerintah akan mengeluarkan aturan baru mengenai kuota penangkapan ikan. Nantinya ikan yang ditangkap akan diatur jumlahnya hingga…

4 minggu ago

Murah di Inggris, Brompton Ini Tembus Rp 40 Juta di RI – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Harga sepeda Brompton saat ini dibanderol mulai dari Rp 30 jutaan. Harga ini turun dari tahun lalu…

4 minggu ago

Strategi BKMS Kelola 5 Kluster Bisnis di KEK Gresik JIIPE – TPMNews

Jakarta, tpmnews- Direktur Utama PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), Bambang Setiono menyambut positif penetapan Kawasan Integrated Industrial Port Estate…

4 minggu ago