Categories: Perilaku Kerja

7 Tips Memajukan Loyalitas Karyawan

Bagi perusahaan besar yang menargetkan profit dalam jangka panjang, karyawan ialah aset. Akan namun, karyawan tidak selalu loyal (setia) kepada perusahaannya.

Bisa saja mereka mengundurkan diri dengan argumentasi tertentu. Bagaimana biar mereka loyal sehingga kinerja perusahaan tidak terganggu?

Jika Anda pemilik atau manajemen perusahaan, tujuh tips berikut mampu membantu mengembangkan loyalitas karyawan Anda.

1. Memberikan hak-hak karyawan dengan baik

Karyawan direkrut untuk melakukan pekerjaan . Akan tetapi, kewajiban tersebut mesti sepadan dengan hak-hak mereka. Hak-hak tersebut antara lain:

  • Gaji
  • Tunjangan kesehatan
  • Pelatihan
  • Fasilitas kerja
  • Kesejahteraan keluarga
  • Jaminan sosial tenaga kerja
  • Keamanan
  • Tunjangan hari raya

Hak-hak di atas tentunya mesti diberikan secara profesional biar karyawan Anda tidak pindah kerja.

Jika hak-haknya sudah diberikan, karyawan akan konsentrasi terhadap kewajibannya saja tanpa direpotkan menimbang-nimbang hal-hal lain yang mengganggu.

Dengan kata lain, mereka hening melaksanakan pekerjaan untuk memberikan pertolongan terbaik bagi perkembangan perusahaan.

Bagaimana jikalau hak-hak karyawan tidak diberikan secara baik?

Anda jangan mengharapkan kinerja mereka akan baik alasannya adalah mereka akan terdemotivasi atau menuntut hak-haknya.

Bukan mustahil, mereka akan mengadukan Anda dan perusahaan Anda ke pihak berwenang.

2. Menerapkan penilaian kinerja yang efektif

Cara lain untuk membuatkan loyalitas karyawan yakni menerapkan evaluasi kinerja yang efektif. Penilaian seperti ini dijalankan secara fair dan objektif.

Fair berarti Anda menganggap berdasarkan persyaratan yang sudah disepakati, sedangkan objektif memiliki arti menilai menurut pencapaian kinerja, bukan berdasarkan suka atau tidak senang.

Jika kinerja mereka dinilai secara efektif, karyawan akan senang karena perjuangan mereka dihargai dengan baik. Dengan demikian, mereka lazimnya betah melakukan pekerjaan di perusahaan tersebut.

3. Menerapkan jenjang karier yang jelas

Selain hak karyawan dan penilaian kinerja yang efektif, menerapkan jenjang karier yang terperinci mampu juga meningkatkan kesetiaan karyawan pada perusahaannya.

Jenjang karier yang terperinci ini akan mengembangkan motivasi karyawan untuk melakukan pekerjaan dengan baik sehingga ia mampu meraih puncak kariernya.

Kejelasan jenjang karier biasanya berkaitan dengan:

  • Waktu kerja
  • Kompetensi suatu posisi
  • Kinerja karyawan
  • Perilaku karyawan

Sebagi teladan, seorang ingusan engineer bisa dipromosikan menjadi engineer sehabis tiga tahun melakukan pekerjaan sepanjang kinerja, sikap, dan kompetensinya memenuhi tolok ukur posisi engineer.

4. Mempromosikan karyawan

Mempromosikan karyawan merupakan cara lain dalam meningkatkan kesetiaan karyawan pada perusahaan.

Cara ini lazimnya dilaksanakan terhadap karyawan spesial yang sangat dikehendaki perusahaan.

Dengan kata lain, perusahaan takut kehilangan karyawan tersebut karena jikalau yang bersangkutan keluar akan mengganggu kinerja perusahaan.

Promosi ini diharapkan menciptakan karyawan bersangkutan merasa tertantang dengan jabatan barunya sehingga mengeluarkan kemampuan terbaiknya, tanpa menimbang-nimbang untuk pindah ke perusahaan lain.

Selain itu, penawaran spesial ini menunjukkan aksesori finansial bagi karyawan bersangkutan.

5. Membebaskan kreativitas

Membebaskan kreativitas karyawan dalam melakukan pekerjaan merupakan tips lain yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesetiaan karyawan.

Yang dimaksud kreativitas ini adalah hal-hal baik di luar patokan kerja yang sudah ditetapkan.

Sebagai teladan, seorang engineer mengusulkan cara alternatif yang mampu melipatgandakan bikinan tanpa peningkatan biaya.

Atau, seorang staf marketing yang merekomendasikan cara unik yang berpotensi meningkatkan pemasaran sebesar 50% dalam 3 bulan.

Usulan-ajuan inovatif dari karyawan hendaknya Anda maknai selaku kreativitas mereka, tanpa mesti memangkasnya alasannya di luar patokan kerja yang diterapkan.

Bagi si karyawan, pembebasan kreativitas ini akan memacu mereka melaksanakan pekerjaan lebih baik alasannya tidak merasa bosan dalam kegiatan rutin yang monoton.

6. Memberikan pertolongan lunak

Memberikan pemberian lunak mampu juga dijadikan selaku cara untuk mengembangkan loyalitas karyawan. Mengapa?

Selain dibantu dari segi finansial, si karyawan bersangkutan harus melunasi tunjangan tersebut seandainya dia mengundurkan diri dari perusahaan.

Pinjaman lunak ini bisa berupa:

  • Pinjaman sebesar 24-36 gaji karyawan (tanpa bunga dan dicicil maksimal 10% dari gaji karyawan)
  • Pinjaman duit paras pembelian kendaraan beroda empat atau biaya pengerjaan rumah

7. Memberikan bonus

Cara terakhir untuk memajukan loyalitas karyawan yakni menyampaikan bonus. Ini bisa berbentukbonus kinerja (performance bonus), bonus tamat tahun (year-end bonus), atau bonus pembagian keuntungan (profit-sharing bonus).

Pemberian bonus ini menunjukkan bahwa perusahaan Anda profesional lantaran menunjukkan hal lain di luar hak karyawan. Oleh karena itu, diperlukan karyawan akan betah melakukan pekerjaan sehingga loyal terhadap perusahaan.

Penutup

Loyalitas karyawan tidak bisa ditentukan dengan tolok ukur tertentu. Meskipun demikian, tidak ada salahnya Anda menerapkan satu atau beberapa tips di atas dalam memajukan loyalitas karyawan Anda. (Sumber gambar: brandon king)

rizved al

Recent Posts

3 trik aman baca Chat WA Tanpa Diketahui Oleh Pengirimnya

Sampai saat ini, aplikasi WhatsApp masih menjadi raja layanan berkirim pesan secara online. Hal ini tentu saja karena berbagai fitur…

4 minggu ago

Kepala BKPM Bahlil: Gak Ada Tukang Palak di Investasi RI! – TPMNews

Jakarta, tpmnews - RI terus aktif menggaet investor di sektor industri hilir pertambangan, khususnya untuk mengembangkan industri baterai kendaraan listrik…

4 minggu ago

Jreng! Australia Kini Punya Senjata Nuklir, RI Kasih Respons – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI buka suara mengenai pembentukan AUKUS. Ini adalah aliansi pertahanan baru antara Amerika…

4 minggu ago

Siap-siap! KKP Atur Penangkapan Terukur Mulai 1 Januari 2022 – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Pemerintah akan mengeluarkan aturan baru mengenai kuota penangkapan ikan. Nantinya ikan yang ditangkap akan diatur jumlahnya hingga…

4 minggu ago

Murah di Inggris, Brompton Ini Tembus Rp 40 Juta di RI – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Harga sepeda Brompton saat ini dibanderol mulai dari Rp 30 jutaan. Harga ini turun dari tahun lalu…

4 minggu ago

Strategi BKMS Kelola 5 Kluster Bisnis di KEK Gresik JIIPE – TPMNews

Jakarta, tpmnews- Direktur Utama PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), Bambang Setiono menyambut positif penetapan Kawasan Integrated Industrial Port Estate…

4 minggu ago