Categories: Produktivitas

7 Tips Berhasil Menghadapi Orientasi Karyawan Baru

Sebagai karyawan gres di perusahaan idaman, tentu Anda mesti menyiapkan diri. Setiap perusahaan lazimnya mempunyai suatu acara perkenalan untuk karyawan baru yang disebut orientasi karyawan.

Dalam kurun orientasi tersebut, Anda akan bertemu dengan orang-orang baru, lingkungan kerja gres, atau suasana yang mungkin belum pernah Anda alami sama sekali sebelumnya.

Jika tidak menyiapkan diri, Anda akan merasa aneh dan pada risikonya memilih untuk mundur, padahal itu yaitu perusahaan harapan Anda.

Atau pihak perusahaan merasa Anda bukan karyawan yang pas lantaran sikap yang tidak cocok dengan value perusahaan.

Nah, mudah-mudahan Anda berhasil menghadapi orientasi karyawan gres, berikut 7 kiat yang layak Anda kerjakan.

1. Tunjukkan bahwa Anda karyawan yang menghargai waktu

Datang ke tempat kerja lebih permulaan yakni hal wajib yang harus Anda kerjakan pada kurun orientasi karyawan baru.

Akan lebih baik bila Anda tiba 30 menit sebelumnya sehingga Anda memiliki waktu luang untuk memperhatikan lingkungan kerja.

Selain itu, Anda mempunyai cukup waktu untuk berinteraksi dengan karyawan yang lain, sekedar bertegur sapa, mengajukan pertanyaan ihwal pengalaman mereka melaksanakan pekerjaan di sana dan hal-hal lain seputar perusahaan.

Buat hari pertama kerja Anda mengasyikkan dengan tiba lebih permulaan, sehingga banyak hal yang bisa Anda jalankan untuk lebih mengenal lingkungan kerja baru.

Datang lebih awal juga akan menciptakan Anda lebih menghargai waktu. Jika Anda sudah sudah biasa tiba lebih permulaan pada kurun orientasi karyawan, Anda akan sudah biasa melakukannya.

Hal ini pasti akan mempunyai imbas positif pada evaluasi atasan kepada kinerja Anda.

2. Motivasi kerja yang tinggi tampakdari ekspresi paras

Sebelum Anda ke tempat kerja, amati ekspresi tampang Anda di cermin.

Pilih mulut paras yang tepat untuk berjumpa orang-orang gres, mirip senyum, raut tampang dan sikap tubuh saat akan berkenalan dengan karyawan atau staf yang lain.

Anda harus menyadari bahwa kesan pertama tampak dari penampilan dan ekspresi tampang. Orang-orang yang gres kali pertama menyaksikan Anda tidak pribadi mengenal sifat atau kepribadian Anda.

Mereka melihat dari performa dan lisan muka Anda.

Tentu setiap orang senang bekerja dengan karyawan yang mempunyai motivasiyang tinggi. Nah, motivasi Anda terlihat dari ekspresi paras yang bergairah.

Tapi Anda mesti betul-betul merasakan antusiasme tersebut sehingga orang-orang di sekitar akan mencicipi bahwa Anda karyawan dengan motivasi kerja yang tinggi.

3. Bersikap profesional itu wajib

Bersikap profesional menjadi sebuah kewajiban selaku seorang karyawan, baik yang masih gres maupun yang sudah puluhan tahun bekerja.

Sebagai karyawan gres, Anda semestinya memberi lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri dan hal-hal yang dibutuhkan nanti.

Jika dalam orientasi Anda akan berkeliling atau menyimak paparan perihal perusahaan, Anda harus merencanakan diri dengan alat tulis atau alat rekam.

Bersikap sopan, tidak memangkas obrolan dan menjadi penyimak yang bagus saat seseorang memberi penjelasan memperlihatkan bahwa Anda yaitu seseorang yang menghargai orang lain.

Di samping itu, Anda mesti menyelesaikan segala peran yang diberikan dan mengumpulkannya sesuai tenggat waktunya.

4. Cari tahu latar belakang perusahaan

Jika dalam periode orientasi Anda akan mendapat paparan perihal latar belakang perusahaan, ada baiknya Anda browsing terlebih dulu.

Saat HRD atau manager lain menerangkan ihwal perusahaan, Anda sudah mempunyai gambaran wacana perusahaan tersebut. Hal ini akan menolong Anda memahami tempat kerja Anda dengan lebih baik lagi.

Jika Anda mengenal karyawan yang sudah melakukan pekerjaan di sana, bertamulah ke rumahnya. Mengobrol dengan orang-orang yang sudah terlatih akan memberi Anda citra wacana kawasan kerja Anda nantinya.

Namun, Anda mesti berhati-hati karena kalau menentukan karyawan yang salah, Anda akan mendengarkan gosip atau kabar yang kurang baik ihwal perusahaan. Jangan hingga Anda terpengaruh dengan hal-hal negatif tersebut.

Mencari tahu latar belakang perusahaan lebih permulaan juga memberikan bahwa Anda serius ingin mengenal perusahaan.

Tentu saja hal ini menjadi kabar besar hati bagi pemilik atau pengelola perusahaan alasannya yaitu Anda peduli dan mempunyai persiapan yang masak.

5. Makara ringan tangan tapi tetap tahu prioritas

Jika Anda menyaksikan karyawan yang membutuhkan santunan, segera bantu. Sebagai karyawan gres, ada dua kemungkinan yang Anda alami.

Pertama, Anda mendapatkan rentetan pekerjaaan yang mesti tertuntaskan pada masa orientasi karyawan gres. Kedua, Anda akan lebih banyak nganggur karena perusahaan belum memberi Anda tugas atau deskripsi pekerjaan Anda.

Kondisi apa pun yang akan Anda alami, Anda harus ringan tangan. Tawarkan santunan kepada karyawan yang memerlukan. Jangan cuma duduk berpangku menanti perintah atasan.

Karyawan baru yang suka menolong nantinya akan mempunyai banyak rekan kerja lantaran banyak yang simpati kepadanya.

Namun, Anda mesti tetap mampu mengutamakan sasaran Anda. Jangan sampai Anda kehilangan fokus untuk menyelesaikan task yang sudah hingga tenggat waktunya alasannya adalah sibuk menolong dan mencari simpati dari karyawan lama.

6. Kenali lingkungan sekitar dengan kacamata faktual

Buat hari pertama kerja Anda mengasyikkan dengan menyaksikan segala sesatu di sekeliling tempat kerja gres dari kacamata konkret.

Saat masuk ke daerah gres, mungkin Anda akan menyaksikan hal-hal atau suasana gres dan budaya kerja yang berlawanan dari yang Anda harapkan sebelumnya.

Jika Anda bisa memandangnya dari segi positif, Anda tidak akan terganggu dengan hal-hal tersebut.

Berpikir nyata juga sangat direkomendasikan ketika menghadapi orientasi karyawan. Anda akan lebih terbuka dengan segala pengetahuan dan mampu beradaptasi kepada pergeseran dengan cepat.

Semakin kasatmata Anda menyaksikan karyawan lain dan lingkungan kerja Anda, kian baik kekerabatan dan komunikasi yang Anda bangkit dengan orang-orang di tempat kerja baru.

7. Selalu utamakan kejujuran

Tips berhasil terakhir untuk menghadapi orientasi karyawan baru yakni selalu memprioritaskan kejujuran, apa pun yang terjadi.

Apalagi Anda sedang membangun sebuah korelasi gres yang profesional di daerah kerja.

Karyawan gres yang haus akan perhatian lazimnya memberi bumbu-bumbu atas cerita ihwal dirinya. Ini bukanlah cara yang sempurna untuk membentuk image yang kasatmata ihwal diri Anda.

Tahukah Anda bahwa orang-orang di tahap manajer biasanya sudah mengenali cara mengidentifikasi seorang pembohong.

Makara, Anda harus tetap bersikap dan berkata jujur, walaupun tidak ada orang di sekeliling Anda tahu wacana kebenarannya.

Jika Anda ditanya perihal suatu kemampuan yang belum Anda kuasai, katakan yang bahu-membahu. Jangan memaksa diri dan mengatakan bahwa Anda mengenali segalanya.

Akan menjadi kenyataan yang pahit kalau ketidakbenaran itu terungkap.

Sebuah pepatah Inggris Honesty is a very expensive gift. Don’t expect it from cheap people. Kejujuran itu hadiah yang sangatlah mahal. Jangan mengharapkannya dari orang-orang “miskin”.

Jadi, apakah Anda yaitu orang kaya dengan hadiah mahal tersebut? Buktikan!

Penutup

Sebagai seorang karyawan gres, Anda mesti siap untuk berguru lagi. Lakukan kiat berhasil di atas dan kembangkan perilaku-sikap konkret lainnya untuk menghadapi orientasi karyawan baru. Semoga berhasil!

rizved al

Recent Posts

3 trik aman baca Chat WA Tanpa Diketahui Oleh Pengirimnya

Sampai saat ini, aplikasi WhatsApp masih menjadi raja layanan berkirim pesan secara online. Hal ini tentu saja karena berbagai fitur…

4 minggu ago

Kepala BKPM Bahlil: Gak Ada Tukang Palak di Investasi RI! – TPMNews

Jakarta, tpmnews - RI terus aktif menggaet investor di sektor industri hilir pertambangan, khususnya untuk mengembangkan industri baterai kendaraan listrik…

4 minggu ago

Jreng! Australia Kini Punya Senjata Nuklir, RI Kasih Respons – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI buka suara mengenai pembentukan AUKUS. Ini adalah aliansi pertahanan baru antara Amerika…

4 minggu ago

Siap-siap! KKP Atur Penangkapan Terukur Mulai 1 Januari 2022 – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Pemerintah akan mengeluarkan aturan baru mengenai kuota penangkapan ikan. Nantinya ikan yang ditangkap akan diatur jumlahnya hingga…

4 minggu ago

Murah di Inggris, Brompton Ini Tembus Rp 40 Juta di RI – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Harga sepeda Brompton saat ini dibanderol mulai dari Rp 30 jutaan. Harga ini turun dari tahun lalu…

4 minggu ago

Strategi BKMS Kelola 5 Kluster Bisnis di KEK Gresik JIIPE – TPMNews

Jakarta, tpmnews- Direktur Utama PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), Bambang Setiono menyambut positif penetapan Kawasan Integrated Industrial Port Estate…

4 minggu ago