Categories: Utang

5 Status Kolektibilitas Penanda Kelangsungan Pelunasan Utang

tempatpinjamuang-Disiplin bayar utang itu wajib hukumnya. Jangan hingga terlambat bayar walaupun sehari atau dua hari. Bisa-bisa menjadi kebiasaan. Kalau udah menjadi kebiasaan, lama-kelamaan malah menunggak utang. Ujung-ujungnya nih kolektibilitas kredit berubah jadi jelek.

tempatpinjamuang-Kolektibilitas kredit atau mutu kredit itu dapat diumpamakan layaknya rapor di sekolah. Kalau rapornya bagus, kau boleh naik kelas. Sementara kalau jelek, kau diminta laksanakan perbaikan lebih dahulu agar bisa naik kelas.

tempatpinjamuang-Nah, di mata bank kolektibilitas kredit yang jelek diartikan kalau kau itu tergolong debitur yang suka tersendat-sendat dalam mengeluarkan duit utang. Seandainya aja kau mau olok-olokan pinjaman semisal KTA atau KPR, bank udah niscaya bakal menolaknya alasannya kolektibilitas kamu.

tempatpinjamuang-Tentu aja hal ini gak mengenakkan banget. Saat kau udah bertujuan pengin punya rumah, eh, pengajuan KPR malah ditolak. Rencana gagal, tujuan finansial pun gak tercapai jadinya.

tempatpinjamuang-Sebenarnya, seberapa penting kah kolektibilitas kredit ini? Buat menjawabnya, cari tahu yuk dalam ulasan berikut ini.

Apa itu kolektibilitas kredit?

Cara cek kolektibilitas kredit di SLIK OJK Online

tempatpinjamuang-Di atas udah diterangkan dengan sebutan apa itu kolektibilitas kredit. Dari definisinya mirip yang diterangkan dalam Wikipedia, kolektibilitas kredit yakni pembagian terencana mengenai status pembayaran angsuran atau pinjaman beserta bunganya.

tempatpinjamuang-Dengan adanya kolektibilitas, bank bisa mengenali mutu dari si debitur. Bank Indonesia (BI) udah menertibkan tentang mutu kredit itu sendiri yang tercantum pada Peraturan Bank Indonesia (BI) No. 7/2/PBI/2005 tentang Penilaian Kualitas Aktiva Bank Umum.

tempatpinjamuang-Dalam menyeleksi mutu kredit, BI mengacu pada tiga aspek penilaian, yaitu:

  • Prospek usaha
  • Kinerja (performance) debitur
  • Kemampuan bayar

tempatpinjamuang-Dari faktor-faktor di atas bank bakal meninjau lebih rincian lagi. Mulai dari kesempatan usaha, bank menyaksikan potensi perkembangan usaha, keadaan pasar, mutu manajemen, tunjangan dari grup atau afiliasi, hingga upaya yang dijalankan debitur buat mempertahankan lingkungan.

tempatpinjamuang-Dari kinerja debitur, bank bakal menganalisis perolehan laba, struktur permodalan, arus kas, hingga sensitivitas kepada risiko pasar.

tempatpinjamuang-Sementara dari kesanggupan bayar, bank menyaksikan ketepatan pembayaran pokok dan bunga, ketersediaan dan keakuratan info keuangan debitur, kelengkapan dokumentasi kredit, kepatuhan kepada perjanjian kredit, kesesuaian penggunaan dana, hingga kewajaran sumber pembayaran kewajiban.

tempatpinjamuang-Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, bank kemudian mengelompokkan mutu kredit atau mutu kredit si debitur mirip yang diterangkan dalam daftar di bawah ini.

Ini 5 kolektibilitas kredit yang menyeleksi lolosnya pengajuan pinjaman

tempatpinjamuang-Seperti yang tercatat pada Peraturan Bank Indonesia (BI) No. 7/2/PBI/2005, ada lima kolektibilitas kredit yang jadi ukuran bank untuk menyepakati atau menolak pengajuan pinjamanmu.

tempatpinjamuang-Buat personal, mutu kredit dilihat dari kesanggupan bayar si debitur. Apa aja kolektibilitas kredit yang dimaksud?

  • Kualitas 1 status Lancar, ini memiliki arti debitur senantiasa bayar utang sempurna waktu alias kredit tanpa hambatan (performing loan).
  • Kualitas 2 status Dalam Perhatian Khusus (DPK), ini memiliki arti debitur menunggak pembayaran angsuran atau utang dari 1-90 hari.
  • Kualitas 3 status Kredit Kurang Lancar, ini memiliki arti debitur menunggak pembayaran angsuran atau utang dari 91-120 hari.
  • Kualitas 4 status Diragukan, ini memiliki arti debitur menunggak pembayaran angsuran atau utang dari 121-180 hari.
  • Kualitas 5 status Macet, ini memiliki arti debitur menunggak pembayaran angsuran atau utang lebih dari 180 hari.

tempatpinjamuang-Dari daftar mutu kredit di atas, ada mutu kredit yang disebut performing loan dan non-performing loan. Kualitas 1 udah terang disebut performing loan, sedangkan mutu 2 meski agak mempunyai problem masih masuk performing loan.

tempatpinjamuang-Sementara mutu 3 hingga 4 disebut non-performing loan. Bank sungguh menyingkir dari adanya non-performing loan. Sebab eksistensi non-performing loan bisa bikin bank gak sehat.

tempatpinjamuang-Akibatnya bank bisa kelemahan modal buat kasih pinjaman yang nantinya menyebabkan kesusahan menyanggupi seruan pengajuan kredit atau pinjaman. Batas non-performing loan (NPL) yang berlaku optimal 5 persen.

tempatpinjamuang-Untuk menyaksikan seberapa kualitasnya kolektibilitas kredit, kau bisa menganalisa di Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK. Di situ kau bisa melakukan pengecekan riwayat atau histori kredit dalam bahasa perbankannya Informasi Debitur Individual (IDI) Historis.

Begini caranya mudah-mudahan kolektibilitas kredit tetap mutu 1

tempatpinjamuang-Agar kolektibilitas kredit senantiasa mutu 1, ada beberapa cara yang dapat kau lakukan. Pertama, senantiasa disiplin bayar cicilan sebelum waktunya. Kedua, lunasi utang yang ada, jangan hingga gak.

tempatpinjamuang-Ketiga, senantiasa pakai kartu kredit kurang dari limit dan hindari laksanakan pembayaran minimum. Keempat, olok-olokan pinjaman dengan nilai cicilan optimal 30 persen dari penghasilan.

Lindungi asetmu dengan asuransi properti

Jika kau seorang usahawan yang sedang menyebarkan bisnis, tentunya kau mendambakan stabilitas finansial perusahaan, bukan? Nah bagaimana cara mengantisipasi risiko tingginya pengeluaran untuk merawat aset? Jawabannya yakni asuransi properti.

Dengan mempunyai asuransi properti memiliki arti kau sudah melindungi aset dan tergolong juga barang bermanfaat pribadimu dari kerugian yang mungkin terjadi, mirip kerugian respon imbas kejadian alam, malafungsi perlengkapan pabrik, pencurian, kecelakaan kerja pegawai, dan proteksi keseluruhan gedung hingga meraih Rp20 miliar.

Kalau sudah begitu, maka kau pun jadi damai mengurus kerja keras deh ya. Yuk konsultasikan berapa premi asuransi dan saran selengkapnya secara gratis di tempatpinjamuang.

tempatpinjamuang-Itu tadi info seputar kolektibilitas kredit. Dengan mengenali info di atas, kau jadi lebih hati-hati dalam berutang. Semoga info di atas bermanfaat ya!

Tags : , , ,

Tags: Utang
rizved al

Recent Posts

3 trik aman baca Chat WA Tanpa Diketahui Oleh Pengirimnya

Sampai saat ini, aplikasi WhatsApp masih menjadi raja layanan berkirim pesan secara online. Hal ini tentu saja karena berbagai fitur…

4 minggu ago

Kepala BKPM Bahlil: Gak Ada Tukang Palak di Investasi RI! – TPMNews

Jakarta, tpmnews - RI terus aktif menggaet investor di sektor industri hilir pertambangan, khususnya untuk mengembangkan industri baterai kendaraan listrik…

4 minggu ago

Jreng! Australia Kini Punya Senjata Nuklir, RI Kasih Respons – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI buka suara mengenai pembentukan AUKUS. Ini adalah aliansi pertahanan baru antara Amerika…

4 minggu ago

Siap-siap! KKP Atur Penangkapan Terukur Mulai 1 Januari 2022 – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Pemerintah akan mengeluarkan aturan baru mengenai kuota penangkapan ikan. Nantinya ikan yang ditangkap akan diatur jumlahnya hingga…

4 minggu ago

Murah di Inggris, Brompton Ini Tembus Rp 40 Juta di RI – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Harga sepeda Brompton saat ini dibanderol mulai dari Rp 30 jutaan. Harga ini turun dari tahun lalu…

4 minggu ago

Strategi BKMS Kelola 5 Kluster Bisnis di KEK Gresik JIIPE – TPMNews

Jakarta, tpmnews- Direktur Utama PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), Bambang Setiono menyambut positif penetapan Kawasan Integrated Industrial Port Estate…

4 minggu ago