Categories: Utang

5 Cara Nagih Utang Ke Sobat Mudah-Mudahan Cepat Lunas [Wajib Coba]

“Duh, bagaimana ya cara nagih utang ke kawan dekat yang kayak orang ‘amnesia’?”

tempatpinjamuang-Ada dua fenomena yang menyibukkan diterangkan dalam pertemanan yang bikin siapa aja canggung. Pertama, jatuh cinta terhadap teman. Kedua, kawan dekat tiba-tiba bilang mau utang.

tempatpinjamuang-Tapi di sini kita gak akan diskusikan hal pertama di atas. Semoga mujur saja mendapat cintanya. Kalau apes ya paling gak kena friendzone, gak hingga dijauhi.

tempatpinjamuang-Teman yang butuh duit dan jadinya berutang seharusnya memang dibantu. Tentu saja dengan menyaksikan kesanggupan finansial sendiri dahulu ya.

Pastikan kau juga sudah punya dukungan keuangan pribadi, menyerupai berbelanja produk asuransi kesehatan sehingga kalau sakit bisa ditanggung oleh asuransi.

tempatpinjamuang-Jika diri sendiri juga lagi tongpes alias kantong kempes, ya apa mau dikata. Tapi ada kalanya teman-teman itu “lupa bayar” di saat sudah diberi. Mau menagih, kok gak enak. Tapi kalau gak ditagih kok ya kita butuh duit juga buat keperluan hidup.

Soal tagih menagih utang ini memang menjadi kegiatan yang susah-susah gampang, tergantung dari yang punya utang.

Namun, kerap kali alasannya yakni duduk problem menagih utang hubungan pertemanan bisa menjadi berantakan. Pernyataannya ini niscaya tidak sedikit orang yang mau menyetujuinya, alasannya yakni di antara mereka tentu pernah atau sering mengalaminya.

Nah, jikalau kau salah satunya yang berada dalam keadaan tersebut, tenang! Ketika datang momentum mengesalkan menyerupai ini, tetap mesti berpikir jernih. Bisa dicoba cara menagih utang ke kawan dekat berikut ini:

1. Gentle

tempatpinjamuang-Cara menagih utang haruslah gentle. Tegas namun elegan, menyerupai James Bond si intel yang flamboyan itu. Strateginya yakni kau dengan lembut mengingatkan bahwa temanmu sudah kau bantu dikala sedang kesusahan.

Kalimat tagih utang: “Teman itu memang mesti saling bantu. Aku bahagia bisa bantu kau di saat lagi butuh uang.”

tempatpinjamuang-Dengan cara ini, diperlukan si kawan dekat yang lupa bayar itu jadi terketuk hatinya. Semoga beliau jadi merasa gak nikmat dikarenakan sudah dibantu namun gak mau balik menolong selaku sesama teman.

2. Kasih tahu kebutuhanmu

tempatpinjamuang-Bila memang lagi ada kebutuhan, kasih tahu eksklusif saja. Misalnya motor lagi butuh servis besar mesti ganti spare part, bilang eksklusif ke beliau di saat ada motor itu.

Kalimat tagih utang: “Kemarin ke bengkel disuruh servis besar ni motor udah gak nikmat dibawa. Coba deh kau tes.”

tempatpinjamuang-Cara menagih utang yang satu ini terbilang tanpa tedeng aling-aling, namun tetap ada dasar untuk menagih utang. Sebab, kita memang lagi butuh. Diharapkan si kawan dekat sadar bahwa utang yang belum beliau bayar itu bikin hidup kita terusik alasannya yakni ada keperluan yang gak bisa dipenuhi.

3. Terus terang

tempatpinjamuang-Kadang diperlukan kenekatan jikalau suasana sudah gak kondusif. Jangan malah kasih kode-kode atau nagih secara implisit. Dia bakal lupa terus pasti.

Kalimat tagih utang:”Di (nama sapaan si teman), kira-kira kapan bisa balikin duitku yang kau pinjem?”

tempatpinjamuang-Kata kuncinya yakni “balikin”, “duitku”, dan “kamu pinjem” atau variasinya. Dari situ terang bahwa ada duit kita yang dipinjam dan belum dikembalikan. Ditambah kata tanya, diperlukan beliau secepatnya memberi tanggal niscaya pengembalian utang.

4. Kasih deadline

tempatpinjamuang-Cara menagih utang yang lain yang dapat diseleksi merupakan tanpa kompromi eksklusif kasih deadline bayar utang. Tapi jangan menyerupai editor menyeramkan yang ngasih kiprah ke jurnalis newbie. Harus tetap gentle, dan beri tahu kebutuhanmu.

Kalimat tagih utang:”Di (nama sapaan si teman), udah dua bulan nih (waktu selama si kawan dekat “lupa bayar”), duitku dibalikin tanggal 31 nanti ya. Lagi butuh duit buat bayar tagihan kartu kredit nih (atau apa pun kebutuhanmu).

tempatpinjamuang-Bila si kawan dekat itu sungguh-sungguh keterlaluan “lupa bayar” atau merasa tidak memiliki utang, cara ini bisa dicoba. Diharapkan kalau eksklusif diberi tahu begini beliau tak bisa berkutik lagi dan melunasi utangnya.

5. Sindir di medsos

Setelah letih menagih utang pada kawan dekat yang tak juga kunjung membayar, saatnya menyindir beliau melalui media lazim (medsos).

Pesatnya kemajuan teknologi menghasilkan medsos jadi salah satu fasilitas untuk kau bersosialisasi. Bahkan, untuk urusan tagih menagih pun bisa kau laksanakan melalui platform ini.

Meski begitu, kau tetap mesti melakukannya dengan keadaan yang aman. Kemudian, dikala menagihnya tetaplah dengan bijak. Artinya dengan sabar tanpa perlu emosi atau marah-marah yang dapat membuat perselisihan.

Sikapi dengan bijaksana

tempatpinjamuang-Dalam hubungan pertemanan, kadang ada saja kawan dekat yang tanpa sungkan pinjam duit di saat butuh. Ada pula yang malu-malu. Tak ada cara menganggap mana yang lazimnya bakal mengeluarkan duit utangnya.

tempatpinjamuang-Satu-satunya cara adalah, kau lihat rekam jejaknya. Apakah memang suka utang dan lupa bayar ke orang-orang. Bila yang mau utang ke kau orang jenis itu, lebih baik menolaknya secara halus.

tempatpinjamuang-Kamu bisa mengaku kepadanya lagi bokek atau sudah ada kawan dekat lain yang utang. Namun, bila ternyata kawan dekat yang mau pinjam uang itu tampaknya “anak baik-baik” namun ternyata suka “lupa bayar” utang, coba saja empat cara di atas.

tempatpinjamuang-Semoga cara-cara di atas bisa dicoba untuk sukses mengembalikan uangmu ya! (Editor: Chaerunnisa)

Tags : , , ,

Tags: Utang
rizved al

Recent Posts

3 trik aman baca Chat WA Tanpa Diketahui Oleh Pengirimnya

Sampai saat ini, aplikasi WhatsApp masih menjadi raja layanan berkirim pesan secara online. Hal ini tentu saja karena berbagai fitur…

4 minggu ago

Kepala BKPM Bahlil: Gak Ada Tukang Palak di Investasi RI! – TPMNews

Jakarta, tpmnews - RI terus aktif menggaet investor di sektor industri hilir pertambangan, khususnya untuk mengembangkan industri baterai kendaraan listrik…

4 minggu ago

Jreng! Australia Kini Punya Senjata Nuklir, RI Kasih Respons – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI buka suara mengenai pembentukan AUKUS. Ini adalah aliansi pertahanan baru antara Amerika…

4 minggu ago

Siap-siap! KKP Atur Penangkapan Terukur Mulai 1 Januari 2022 – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Pemerintah akan mengeluarkan aturan baru mengenai kuota penangkapan ikan. Nantinya ikan yang ditangkap akan diatur jumlahnya hingga…

4 minggu ago

Murah di Inggris, Brompton Ini Tembus Rp 40 Juta di RI – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Harga sepeda Brompton saat ini dibanderol mulai dari Rp 30 jutaan. Harga ini turun dari tahun lalu…

4 minggu ago

Strategi BKMS Kelola 5 Kluster Bisnis di KEK Gresik JIIPE – TPMNews

Jakarta, tpmnews- Direktur Utama PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), Bambang Setiono menyambut positif penetapan Kawasan Integrated Industrial Port Estate…

4 minggu ago