Menu
Media Informasi Keuangan

4 Cara Mengatasi Eksploitasi Sumber Daya Alam

  • Bagikan

Kabarin.co.id – Informasi terkait 4 Cara Mengatasi Eksploitasi Sumber Daya Alam ini mungkin sudah banyak beredar di berbagai media online.

Sehingga untuk memperoleh rangkuman yang sesuai, anda bisa mengutip atau mencari referensi dengan mudah, bahkan bisa dari media sosial sekalipun.

Seperti yang kita ketahui, Indonesia memang mempunyai sumber daya alam yang sangat melimpah. Dengan demikian, perlu beberapa cara untuk mengelola sumber daya alam tersebut menjadi lebih baik.

Seperti yang dijelaskan oleh ketua Institute of Esococ, Sri Palupi, kekayaan alam Indonesia mulai dari laut hingga hutan, saat ini sudah semakin banyak yang di eksploitasi.

Akan tetapi, ia juga menyebut bahwa dengan banyaknya pemanfaatan SDA tersebut, tidak bisa dilakukan secara berlebihan.

Pasalnya, pengambilan SDA yang banyak dilakukan di hutan, tambang, sawit, karet, dan sumber lainnya, bisa mempunyai dampak yang berimbas  pada kebudayaan lokal di sekitarnya.

“Kebudayaan Lokal akan semakin tergerus dengan semakin hilangnya hutan yang menjadi magnet bagi sumber daya alam. Karena kebudayaan itu tergantung dari sumber daya alam yang ada di kawasan tersebut,” ucapnya pada diskusi “Perspektif Kebangkitan Bangsa Melalui Politik Sumber Daya Alam” yang diselenggarakan Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Jumat (20/5).

4 Cara Mengatasi Eksploitasi Sumber Daya Alam

Pertanyaannya, bagaimana cara supaya sumber daya alam tersebut tidak habis? Dalam hal ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Beberapa diantaranya mencakup :

1. Lebih Selektif

Perlu langkah tepat supaya sumber daya alam kita tetap terjaga. Termasuk juga lebih selektif dalam menggunakan, memilih, serta mengusahakan supaya sumber daya alam tersebut benar-benar untuk kepentingan keberlangsungan kehidupan.

Jika memang dirasa kurang dibutuhkan, maka akan lebih baik untuk lebih acuh dan tidak merusaknya.

2. Tetap Menjaga Kelestarian

Tidak sedikit orang yang mempunyai sifat rakus dan tidak ada kata puas dalam upaya untuk menjadikannya lebih kaya atau memenuhi keinginannya.

Akan tetapi mereka juga tidak berpikir dengan imbas di kemudian harinya. Nah, untuk memanfaatkan sumber daya alam, diperlukan penggunaan yang bijak dan sesuai kebutuhan.

Dalam hal ini, menjaga kelestarian sumber daya alam juga bisa memanfaatkan perkembangan teknologi. Sehingga informasi bisa diperoleh dengan mudah dan terjangkau.

3. Lebih Menghemat SDA

Sangat penting untuk lebih hemat atau bisa dengan mengurangi bahaya eksploitasi besar-besaran terhadap sumber daya alam.

Tujuannya utamanya ialah untuk menjaga supaya alam tidak rusak, atau bahkan mencegah kepunahan.

4. Memperbarui Sumber Daya Alam Hayati

Selain lebih menghemat, perlu juga melakukan upaya untuk memperbarui sumber daya alam hayati. Hal yang bisa dilakukan ialah reboisasi, mengembangbiakkan flora dan fauna, penanaman ladang bergilir, serta pengolahan lahan.

Terlepas dari beberapa hal diatas, bisa dilakukan dengan beberapa hal sederhana. Yakni dengan mengurangi penggunaan air serta bahan-bahan yang tidak ramah lingkungan.

Bahkan bisa pula dengan lebih bijak dalam menggunakan alat elektronik, tentu sesuai kebutuhan masing-masing.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *