Menu
Media Informasi Keuangan

35 Pola Pertanyaan Wawancara Dan Tipsnya Agar Lolos Seleksi Kerja

- Tak Berkategori
  • Bagikan

tempatpinjamuang-Bagi kau fresh graduate proses wawancara kerja atau job interview dapat menjadi stage bikin gugup, benar gak? Gak memiliki pengalaman atau citra proses memasuki ruangan interview kerja, berikut ini lho deretan kiat wawancara kerja biar keterima.

tempatpinjamuang-Ada beberapa kiat wawancara kerja yang dapat kau kerjakan biar sanggup keterima di perusahaan incaran mu. Salah satu kiat menjawab pertanyaan dikala wawancara yang terbukti efektif yakni dengan mempelajari cara menjawab pertanyaan wawancara dengan benar tanpa terbata-bata. Untuk menghasilkan wawancara kau lancar, berikut 35 cara menjawab pertanyaan wawancara kerja dengan tepat:

Menjawab pertanyaan seputar data pribadi

Ini lho deretan pertanyaan yang kau hadapi dikala interview kerja

tempatpinjamuang-Pertanyaan dikala wawancara kerja umumnya dibuka dengan data pribadi. Kamu mesti bisa menerangkan data langsung kau secara yakin diri dan tanpa hambatan biar membuat kesan profesional.

  1. Ceritakan mengenai diri Anda?

tempatpinjamuang-Kandidat: “Nama Saya Rizki Aditya. Saya alumni Desain Interior dari Institut Teknologi Bandung. Saat ini saya melakukan pekerjaan di PT Daun Hijau Studio selaku desainer. Saya melakukan pekerjaan di perusahaan tersebut sejak July 2017.”

  1. Mengapa Anda menegaskan jurusan rancangan interior?

tempatpinjamuang-Kandidat: “Saya menyadari bahwa saya menggemari rancangan interior sejak sekolah menengah pertama. Dengan kuliah di jurusan Desain Interior, saya tentu akan memperbesar pengetahuan dan pengetahuan saya mengenai rancangan interior

tempatpinjamuang-Selain itu, saya berguru di jurusan tersebut dengan hati bahagia alasannya memang sesuai dengan minat dan kehendak saya.

  1. Bagaimana cara Anda mengeluarkan duit kuliah?

tempatpinjamuang-Kandidat: “Sebagian besar ongkos kuliah saya didanai orang tua. Namun, saya juga ikut merenggangkan beban orang renta saya dengan melakukan pekerjaan freelance desain.

  1. Apakah Anda memiliki planning melanjutkan pendidikan?

tempatpinjamuang-Kandidat: “Ya, rencananya dalam 1 hingga dua tahun mendatang, jikalau ada peluang saya ingin meneruskan ke jenjang S2.

tempatpinjamuang-Dengan kuliah S2, pengetahuan dan pengetahuan saya akan meningkat yang otomatis akan meningkatkan karier saya.

  1. Selain pendidikan formal, apakah Anda memiliki keahlian lain?

tempatpinjamuang-Kandidat: “Ya. Saat kuliah saya pernah mengikuti kursus bahasa asing. Selain itu, saya juga pernah mengikuti training dasar digital marketing.

tempatpinjamuang-Saya juga bisa mengoperasikan komputer dengan banyak sekali program, menyerupai MS Words, MS Excell, MS Power Point, Photoshop, Computer-aided-design (CAD), Color Wheels, Auto Desk Revit dan masih banyak lagi”

  1. Apa makna pekerjaan buat Anda?

tempatpinjamuang-Kandidat: “Bagi saya, pekerjaan bukan semata-mata untuk mencari uang. Namun, bagaimana saya bisa melaksanakan yang terbaik sehingga sanggup berbincang berkontribusi bagi perkembangan diri dan perkembangan perusahaan.”

Cara menjawab pertanyaan pengenai pengalaman kerja dan keterampilan

Ini pertanyaan seputar pengalaman kerja yang mau kau peroleh dikala interview

tempatpinjamuang-Pertanyaan seputar pengalaman dan keahlian kerja umumnya ditujukan untuk mengenali tujuan karier Anda, bagaimana cara Anda bekerja, loyalitas, serta seberapa besar dukungan yang mau Anda berikan ke perusahaan.

tempatpinjamuang-Dari respon yang Anda sampaikan, pewawancara kerja sanggup menganggap apakah Anda ialah calon terbaik atau bukan untuk posisi yang Anda lamar.

  1. Berapa banyak bahasa gila yang sudah Anda kuasai?

tempatpinjamuang-Kandidat: “Saya menguasai dua bahasa asing.”

  1. Bisakah Anda menyebutkan bahasa gila yang sudah Anda kuasai dan tingkatannya

tempatpinjamuang-Kandidat: “Saya menguasai dua Bahasa gila yakni Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin. Bahasa Inggris saya sudah pada tingkat fasih atau mahir, sedangkan Bahasa Mandarin saya masih dalam tahap sedang atau intermediate”

  1. Apa keistimewaan dan kelemahan Anda?

tempatpinjamuang-Kandidat: “Kelebihan saya yakni bisa melakukan pekerjaan sendiri atau dalam tim, mudah beradaptasi, suka belajar, dan pekerja keras. Kekurangan saya yakni kurang mendetail. Namun, saya berupaya menangani kelemahan saya dengan mencatat setiap rincian yang diperlukan terkait pekerjaan saya.

  1. Apakah Anda kekerabatan yang bagus dengan rekan kerja itu penting?

tempatpinjamuang-Kandidat: “Ya, menurut saya kekerabatan baik dengan rekan kerja itu penting biar pekerjaan sanggup berlangsung dengan lancar. Namun, mesti tetap bisa membedakan antara kawan dan kekerabatan profesional biar tidak tercampur.

  1. Apakah Anda lebih bahagia melakukan pekerjaan dalam tim atau seorang diri?

tempatpinjamuang-Kandidat: “Saya cukup fleksibel dalam hal cara bekerja, saya bisa melakukan pekerjaan seorang diri atau dalam tim. Tetapi jikalau diperlukan saya bisa melakukan pekerjaan dalam tim maupun seorang diri.”

  1. Jika Anda diharuskan melakukan pekerjaan di dalam tim, posisi apa yang mau Anda pilih?

tempatpinjamuang-Kandidat: “Saya lebih senang melakukan pekerjaan di bab operasional. Dengan melakukan pekerjaan pada bab operasional saya jadi mengerti proyek yang dilaksanakan perlu waktu berapa lama, butuh berapa sumber daya, dan menghasilkan timeline pekerjaan dengan detail.

  1. Bisakah Anda melakukan pekerjaan di bawah tekanan?

tempatpinjamuang-Kandidat: “Ya. Selama ini saya bisa melakukan pekerjaan di bawah tekanan. Hal ini terbukti dalam proyek rancangan yang sudah saya tuntaskan dalam waktu yang sempit atau banyaknya ajakan revisi dari pihak klien.

  1. Bagaimana perilaku Anda terhadap kritik yang ditujukan terhadap Anda?

tempatpinjamuang-Kandidat: “Saya akan menyimak kritik yang memang sungguh-sungguh objektif dan sifatnya membangun. Untuk kritik yang sifatnya menjatuhkan untuk diri saya, saya berupaya untuk mendengarnya.

  1. Menurut Anda, orang menyerupai apakah yang menyibukkan diajak kerja sama?

tempatpinjamuang-Kandidat: “Menurut saya orang yang menyibukkan diajak melakukan pekerjaan sama yakni orang yang tidak mau menyimak usulan orang lain dan tidak mau mematuhi peraturan yang ada.” 

  1. Apabila bawahan Anda melaksanakan kesalahan, apa yang Anda lakukan?

tempatpinjamuang-Kandidat: “Kesalahan yakni hal yang wajar dalam pekerjaan asal tidak diulangi kembali di kemudian hari. Langkah yang saya kerjakan yakni dengan berbincang isyarat cara menyelesaikan problem dengan benar. Setelah itu, saya akan berbincang peluang terhadap bawahan untuk memperbaiki pekerjaannya tersebut.

  1. Apa yang mau Anda kerjakan jikalau salah satu bawahan kau mengeluhkan problem langsung mereka.

tempatpinjamuang-Kandidat: “Saya berupaya untuk sanggup menjadi pemimpin yang sanggup menemukan amanah oleh bawahan saja. Cara yang dapat saya kerjakan yakni dengan menjadi kolega yang bagus yang sanggup diajak berdiskusi baik problem kerja dan problem pribadi. Tentu untuk problem langsung terdapat batasan-batasan yang mesti dipatuhi.

tempatpinjamuang-Dari pengalaman saya, mereka kebanyakan cuma butuh kawan untuk menyimak problem mereka tanpa mengadilinya.”

  1. Apa yang mau Anda kerjakan di saat Anda menghadapi problem besar dalam pekerjaan Anda?

tempatpinjamuang-Kandidat: “Saya akan menjajal berpikir jernih dan mencari akar permasalahan untuk sanggup terselesaikan dengan baik. Setelah menemukan solusi, saya akan melakukan penyelesaian tersebut dengan baik. Saya juga akan mencari langkah-langkah pencegahan biar problem tersebut tidak tiba kembali. 

  1. Mengapa Anda pindah kerja dari perusahaan sebelumnya?

tempatpinjamuang-Kandidat: “Saya ingin menemukan peluang dan karier yang lebih baik dari perusahaan sebelumnya.”

  1. Apa hambatan tersulit yang Anda dapatkan pada pekerjaan sebelumnya?

tempatpinjamuang-Kandidat: “Halangan tersulit dari pekerjaan sebelumnya yakni belum ada peraturan yang terang mengenai jam kerja di kantor usang saya. Kaprikornus saya sanggup melakukan pekerjaan hingga tengah malam di saat klien menghubungi”

  1. Apakah Anda pernah absen bekerja?

tempatpinjamuang-Kandidat: “Saya belum pernah absen bekerja.”

  1. Apakah Anda bersedia jikalau mesti melakukan pekerjaan lembur?

tempatpinjamuang-Kandidat: “Ya, saya bersedia. Itu tidak problem bagi saya.”

  1. Apa yang menghasilkan Anda kesengsem melakukan pekerjaan di perusahaan kami?

tempatpinjamuang-Kandidat: “Perusahaan ini menampilkan pekerjaan yang cocok dengan latar belakang Pendidikan dan pengalaman saya. Saya harap, saya sanggup berkontribusi dalam meningkatkan perusahaan dan meningkatkan karier saya.”

  1. Seberapa baik Anda mengenal perusahaan kami?

tempatpinjamuang-Kandidat: “Saya cukup mengenal perusahaan ini alasannya cukup terkenal dalam industri rancangan interior dan banyak kolega saya yang membicarakan mengenai perusahaan ini.”

  1. Menurut Anda, apa yang menghasilkan perusahaan kami berlainan dengan perusahaan sejenis lainnya?

tempatpinjamuang-Kandidat: “Menurut pengetahuan saya, perusahaan ini menampilkan jasa rancangan interior yang berkualitas. Perusahaan ini juga berbincang karyawannya akomodasi yang lebih baik dari beberapa perusahaan lain.”

  1. Jelaskan planning Anda untuk lima tahun ke depan?

tempatpinjamuang-Kandidat: “Jika saya diterima di perusahaan ini, saya bertujuan untuk dapat menjadi manajer yang sanggup memimpin para desainer interior. Setelah itu, saya akan berupaya untuk menjadi manajer yang sanggup dipercaya.

  1. Apakah Anda siap jikalau menemukan tanggung jawab dan keyakinan yang lebih besar?

tempatpinjamuang-Kandidat: “Ya, saya siap. Saya mesti senantiasa siap untuk menemukan tanggung jawab dan keyakinan yang lebih besar biar saya sanggup terus berguru menjadi karyawan dan langsung yang lebih baik lagi.

  1. Lingkungan kerja menyerupai apa yang Anda sukai?

tempatpinjamuang-Kandidat: “Saya menggemari lingkungan kerja yang suportif terhadap semua pegawai, memiliki persyaratan operasional mekanisme (SOP) yang jelas, dan lingkungan yang aktif serta optimis.

  1. Apakah Anda bersedia diposisikan di cabang lain di luar kota?

tempatpinjamuang-Kandidat: “Jika memang diperlukan di luar kota saya bersedia. Namun, dikala ini saya memang lebih menegaskan untuk melakukan pekerjaan di kota ini jikalau bisa.”  

  1. Apakah Anda bersedia untuk menjalani masa uji coba atau probation selama tiga bulan?

tempatpinjamuang-Kandidat:” Saya bersedia untuk menjalani masa uji coba atau probation selama waktu yang diperlukan yakni tiga bulan”

Cara menjawab pertanyaan seputar perundingan gaji

Ini lho deretan pertanyaan seputar honor yang mau kau hadapi dikala interview

tempatpinjamuang-Pertanyaan seputar honor umumnya ditanyakan pada final wawancara kerja. Jumlah pertanyaannya tidak banyak, tetapi berkonsentrasi pada berapa besar honor yang Anda minta (lihat 5 kiat perundingan gaji).

tempatpinjamuang-Oh ya, jikalau Anda ingin tahu pertanyaan wawancara kerja yang biasa digunakan HRD, silakan baca 10 Pertanyaan yang sering ditanyakan dikala interview dan jawabannya.

  1. Berapa honor Anda sekarang? 

tempatpinjamuang-Kandidat: “Saya memiliki honor pokok sebesar Rp5 juta. Ditambah sumbangan dan bonus bulanan, total honor saya yakni Rp6 juta.”

  1. Berapa honor yang Anda inginkan untuk posisi ini?

tempatpinjamuang-Kandidat: “Saya berharap menemukan honor sebesar Rp9 juta.”

  1. Apakah besaran honor yang Anda inginkan bisa di negosiasi?

tempatpinjamuang-Kandidat:” Ya, saya bersedia untuk melaksanakan perundingan gaji.

  1. Saat ini perusahaan tidak sanggup menyanggupi ajakan honor Anda sebesar Rp9 Juta, perusahaan cuma bisa berbincang honor di angka Rp7,5 juta untuk honor pokok dan Rp8,5 juta untuk honor keseluruhan. Apakah Anda bersedia?

tempatpinjamuang-Kandidat: “Ya, saya setuju?”

  1. Apakah ada pertanyaan untuk kami?

tempatpinjamuang-Kandidat: “Ya, saya memiliki pertanyaan untuk perusahaan ini, Saya ingin menanyakan jam kerja dan persyaratan operasional mekanisme (SOP) kerja yang terdapat di perusahaan ini.”

Tips menjawab pertanyaan dikala wawancara biar bisa lolos

Ini kiat biar kau lolos dalam wawancara kerja

tempatpinjamuang-Selain menjawab pertanyaan kerja, ada beberapa hal yang mesti kau siapkan dikala ingin menjalani wawancara. Beberapa hal yang mesti kau siapkan dikala ingin melaksanakan wawancara biar bisa lolos yakni antara lain selaku berikut:

Berpakaian rapih dan menarik

tempatpinjamuang-Salah satu kiat menghadapi wawancara biar berhasil yakni dengan berpenampilan rapi dan menarik. Setiap industi punya ketentuan tersendiri dalam berpakaian. Sebagai pola jikalau kau melamar di industri perbankan ada baiknya kau memakai kemeja, celana bahan, dan sepatu  untuk pria, kemeja dan blouse, rok, serta sepatu hak untuk wanita.

Memahami profil perusahaan

tempatpinjamuang-Tips wawancara selanjutnya yakni dengan mengerti profil perusahaan. Pada dikala wawancara, kau dinilai tidak cuma dari kesanggupan dan kecocokan kau dengan perusahaan, tetapi perusahaan juga menganggap seberapa besar kau mengenali mengenai profil perusahaan. Kamu bisa mencari info mengenai perusahaan yang kau lamar dengan menyaksikan website, sosial media, dan jikalau ada media yang membicarakan perusahaan tersebut.

tempatpinjamuang-Informasi yang mesti kau ketahui yakni seputar visi dan misi perusahaan, latar belakang, produk atau jasa yang dipersiapkan atau mengenai perkembangan perusahaan. Nah, dalam proses wawancara, kau juga bisa menanyakan hal-hal terkait info perusahaan.

Memahami deskripsi dan posisi pekerjaan yang kau lamar

tempatpinjamuang-Tips antisipasi wawancara selanjutnya yakni dengan mengerti posisi dan deskripsi pekerjaan. Dengan mengenali deskripsi pekerjaan yang kau lamar, kau jadi mengenali cara menjawab pertanyaan yang mau ditanyakan oleh HRD seputar pekerjaan.

Menyiapkan catatan singkat mengenai latar belakang dan pengalaman kerja kamu

tempatpinjamuang-Tips wawancara selanjutnya yakni dengan merencanakan catatan singkat untuk wawancara. Catatan singkat tersebut sanggup berupa info pengalaman dan latar belakang kamu. Kamu akan jauh lebih matang dalam menghadapi wawancara di saat sudah menghasilkan ringkasan-ringkasan mengenai apa yang mesti dijawab dikala wawancara.

tempatpinjamuang-Selain itu, kau juga bisa menulis pengalaman berorganisasi, pengalaman magang serta keahlian kamu.

Menyiapkan dokumen

tempatpinjamuang-Tips wawancara kerja selanjutnya yakni dengan merencanakan dokumen penting. Beberapa dokumen penting yang mesti kau siapkan yakni fotokopi Ijazah, CV, transkrip nilai, foto, portofolio, dan dokumen yang lain sesuai instruksi dalam email ataupun telepon. Jangan lupa untuk menenteng alat tulis juga, ya.

Latihan wawancara

tempatpinjamuang-Tips wawancara yang lain dengan melaksanakan latihan wawancara di hari-hari sebelumnya. Setelah semua antisipasi di atas dilakukan, ada baiknya kau melaksanakan latihan wawancara, biar wawancara kau sanggup berlangsung dengan lancar.

tempatpinjamuang-Caranya bisa dilakukan di depan kamera atau di depan cermin, amati gestur dan cara kau menjawab pertanyaan, apakah masih nervous atau tidak?

tempatpinjamuang-Jika masih nervous kau perlu melaksanakan latihan hingga cara menjawab pertanyaan wawancara sudah lancar. Kamu juga bisa mengajak kawan atau kerabat untuk menjadi perekrut dikala latihan wawancara.

tempatpinjamuang-Nah, itulah 35 cara menjawab pertanyaan job interview serta kiat wawancara kerja biar kau bisa lolos. Dengan beberapa kiat di atas, kau dikehendaki sanggup menjalani wawancara dengan tanpa hambatan dan sanggup lolos. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Tags : ,

  • Bagikan