Categories: Perencanaan

10 Langkah Mendidik Anak Biar Dapat Bangun Diatas Kaki Sendiri Dan Punya Semangat Jerih Payah

Setiap orangtua niscaya mengharapkan anaknya biar berdikari sedari dini. Kemandirian seorang anak bakal berharga kelak ia dewasa.

Dengan kemandirian, anak juga akan memiliki semangat untuk menjadi pengusaha.  Berikut 10 langkah mendidik anak biar berdikari dan menjadi pebisnis yang diadopsi dari Duane Spires seorang motivator dan CEO Extreme Youth Sport.

1. Mendidik anak untuk memiliki target

Menjadi pebisnis senantiasa diawali dengan suatu visi. Pancing anak untuk mengemukakan idenya.

Temani anak menulis sasaran apa yang ingin mereka capai satu ahad ke depan, kemudian tanyakan bagaimana cara untuk mencapainya. Beri anak motivasi untuk meraih sasaran tersebut, jikalau tercapai beri penghargaan.

Seringkali ilham yang muncul  tidak bermitra sama sekali dengan bisnis. Justru ilham itu bisa menjadi sesuatu yang unik, dan bisa dikembangkan menjadi suatu ilham bisnis untuk mendukung sasaran berikutnya.

2. Mendidik anak untuk menyaksikan peluang

Pengusaha yang berhasil senantiasa peka menyaksikan peluang. Mengajarkan anak menyaksikan peluang akan menciptakan mereka berpengalaman dalam menjangkau peluang dan bertindak untuk mencapainya.

Pengetahuan bagaimana mengurus duit sungguh penting diberikan terhadap anak. Ironisnya, wawasan ini jarang diberikan di sekolah. (Menghitung Uang / Tabloidnova) 

Lakukan eksplorasi bareng anak tentang problem apa yang mereka hadapi. Biarkan anak menyelesaikan masalahnya sendiri apalagi dahulu.

Bisa juga dengan memberi mereka tantangan untuk mereka selesaikan. Latihan ini akan menciptakan mereka berpengalaman mengeluarkan ilham dan kreatif  dalam menyaksikan suasana dan menjangkau peluang.

3. Mengajarkan anak berjualan

Jika Anda memiliki bisnis, ajak mereka terlibat di dalamnya. Kalau tidak punya, mulailah bisnis gres Anda bareng anak. Yang penting yakni “lakukan”.

Bisnis sederhana yang dapat eksklusif dimulai misalnya ekspo di sekolah, buat stan es buah di depan rumah, berdagang online, membuka garasi sale atau memasarkan kerajinan tangan hasil karya anak.

4. Mendidik anak bagaimana mengurus keuangan

Ajarkan bagaimana mereka membelanjakan duit yang Anda berikan. Kemudian pancing bagaimana caranya biar mereka bisa berhemat dan mempergunakan duit itu untuk usaha.

Selanjutnya ajarkan logika bagaimana bisa memperoleh laba dari kerja keras terebut. Mengenalkan anak dengan transaksi perbankan juga bisa dilakukan  untuk memancing pertanyaan anak tentang bagaimana duit berputar di kehidupan sehari-hari.

Mengeksplorasi ilham bisa dijalankan kapan saja, bantu sang anak untuk meningkatkan bakatnya (Anak Perempuan / Blogspot) 

5. Mengajarkan anak kreativitas dalam promosi

Memasarkan produk sungguh penting dalam dunia usaha. Jika anak memiliki hasil karya seumpama lukisan dan kerajinan tangan, coba kumpulkan dan pamerkan.

Ajak mereka mengamati iklan di TV, poster atau koran. Tanyakan terhadap mereka mana iklan yang mereka anggap anggun atau tidak. Kreativitas akan timbul dari balasan dan komentar mereka tentang iklan tersebut.

6. Mengajarkan anak tentang kegagalan

Semua pebisnis berhasil pernah mengalami kegagalan. Yang menjadi poin penting yakni bagaimana menuntut ilmu dari kegagalan tersebut. Tanamkanlah nilai biar anak tidak mudah menyerah.

Ketika bawah umur gagal jangan dihukum. Bahas dengan mereka apa yang menciptakan mereka gagal dan tanyakan bagaimana hal tersebut tidak terjadi lagi nantinya.

7. Melatih anak berkomunikasi yang efektif

Pengusaha dituntut memiliki kesanggupan komunikasi yang baik. Ajarkan terhadap anak bagaimana bertingkah dan berkomunikasi eksklusif dengan orang-orang di sekitar.

8. Melatih kemandirian untuk menciptakan keyakinan diri

Setiap pebisnis yakni pribadi yang berdikari dan yakin diri. Kita bisa mendidik anak biar ia memiliki huruf ideal ini. Bagaimana caranya?

Jangan batasi kreatifitas anak, biarkan mereka meningkatkan imajinasinya (Belajar / Solusisehatku) 

Suatu dikala anak Anda meminta dibelikan mainan gres ajak mereka berdiskusi bagaimana caranya memperoleh duit untuk membelinya.

9. Melatih jiwa kepemimpinan anak

Pengusaha yakni pemimpin. Jadikan anak Anda pemimpin dalam acara sehari-hari dalam keluarga. Jadwalkan piket anak selaku pemimpin proyek membersihkan rumah. Anda juga mesti bisa memperoleh perintah anak jikalau memperoleh kiprah mengepel lantai.

10. Mengajarkan anak untuk memberi

Setiap bisnis berhasil tidak lepas dengan CSR (Corporate Social Responsibility/tanggung jawab sosial perusahaan). Tanamkan pada anak bahwa setiap aktivitas, setiap bisnis yang berhasil semestinya bisa menampilkan faedah konkret untuk orang lain dan lingkungan sekitar.

Nilai ini akan menciptakan anak tetap rendah hati dan senang alasannya yakni bisa memberi dan berbagi. Ketika mendidik anak tentang ilham bisnis, minta mereka untuk mengeluarkan ilham tentang apa yang hendak mereka lakukan dengan laba mereka untuk lingkungan sekitar.

Parents, lakukan kiat mendidik anak di atas secara konsisten dalam kegiatan sehari-hari. Ini alasannya yakni setiap langkah kecil yakni bab dari langkah besar. Semoga sukses.

Tags :

Tags: Perencanaan
rizved al

Recent Posts

3 trik aman baca Chat WA Tanpa Diketahui Oleh Pengirimnya

Sampai saat ini, aplikasi WhatsApp masih menjadi raja layanan berkirim pesan secara online. Hal ini tentu saja karena berbagai fitur…

4 minggu ago

Kepala BKPM Bahlil: Gak Ada Tukang Palak di Investasi RI! – TPMNews

Jakarta, tpmnews - RI terus aktif menggaet investor di sektor industri hilir pertambangan, khususnya untuk mengembangkan industri baterai kendaraan listrik…

4 minggu ago

Jreng! Australia Kini Punya Senjata Nuklir, RI Kasih Respons – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI buka suara mengenai pembentukan AUKUS. Ini adalah aliansi pertahanan baru antara Amerika…

4 minggu ago

Siap-siap! KKP Atur Penangkapan Terukur Mulai 1 Januari 2022 – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Pemerintah akan mengeluarkan aturan baru mengenai kuota penangkapan ikan. Nantinya ikan yang ditangkap akan diatur jumlahnya hingga…

4 minggu ago

Murah di Inggris, Brompton Ini Tembus Rp 40 Juta di RI – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Harga sepeda Brompton saat ini dibanderol mulai dari Rp 30 jutaan. Harga ini turun dari tahun lalu…

4 minggu ago

Strategi BKMS Kelola 5 Kluster Bisnis di KEK Gresik JIIPE – TPMNews

Jakarta, tpmnews- Direktur Utama PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), Bambang Setiono menyambut positif penetapan Kawasan Integrated Industrial Port Estate…

4 minggu ago