Categories: Perencanaan

10 Hal Yang Harus Dilaksanakan Sebelum Menyesal Di Usia 40 Tahun Ke Atas

Menginjak usia 40 tahun, Rio dapat dikatakan masih belum mapan. Dia masih tinggal di rumah orang tuanya, belum menikah. Kendaraan di rumah cuma satu, beroda dua. Itu pun telah sekali ganti pelat alias umurnya lebih dari 5 tahun.

tempatpinjamuang-Kariernya mentok di kepingan staf. Jangankan manajer. Kursi kepala kepingan jauh dari jangkauan. Investasi? Rekening simpanan saja kembang-kempis.

[Baca: Kenapa Sih Musti Nunda Investasi Kalau Bisa dari Sekarang? Nih Manfaat Investasi Sejak Muda]

tempatpinjamuang-Padahal dahulu Rio tergolong punya karier cemerlang. Tempat kerjanya bonafide. Fasilitas dan pemberian ada macam-macam.

tempatpinjamuang-Namun, beliau gak jago dalam soal keuangan. Gaji besarnya sering melalui begitu saja tiap bulan. Kebiasaannya berhura-hura tanpa mikir panjang yang menjadi penyebab.

tempatpinjamuang-Tak pernah terlintas sedikit pun di pikirannya untuk berinvestasi. Apalagi mencadangkan dana untuk keperluan darurat. Malah, beliau apply kartu kredit banyak-banyak.

[Baca: Punya Kartu Kredit Banyak Bisa Bikin Kamu Lebih Hemat. Gak Percaya?]

tempatpinjamuang-Akhirnya, keadaan finansialnya ambruk digencet utang kartu kredit. Apalagi beliau sempat sakit ginjal parah sehingga simpanan terkuras, meski telah ada asuransi dari kantornya.

Bangun pagi agar rezeki gak dipatok ayam

tempatpinjamuang-Posisi limbung itu turut menghipnotis kinerjanya. Dia dipecat. Jadilah beliau kerja di kawasan lain, dengan honor lebih sedikit.

tempatpinjamuang-Sejatinya sebelum menginjak usia 40 tahun, Rio sering diberi sederet nasihat oleh orang-orang terdekatnya, tergolong orang tuanya. Tapi, nasihat itu gak digubris. Padahal nasihat itu sederhana saja, seumpama tertulis di bawah ini:

1. Bangun pagi teratur

tempatpinjamuang-Bangun pagi itu sederhana, namun keuntungannya luar biasa. Tapi jikalau malamnya suka begadang, pasti sulit bangkit pagi. Padahal, dengan bangkit pagi, waktu kita dalam satu hari lebih banyak yang bisa dimanfaatkan untuk hal positif, seumpama membaca berita. Siapa tahu ada wangsit buat kerja dari informasi pagi itu.

2. Olahraga rutin

tempatpinjamuang-Jadi member di gym kondang gak berkhasiat kalau cuma numpang nampang. Berolahraga berkala dapat menangkal dompet jebol gara-gara sakit parah. Dan, olahraga gak mesti di kawasan mahal. Joging 10-20 menit di bersahabat rumah juga telah cukup.

Gimana dapat menikmati hari bau tanah kalau kesehatan aja gak kau perhatiin?

3. Makan sehat

tempatpinjamuang-Makanan sehat juga berkontribusi pada raga yang sehat. Kalau tiap hari makan junkfood, jangan heran kalau perut menjadi seumpama tong sampah. Kotor, bau, dan sarat penyakit. Apalagi makan sehat di rumah lebih hemat dibandingkan dengan beli junkfood terus-terusan.

[Baca: Lebih Baik Masak Makanan Sendiri di Rumah atau Beli? Mana yang Lebih Hemat?]

4. Recehan juga penting

tempatpinjamuang-Menabung gak kenal nominal uang. Recehan pun sungguh penting untuk ditabung, bukan malah dibuang sembarangan. Duit Rp 1 juta tanpa Rp 100 gak dapat disebut Rp 1 juta lho. Intinya, senantiasa alokasikan dana berapa pun untuk ditabung tiap bulan, bukan dibelanjakan semuanya.

[Baca: Jangan Remehkan Uang Receh. Ini 5 Alasan Kamu Gak Boleh Ngeremehin Uang Receh]

5. Menunda-nunda

tempatpinjamuang-Kalau pekerjaan dapat terselesaikan sekarang, kenapa mesti ditunda? Iya kalau habis ditangguhkan dapat eksklusif selesai. Kalau lupa? Begitu juga soal tagihan utang. Kalau telah ada dana, lebih baik secepatnya lunasi. Ketimbang hidup memikul utang.

6. Baca buku

tempatpinjamuang-Menurut informasi di JakartaPost, tingkat literasi Indonesia berada di posisi ke-2 terbawah dari 61 negara yang disurvei. Tingkat literasi mengindikasikan perkembangan sebuah negara. Jadi, orang yang gak sadar akan pentingnya membaca kemungkinan besar tak dapat maju. Mau masuk kelompok itu?

Tambah pengetahuan dengan buku, bukan dengan timeline medsos

7. Tenang

tempatpinjamuang-Bersikap damai kadang sulit dipraktikkan. Padahal, perilaku ini dapat menghasilkan kita bertindak dengan anggapan jernih, gak terburu nafsu. Dalam belanja, misalnya, gak tergesa-gesa gesek kartu kredit dikala lihat diskon.

[Baca: Yuk Ngirit, Pantau Terus 12 Website Diskon di Indonesia Ini!]

8. Gaul sehat

tempatpinjamuang-Bergaul itu penting, terlebih gaul yang bermanfaat. Maksudnya yakni gaul yang bukan asal kumpul, makan, minum, sudah. Dalam bergaul, kita juga mesti menimbang-nimbang jaringan, utamanya buat karier. Siapa tahu dari pergaulan itu timbul potensi proyek kerja yang cihui?

9. Pilih teman

tempatpinjamuang-Siapa bilang gak boleh selektif teman? Justru itu harus, agar kita gak terjebak dalam arus pertemanan yang suram. Pilih mana, berteman dengan pebisnis berhasil atau pecandu narkoba yang suka morotin temannya?

10. Catat semua

tempatpinjamuang-Orang yang tekun mencatat akan mendapatkan faedah kebiasaannya itu di kemudian hari. Dari nyatat acara sehari-hari di diary, dapat jadi buku best seller. Nyatat pengeluaran apa lagi. Pasti pengaturan finansial dapat tersadar tetap sebanding antara pemasukan dan pengeluaran.

Cermat dalam hal keuangan yakni kunci masa depan yang nyaman

tempatpinjamuang-“Coba dahulu saya ikuti nasihatnya.” Kata-kata itu yang terlintas di anggapan Rio sekarang. Buat kita yang masih jauh dari usia 40 tahun, belum telat buat mengerjakan nasihat itu.

[Baca: Masih di Usia Kepala 2, Simak Deh 10 Nasihat Keuangan untuk Kamu]

Tags: Perencanaan
rizved al

Recent Posts

3 trik aman baca Chat WA Tanpa Diketahui Oleh Pengirimnya

Sampai saat ini, aplikasi WhatsApp masih menjadi raja layanan berkirim pesan secara online. Hal ini tentu saja karena berbagai fitur…

4 minggu ago

Kepala BKPM Bahlil: Gak Ada Tukang Palak di Investasi RI! – TPMNews

Jakarta, tpmnews - RI terus aktif menggaet investor di sektor industri hilir pertambangan, khususnya untuk mengembangkan industri baterai kendaraan listrik…

4 minggu ago

Jreng! Australia Kini Punya Senjata Nuklir, RI Kasih Respons – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI buka suara mengenai pembentukan AUKUS. Ini adalah aliansi pertahanan baru antara Amerika…

4 minggu ago

Siap-siap! KKP Atur Penangkapan Terukur Mulai 1 Januari 2022 – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Pemerintah akan mengeluarkan aturan baru mengenai kuota penangkapan ikan. Nantinya ikan yang ditangkap akan diatur jumlahnya hingga…

4 minggu ago

Murah di Inggris, Brompton Ini Tembus Rp 40 Juta di RI – TPMNews

Jakarta, tpmnews - Harga sepeda Brompton saat ini dibanderol mulai dari Rp 30 jutaan. Harga ini turun dari tahun lalu…

4 minggu ago

Strategi BKMS Kelola 5 Kluster Bisnis di KEK Gresik JIIPE – TPMNews

Jakarta, tpmnews- Direktur Utama PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), Bambang Setiono menyambut positif penetapan Kawasan Integrated Industrial Port Estate…

4 minggu ago